Aplikasi Force Close? Ini 12 Cara Mengatasinya Paling Ampuh!

3

Aplikasi Force Close

Bagaimana cara mengatasi aplikasi force close? Itulah yang sering dipertanyakan pengguna smartphone ketika aplikasi atau game yang dimainkan suka keluar sendiri. Bagi sebagian orang, force close adalah hal yang biasa, tapi bagi gamer atau orang yang tidak bisa lepas dari penggunaan Apps tentu sangat menjengkelkan.

Terlebih lagi jika force closenya waktu main game online seperti Mobile Legends atau Pubg. Serasa ingin banting hp karena sangking emosinya, ditambah lagi jika force close tersebut nyebapin kalah dalam pertandingan. Jadi alangkah baiknya kamu lakukan antisipasi terlebih dahulu sebelum membuka aplikasi supaya FC atau force close tidak terjadi.

Banyak faktor yang menyebabkan aplikasi tiba-tiba keluar sendiri tanpa kita suruh. Mulai dari proses hp terlalu banyak, ram habis, koneksi terputus, aplikasi terlalu berat, ada cache, hingga HP kamu kentang, hehe. Dari situlah muncul solusi sesuai permasalahannya, jadi ada beberapa tips dan cara sederhana mengatasi force close sebagai berikut.

1. Hapus Instal Lagi

Terkadang sobat tidak sadar kalau aplikasi yang sering dipakai itu erorr atau bermasalah. Nah masalah yang berkaitan dengan program yang dibuat oleh developer hanya bisa diatasi dengan menghapus aplikasi tersebut kemudian mengunduhnya lagi. Itu jika aplikasinya benar-benar suka eror dan keluar sendiri. Tapi sobat pasti enggan melakukan ini, alasannya nggak ada kuota, ya beli lah!.

2. Hapus Cache Aplikasi

Penyebab App sering keluar sendiri selanjutnya adalah cache atau sampah sampah yang timbul dari penggunaan sehari-hari. Cache yang bermasalah biasanya membuat aplikasi menjadi berat atau maksa untuk force close. Untuk mengatasinya kamu bisa menuju ke Pengaturan di HP kamu > Aplikasi > Pilih aplikasinya > Hapus Cache.

3. Kamu Lupa Update Aplikasi

Jika sebelumnya sebuah game atau aplikasi berjalan lancar tidak ada masalah kemudian tiba-tiba sering keluar sendiri bisa jadi kamu lupa memperbaruinya di google play. Sebaiknya cek sekarang di G-Play dan perbarui aplikasi tersebut. Memang aplikasi yang lupa update akan kekurangan beberapa data penting hingga menyebabkan ketidak cocokan data yang baru dengan lama.

Ketahui cara kompres PDF efektif

4. Matikan Semua Aplikasi Terlebih Dahulu

Bagi kamu yang sekarang ini masih megang HP Kentang, sebaiknya ketika buka aplikasi satu saja jangan bertumpuk-tumpuk, eh tapi jangan tersinggung ya kalau saya bilang HP kentang hehe. Penyebab paling utama adalah ram tidak mampu menopang seluruh kinerja aplikasi yang aktif sehingga terpaksa mengeluarkannya. Disamping itu, prosesor juga akan bekerja terlalu maksimal dan akhirnya tidak mampu menjalankan aplikasi secara bersamaan.

5. Restart Aplikasinya

Nah mereset aplikasi itu penting jika kamu merasa semakin lama aplikasi tersebut semakin berat. Langsung saja menuju ke Pengaturan > Manajer Aplikasi > Pilih Aplikasinya > Klik Force Stop > Udah. Setelah itu kamu buka lagi aplikasi tersebut, tentunya terasa lebih ringan dan cepat. Tapi jangan lakukan cara ini di aplikasi yang tidak pernah force close.

6. Restart Smartphone Kamu

Cara ini perlu kamu lakukan ketika Ram di hp kamu sudah penuh dan prosesnya terasa lambat. Merestart hp akan membuatnya segar kembali, ibarat orang yang selesai mandi, pastinya makin siap melakukan aktivitas. Ram hp kamu akan terasa lega, penggunaan cpu rendah, dan koneksinya lebih cepat.

7. Koneksinya Kurang Bagus

Penyebab force close selanjutnya adalah jaringan internet kamu yang buruk. Jadi sebaiknya jangan maksa main game atau aplikasi online berat jika koneksimu tidak meyakinkan. Solusinya ya gunakan wifi atau gunakan saja kartu yang mahal, Telkomsel misalnya (Ini bukan iklan ya).

8. Kamu Perlu Update OS

Update versi android memang sangat penting, mengapa? Karena sekarang ini banyak aplikasi yang nggak mau dibuka di android versi rendah. Istilahnya tidak kompatibel dengan sistem operasi lawas. Jangan lupa juga untuk melakukan pembaruan smartphone (Jika ada).

9. Gangguan Virus

Virus juga bisa menyebabkan peforma atau kinerja smartphone android kamu melemah. Hal tersebut memungkinkan terjadinya force close padahal hpnya berspesifikasi tinggi. Mungkin kamu perlu scan virus dan menghapusnya, eh tapi jangan pakai antivirus abal-abal ya, bisa jadi hp kamu malah tambah lelet.

10. Aplikasi Dari Sumber Ilegal

Jika kamu mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak jelas bukan dari Google Play, itu sangat rentan dan beresiko. Gejala force close mungkin bisa terjadi karena proses downloading yang tidak sempurna atau masih ada korupt data. Sebaiknya kalau mengunduh aplikasi dari sumber yang jelas saja, jangan asal-asalan.

11. Reset HP Kamu

Nah mereset atau mengembalikan hp seperti data pabrik merupakan pilihan tepat jika kamu sering mengalami force close. Eh tapi jangan lupa backup seluruh data pentingnya karena reset data pabrik berarti menghapus seluruh data yang ada mulai dari akun, aplikasi, pesan, kontak, dan lainnya.

12. Aplikasinya Yang Bermasalah

Jika hp sudah spesifikasi tinggi, sinyal oke, atau bahkan tidak ada penyebab lainnya bisa jadi aplikasinya sedang bermasalah. Mungkin sedang diperbaiki oleh developernya “Maintance”, tapi jika memang tidak ada perbaikan bisa jadi aplikasi tersebut rusak, nah kamu complain saja ke developernya dengan melaporkan Screen shoot force close.

Itulah beberapa tips dan cara mengatasi aplikasi force close pada android kamu. Bagaimana jika masih suka FC? Mungkin saja kamu tidak sadar kalau hpnya perlu diganti. Saran saya “Buang aja hpnya dan beli lagi yang baru”, nggak nyadar diri aja kalau aplikasi sekarang itu butuh spek hp tinggi hehe. Sekian dan semoga bermanfaat bagi sobat semua, mohon maaf kalau tersinggung.

Baca Juga : Apakah Samsung A50 Lancar Untuk PUBG?

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here