2 Cara Melihat Penghasilan Blog Atau Website Orang Lain

Cara Melihat Penghasilan Blog
Cara Melihat Penghasilan Blog

Cara Melihat Penghasilan Blog & Website | Bisnis online saat ini memang kian melejit, salah satunya adalah menjadi seorang blogger dan youtuber. Keduanya memiliki potenti yang sangat besar, bahkan bisa memberikan penghasilan yang lebih tinggi, bahkan ada yang jauh melampaui gaji kerja biasa. Tapi itu tidak semudah yang kita bayangkan tentunya.

Jika ingin menjadi youtuber, kita ditantang untuk berani bicara didepan kamera, mengurangi rasa malu, punya kreatifitas, dan punya skill editing video. Itu susah di awal karena anda pasti belum punya nama dan belum memiliki subscriber. Begitu juga menjadi seorang blogger hingga bisa gajian rutin, anda harus punya konsistensi serta kesabaran yang tinggi. Mengapa? Karena itu tidak bisa diperoleh hanya dalam hitungan bulan, pengalaman saya sendiri hingga gajian dari blog adalah 3 tahun, bayangkan betapa lamanya.

Nah ada beberapa hal yang bisa memberikan motivasi supaya seseorang dapat sabar menjalaninya. Salah satunya adalah dengan melihat gaji blogger yang sudah sukses, yah memang sangat besar sih sesuai dengan susah payahnya. Tapi biasanya blogger sukses itu lebih memilih tutup mulut dan tidak mau membeberkan gajinya, tapi masih ada cara supaya kita bisa melihat gaji mereka. Ikuti saja langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Melihat Penghasilan Blog Orang Lain

  1. Pertama, anda perlu membuka situs Statshow
  2. Muncul kolom “Enter your website or keyword”. Nah isi saja alamat website yang ingin anda cek, misalnya maxmanroe.com. Klik ikon “Search” dan tunggu beberapa detik untuk prosesnya.

Jepretan Layar 2019 10 27 pada 18.17.42 1 - 2 Cara Melihat Penghasilan Blog Atau Website Orang Lain

  1. Nah inilah gaji yang di peroleh dari blog Maxmanroe (Salah satu website besar di Indonesia). Disana tertera penghasilan sebulan sekitar 8.000 Dollar atau sekitar 100jt per bulan. Sangat banyak, bahkan melampui gaji para youtuber.

Jepretan Layar 2019 10 27 pada 18.18.20 1 - 2 Cara Melihat Penghasilan Blog Atau Website Orang Lain

  1. Ada juga beberapa data yang bisa anda lihat seperti peringkat Rank, pemilik Blog, hingga usia Blog.

Jepretan Layar 2019 10 27 pada 18.19.36 1 - 2 Cara Melihat Penghasilan Blog Atau Website Orang Lain

Oke itu saja tutorial cara mengetahui penghasilan blog orang lain menggunakan tool online Statshow. Mungkin dengan tahu gaji blog-blog besar, anda yang ingin menjadi seorang blogger akan lebih bersemangat lagi serta tahu susah payahnya.

Tentu Ada “Tapinya”

Tool adalah alat, jadi alat itu tidak selalu menunjukkan data yang pasti, mungkin saja data earning website tersebut hanya sebuah perkiraan yang mungkin hampir sama dengan aslinya. Bisa jadi cara kerjanya adalah memperhitungkan pageview atau visitor kemudian disesuaikan dengan tayangan iklan. Berikut beberapa faktor yang membuat tool ini bukan jadi patokan yang tepat.

1. Jumlah Visitor Tidak Sesuai

Perlu anda ketahui, visitor yang tertera dalam suatu website itu tidak bisa diprediksi secara tepat menggunakan tools ini. Saya sudah cek beberapa blog pribadi milik saya sendiri, semuanya melenceng dari data yang benar. Bahkan datanya terbilang lebih sedikit dari pengunjung aslinya. Jadi kemungkinan penghasilan websitenya itu bisa lebih tinggi.

2. Iklan Yang Terpasang

Setiap web itu beda-beda, ada yang iklannya dari Adsense, ada juga iklan pribadi yang terpasang sebagai banner-banner. Karena itulah penghasilan setiap blog tidak bisa diukur hanya dengan pengunjungnya saja, melainkan harus melihat iklan yang ada.

3. Perhitungan Yang Tidak Tentu

Mungkin sistem yang dibuat itu hanya memperhitungkan harga iklan secara statis atau normal. Padahal setiap jenis iklan yang terdapat dalam konten tertentu itu tidak selalu sama. Kadang ada iklan yang punya CPC atau harga perklik mahal, ada juga yang murah.

Cara 2: Hitung Manual

Nah, ada cara simpel untuk mengetahui penghasilan blog dengan kalkulasi PV (Page view), CPC, dan RKT. Perlu anda ketahui, RKT itu presentase klik iklan dan CPC merupakan harga per klik. Untuk rata2nya, RKT 2-3% sedangkan CPC Indonesia adalah 500-1.000 rupiah. Jadi misal kita tahu pv blog orang lain adalah 3.000.000/bulan, itu artinya 3jt x 3% x 1000 rupiah = 90jt/bulan.

Kesimpulannya, tools online tersebut masih wort untuk digunakan, yah lumayan untuk mengetahui perkiraan penghasilan dan data-data website orang lain. Sekian yang dapat saya sampaikan, jangan lupa tinggalkan komentar, kritik, atau saran ya.

Tuliskan Komentar Anda