12 Cara Memilih Endorser Yang Tepat di Instagram

Cara Memilih Endorser
Cara Memilih Endorser

Cara Memilih Endorser | Membangun sebuah bisnis memang semakin mudah dengan bantuan media sosial. Bahkan kita bisa memperkenalkan bisnis baru ke banyak orang dengan sangat simpel. Yang dibutuhkan hanyalah kerja sama dengan para endorser. Tinggal bayar berapa harga per iklan yang dipatok, selanjutnya menunggu order. Walau kelihatannya simpel, tapi faktanya tentu berlainan.

Banyak orang yang merasa rugi karena tidak ada barangnya yang terjual sama sekali. Padahal iklan sudah dimana-mana, endorse sana endorse sini. Produk hanya dapat like, jarang jarang dapat coment dari netizen. Mungkin itu kesalahan anda sendiri dalam memiliki endorser

Sudah tahu endorser itu apa? Secara umum, endorser adalah seseorang yang dikenal publik mulai dari artis, penyanyi, selebgram, dan masih banyak lagi. Endorser punya tugas utama dalam menyampaikan iklan yang sesuai dengan keinginan pemesan iklan. Media yang gunakan paling banyak adalah Instagram dengan iklan berupa foto atau video.

Kesalahan dalam mencari endorser (Tukang jasa iklan) akan membuat seseorang rugi banyak, terlebih lagi harga per iklan tidak murah. Biasanya selebgram mematok harga 100-500 ribu rupiah dengan rentang follower antara 50 ribu sampai 300 ribu. Berbeda dengan para Artis, harga per endorse mencapai jutaan rupiah dalam bentuk foto maupun video.

Nah berikut ini ceomuda akan memberikan tips terbaik dalam mencari endorser supaya produk anda dapat mencuri perhatian pengguna Instagram.

1. Rentang Like & Comment

Jepretan Layar 2019 11 04 pada 07.47.56 1 - 12 Cara Memilih Endorser Yang Tepat di Instagram

Sebelum memilih endorser, sebaiknya anda amati terlebih dahulu linimasa akun instagram mereka. Amati setiap postingan biasa dengan postingan iklan, hitung jumlah like serta komen dalam iklannya. Pasti berbeda jauh dengan postingan non iklan. Mengapa bisa begitu? Ya karena orang lebih suka lihat foto-foto cantik, kegiatan sehari-hari mereka, atau mungkin cara mereka berdandan.

Seperti contoh gambar diatas dengan Instagram milik (@bellaattamimi) yang memiliki follower 150k. Satu postingan non iklan mendapat 5000 like dan 40 comment. Sedangkan salah satu postingan iklan kecantikan mendapat 1200 like dan 12 comment. Jadi jika dilihat dari potensinya, maka ita tahu bahwa produk yang akan diiklankan akan mendapat perhatian 1:5 like dan 1:5 comment.

Jepretan Layar 2019 11 04 pada 07.53.57 1 - 12 Cara Memilih Endorser Yang Tepat di Instagram

Apakah angka tersebut sudah cukup berpotensi mengenalkan produk dan mendatangkan pembeli?. Jawabannya “Iya”, mengapa? Karena lebih dari 1000 orang sudah melihat produk iklan serta mendapat komentar positif, ada yang penasaran dan langsung cek link pembelian, ada juga yang malah tidak peduli dan hanya memuji kecantikan si endorser.

Jadi kesimpulannya, ketika anda mencari seorang endorser produk, sebaiknya teliti dulu berapa potensi produk iklan dilihat oleh followersnya. Jika ingin optimal, usahakan potensi like dan komen dari produk iklan adalah 20% dari like serta komen postingan biasa.

2. Kualitas Iklan Dari Endorser

Beberapa penilaian dalam iklan bisa disandarkan pada foto produk beserta si endorser atau bagaimana cara mereka membuat video yang menarik dan memikat para followers.

Setiap endorser punya karakter dan sifatnya masing-masing, jadi yang terpenting adalah anda harus tahu apakah endorser tersebut mampu membuat iklan potensial atau tidak.

Lalu, bagaimana cara mengetahui endorser yang mampu meningkatkan produk dengan sangat baik?.

Lihat kualitas foto iklan – Kualitas foto iklan bisa meliputi kejernihan, detail, background, lighting, angel, dan gaya berfoto. Disamping itu, foto tersebut harus mencerminkan si endorser benar-benar suka dengan produk anda (Pakai ekspresi).

Kualitas video – Jika anda menginginkan iklan video, sebaiknya perhatikan beberapa kriteria yang diperlukan. Video harus fokus pada produk anda serta manfaat atau kelebihan yang diberikan. Selain itu, endorser juga harus berakting seakan-akan kecantikannya itu dari barang endorse anda.

3. Mengetahui Target Penjualan

Memilih endorser tentu ada kaitannya dengan target market, apa saja yang perlu diperhatikan?. Setiap produk punya target yang berbeda-beda, anda bisa menyesuaikan gender, usia, budget pembeli, dan wilayah. Dari situlah anda bisa memilih mana endorser yang terbaik dan sesuai dengan target penjualan.

Misalnya jika anda ingin menjual produk kecantikan, maka anda perlu cari pengiklan yang punya followers rata-rata wanita dan berusia remaja keatas. Bagaimana cara mengetahuinya? Anda bisa melihat dari interaksi pemilik akun dengan followersnya, bisa berupa komentar atau statistik story.

4. Produk Yang Tidak Biasa “Solusi”

Sebenarnya tips ini tidak dalam kategori “Cara memilih endorser instagram”, tapi rasanya penting untuk di bahas. Dalam data statistik yang telah dikumpulkan, penjualan yang itu-itu aja dalam tanda kutip “Barang sejuta umat” tidak akan memberikan feedback yang besar. Percuma mengiklan produk yang persis seperti produk-produk lain. Iklan tersebut hanya akan membuat netizen skip & next tanpa ada tanggapan.

Sebab itulah anda harus memperhatikan produk sendiri terlebih dahulu. Masalahnya jika produk tersebut sudah paten dan tidak ada rencana menjual produk lain. Nah solusi mudahnya adalah dengan mengganti kemasan, label, striker, atau cara packing. Fokusnya adalah membuat produk kelihatan beda padahal isinya sama.

Misalnya jualan masker komedo, kebanyakan orang menjualnya dalam bentuk sachet, nah anda bisa membuatnya dalam bentuk botol kecil atau sebuah box. Disamping itu, anda juga harus pandai-pandai dalam memberi label. Tujuannya agar produk memiliki tampilan premium dan tidak “Itu-itu aja”.

5. Lebih Baik Endorser Yang Menggunakan IG Bisnis

Bagi anda yang mau endorse barang ke selebgram, sebaiknya anda perhatikan akun mereka. Apakah akun sudah diatur bisnis atau tidak. Mengapa demikian? Sebab akun bisnis memiliki fitur statistik yang cukup membantu dalam mengetahui seluruh data tampilan, pengunjung, serta interaksi. Dari situlah anda bisa meminta testimoni pengiklanan yang pernah dilakukan orang lain.

Anda hanya perlu meminta Screenshoot data statistik postingan iklan. Nah, selanjutnya anda pikirkan terlebih dahulu apakah data tersebut sudah cukup bagus untuk endorse atau belum. Beberapa aspek yang harus anda catat adalah (Jangkauan, Kunjungan, dan Interaksi).

6. Pilih Endorser Yang Benar-benar Disukai Followersnya

Mengapa harus begitu? Seperti yang saya bilang diatas bahwa interaksi antara followers dengan endorser sangatlah penting. Jika memang si followers sangat suka dengan si pemilik akun, maka ketika ada iklan akan ada feedback positif. Disitulah produk yang di iklankan tidak akan kena sindiran atau nyi-nyiran orang. Nah cara mudah mengetahuinya adalah dengan membaca komentar di postingan ignya.

7. Waktu Perjanjian Iklan

Biasanya selebgram memberi batas waktu untuk iklan, mengapa demikian? Karena iklan yang termampang lama akan basi dan mengurangi tampilan lini masa. Ada juga beberapa selebgram yang tidak memberi batas waktu, tapi harganya sedikit lebih mahal.

Untuk para artis/selebritis biasanya diberi waktu tertentu antara 2-7 hari masa iklan, setelah itu iklan tersebut akan dihapus olehnya. Ini sebenarnya bukan masalah, karena tujuan paling utama endorse adalah mengenalkan produk ke khalayak umum. Jika dalam jangka waktu tertentu sudah banyak yang melihat produk anda, tentu ada sebagian kecil yang penasaran dan cek ke akun penjualan anda.

8. Endorser Sejalan Dengan Bisnis Anda

Memilih selebgram untuk mengiklankan produk, sebaiknya sesuaikan dengan bisnis yang sedang anda jalani. Mengapa demikian? Karena followers itu terkadang mengikuti apa yang idolanya lakukan (Selebgram). Misalnya si selebgram suka pakaian ini, maka followers akan ikut membeli barang itu. Nah inilah potensi terbesar dalam intagram.

Jadi yang sulit menentukan mana instagramer yang punya hobi atau kesukaan sejalan dengan apa yang ingin anda iklankan. Semisal, anda menjual produk fashion, tetapi memilih instagram influencer yang suka make up, tentu saja kurang optimal. Jika anda jual produk kecantikan, sebaiknya cari instagram influencer yang suka make up.

9. Compare Beberapa Instagram Influencer

Jika anda bingung mengiklankan produk ke selebgram mana dan harus memilih salah satunya karena budget terbatas, sebaiknya anda bandingkan langsung. Anda bisa membandingkan dua atau lebih selebgram untuk mengetahui mana yang terbaik. Kriteria yang harus anda catat adalah (Harga, jumlah like & komen, kualitas pengiklanan, serta kesuaian dengan target pembeli).

10. Cari Endorser Yang Mau Buat Video

Sangat disarankan bagi anda untuk mengiklankan produk dalam bentuk iklan yang dibuat langsung oleh si endorser. Biasanya dalam video menjelaskan cara pemakaian produk, harga, kualitas, serta hasil yang diberikan. Disamping itu, video yang berisi tentang unboxing atau riview produk juga disarankan. Yang terpenting adalah sesuaikan dengan budget anda karena iklan bentuk video lebih mahal.

11. Cari Referensi Terbaik

Apakah anda bingung atau malah belum tahu siapa saja instagram influencer yang terbaik?. Nah cara yang paling mudah adalah tinggal mencarinya di forum-forum perkumpulan influencer atau cari saja di google. Disana anda juga bisa menemukan harga untuk pengiklanan, misalnya seperti Ricky harun (2juta/iklan), Aurel hermansyah (3juta/iklan), Ashhanty (5juta/iklan), atau selebgram lain yang lebih murah.

12. Ketahui Sarat Dan Ketentuan Selebgram

Terakhir, anda perlu mengetahui sarat dan ketentuan yang berlaku dan dibuat oleh mereka sendiri. Terkadang saratnya adalah produk yang harus diiklankan tidak berbahaya, produk benar-benar sudah aman, ada testimoninya, serta bukan produk yang baru dibuat langsung dijual. Kadang juga ada yang menolak untuk membuat iklan yang aneh-aneh atau iklan yang terlalu menonjolkan produk.

Mungkin itu saja dua belas tips memilih endorser yang terbaik dan dapat memberikan potensi maksimal dalam penjualan. Sebenarnya mencari mana intagram influencer itu tidak sulit, yang menjadi masalah kadang kita tidak tahu harga atau kualitas iklan yang diberikan serta feedback dari followersnya. Oke sekian saja, semoga artikel kali ini bermanfaat.

Baca : Pengertian Selebgram

Tuliskan Komentar Anda