10 Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram Dengan Mudah

Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram
Instagram Menjadi Peluang Usaha

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram? – Bagi anda yang sudah terbiasa memakai instagram (IG), pasti sudah tahu kan ada iklan, endorse, jualan online, dan lain sebagainya. Tapi mungkin anda tidak sadar bahwa itu semua menjadi peluang usaha online paling mudah dan menguntungkan. Bahkan pemain instagram dapat meraup keuntungan puluhan juta rupiah tiap bulannya.

Dalam bisnis, Instagram di fungsikan sebagai sumber visitors atau pengunjung, nah semakin banyak pengunjungnya maka peluang untuk termakan iklan makin besar. Inilah mengapa dengan ratusan ribu followers, seseorang bisa meraih jutaan rupiah per minggunya dari endorse produk orang lain.

Disamping itu, instagram punya fitur Ads yang sangat membantu penjual dalam memasarkan dagangannya lewat online. Mengingat saat ini jualan offline semakin ditinggalkan, maka media sosial menjadi saluran termudah mengenalkan produk ke banyak orang.

Tahun ini, Instagram menjadi media sosial yang ramai pengguna dan terus meningkat. Jadi bagi anda yang ingin mencari peluang bisnis online, coba gunakan instagram semaksimal mungkin. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas beberapa cara mendapatkan uang dari instagram paling menjanjikan, baik itu pakai modal atau tanpa modal.

Cara Menghasilkan Uang Dari Instagram

1. Menjual Produk Sendiri

Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram
Jualan Pakai Instagram, Laris Manis

Dari tahun ke tahun, pembeli offline semakin menipis, itu dikarenakan adanya persaingan jualan online lewat media marketplace maupun media sosial. Karena itulah anda tidak boleh gaptek dalam bisnis jualan produk. Tingkatkan penjualan dengan memanfaatkan media sosial Instagram dengan menjadikannya sebagai lapak online.

Fitur foto, video, serta story dapat anda gunakan untuk menaruh gambar-gambar produk, detail, harga, promo, dan lain sebagainya. Tapi tetap saja ada catatan! “Followers dan visitors bagaikan calon pembeli”. Jadi yang anda lakukan tidak hanya posting sana-posting sini, tapi harus pandai-pandai menambah followers murni serta menarik minat pengunjung baru.

  • Manfaatkan Intagram Ads Dalam Berjualan

Susah rasanya mencari followers baru tanpa pakai iklan, bahkan akun instagram anda akan terasa sangat sepi pengunjung maupun calon pembeli. Fitur Instagram Ads sangat membantu penjual dalam mengoptimalkan postingannya untuk mendapat banyak pengunjung. Tapi ini tidak gratis, ada biaya yang harus anda keluarkan untuk mengiklan di IG.

Strategi iklan yang salah akan membuat anda rugi karena biaya yang dikeluarkan untuk iklan terlalu besar, sedangkan tidak ada satupun pengunjung yang mau beli produk anda. Jadi anda perlu pelajari lebih lanjut strategi ads di instagram dan tentang cara menarik pembeli.

2. Dropship To Instagram Ads

Mau jualan tapi tidak punya produk sendiri? Mudah! Tinggal lakukan dropship aja dari produsen atau penjual lain. Dropship biasanya dilakukan antar market place, misalnya dari pemasok di Bukalapak, kemudian anda menjualnya kembali di Tokopedia. Itu sudah cukup menguntungkan, tapi masalahnya adalah “Sulit dalam mencari calon pembeli”.

Pasti anda sudah paham, dengan memakai media Instagram sebagai promosi, maka potensi pembeli makin besar. Sistem mudahnya adalah anda hanya gunakan instagram untuk menaruh link ke market place. Tujuannya supaya calon pembeli merasa lebih aman & anda tidak perlu report-report bulid website atau mengurusi sistem pembayarannya.

3. Jual Akun (Bagi Peternak Instagram)

Istilah ternak bukan hanya untuk hewan ya, saat ini ngetrend bisnis ternak akun instagram untuk dijual. Tentu saja penjualan tersebut punya rentang harga yang berbeda-beda tergantung jumlah follower, rata-rata pengunjung, atau kualitas akunnya. Dinamakan peternak instagram jika seseorang mampu membuat banyak akun ig dengan jumlah follower mencapai ribuan hingga ratusan ribu.

Sedikit cerita: Saya pernah mendapat berbagai tawaran akun instagram dari seorang peternak ig. Saya kira harga akun dengan followers 20k tidak sampai 1 juta rupiah, ternyata harga yang ditawarkan mencapai 1,5 juta. Bahkan akun lain dihargai 5 juta rupiah dengan potensi like postingan mulai dari 500-2000 like. Sungguh mahal sekali bukan.

Tapi, mencari followers bukanlah hal yang mudah jika tanpa strategi tertentu. Jika bukan follower murni walau sampai puluhan ribu, maka akun tersebut tidak punya harga jual tinggi. Paling di kisaran ratusan ribu rupiah saja, berbeda dengan followers murni.

Kadang para peternak akun ig mengunakan teknik spaming ke akun lain untuk menarik minat pengunjung mereka. Ada juga yang menggunakan berbagai tools penambah followers secara otomatis. Tapi ini tidak mudah ya.

4. Terima Endorse

endorse zaskia adya mecca - 10 Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram Dengan Mudah
Jadi Brand Ambasador

Cara mendapatkan uang dari instagram paling simpel bahkan tanpa modal sepeserpun adalah menjadi endorser. Tentu saja syaratnya adalah punya akun instagram dengan jumlah followers besar. Biasanya calon advertiser akan mematok harga sesuai dengan jumlah followers, semakin banyak maka semakin mahal harganya.

Selain itu, faktor terpenting adalah jumlah kunjungan, potensi dapat like, hingga potensi interaksi ke pengiklan. Lalu berapa harga per endorse? Menurut pengalaman, harga per endorse dengan follower 100 ribu adalah 500 ribu rupiah.

Akan ada perbedaan harga lagi sesuai dengan jenisnya, jika bentuk iklan story / harian, maka lebih murah. Harga normal terdapat pada endorse jenis postingan feed atau posting selamanya. Sedangkan paling mahal adalah posting video yang dibuat langsung si pemilik akun atau pengiklan.

Biasanya calon advertise akan melakukan riset terlebih dahulu ke akun yang mau menerima endorse. Kadang juga mereka minta data kunjungan serta statistik setiap minggunya. Bahkan jika sebuah akun memiliki ratusan sibu followers tapi kunjungannya kecil, harga endorsement akan sangat turun.

Baca juga : Pengertian Endorser

5. Jadi Buzzer

Sekarang ini sedang panas-panasnya bicara soal buzzer, lalu apa sih buzzer itu? Secara umum buzzer merupakan kegiatan yang dilakukan seseorang atau kelompok dalam media sosial dengan tujuan menghangatkan atau membuat suatu isu / persoalan menjadi viral. Hal ini biasanya di manfaatkan untuk kepentingan bisnis maupun politik.

Jadi Buzzer biasanya dilakukan oleh orang yang punya pengaruh besar pada penginkutnya di media sosial. Walaupun bayarannya mahal, tapi resiko yang ditanggung berkaitan dengan harga diri. Seseorang bisa dicela, mendapat cibiran, hingga kehilangan pengikutnya jika terlalu melebih-lebihkan atau menyalahi fakta.

6. Jasa Titip Barang

main image 16736 - 10 Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram Dengan Mudah
Titip Barang Ketika Traveling

Peluang bisnis dari Instagram ini cocok bagi anda yang suka traveling, jalan-jalan, atau bahkan pergi ke luar negeri. Biasanya jasa titip barang akan dibutuhkan jika anda sedang berada di suatu pusat perbelanjaan barang-barang unik, tempat pameran, tempat penjualan terbatas, atau yang lainnya.

Anda tinggal posting Foto & Caption titip barang di lokasi yang sedang didatangi. Seseorang mungkin tertarik membeli barang dari suatu tempat tapi karena jauh dan tidak mau buang-buang uang, jasa tersebut akan jadi pilihan hemat.

7. Video Creator di IG

Bagi anda yang punya keahlian edit video, buat animasi, atau yang lainnya. Mungkin dengan memostingnya di Intagram akan mendatangkan banyak followers. Jati poin pentingnya menjadi video creator di ig adalah untuk mendatangkan followers saja. Jadi pendapatannya bisa diperoleh dari endorse atau permintaan iklan video dari advertiser.

8. Jasa Edit Foto Photoshop

Different Ways to Edit Your Photos with Adobe Photoshop - 10 Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram Dengan Mudah
Editor Photoshop

Punya keahlian photoshop? manfaatkanlah dengan mencoba menawarkan jasa lewat instagram. Untuk membuktikan skill yang anda miliki, tinggal posting saja beberapa hasil editan di feed ig. Bagi anda yang memulainya dari 0 followers, cara termudah adalah dengan mengeditkan orang lain secara gratis. Orang tersebut haruslah terkenal dan punya follower banyak.

Nah disitu anda tidak perlu meminta bayaran, cukuplah mereka mengiklankan hasil editan anda di akunnya. Jadi mendatangkan followers bagi editor foto sangatlah mudah. Jika followers semakin banyak, bukan hanya terima jasa edit foto, anda juga bisa terima endorse.

9. Jasa Pembuatan WPAP & Fanart

thom yorke in wedha s pop art potrait WPAP radiohead 31187150 640 334 - 10 Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram Dengan Mudah
WPAP Art

WPAP adalah karya seni bentuk gambar yang dibuat dengan bentuk bidang geometri dengan gradasi warna tertentu sehingga menghasilkan pose wajah yang ditiru. Sedangkan Fanart adalah karya seni edit foto digital menyerupai seseorang. Nah kedua jasa tersebut menjadi pilihan bisnis menguntungkan bagi seorang editor. Satu foto hasil karya WPAP atau Fan Art mencapai ratusan ribu dengan waktu pengerjaan 1-4 jam saja.

10. Youtube To Intagram

Menjadi seorang youtuber memang bisa memberikan penghasilan besar, tapi kenyataannya itu tidak semudah yang dibayangkan. Bahkan persaingan youtube saat ini kian meningkat, jadi bagi anda yang ingin jadi youtubers mulai dari 0 subs rasanya berat. Tapi, jika anda seorang selebgram dan punya popularitas tinggi, maka penginkut di ig pasti dengan senang hati klik subs ke channel baru anda.

Jadi syaratnya adalah harus terkenal dulu di intagram, minimal punya banyak follower setia. Anda bisa memancing follower di ig untuk menonton channel youtube anda. Lalu tantangan selanjutnya adalah anda harus belajar soal edit video, belajar seputar Adsense, serta tahu algoritma youtube. Semua itu tidak mungkin dipelajari dengan waktu singkat.

Baca Juga : 12 Cara Memilih Endorser

Cara Yang Sangat Tidak Menguntungkan

Daftar 10 cara mendapatkan uang dari intagram diatas memang paling menjanjikan dan menjadi peluang bisnis terbaik. Disamping itu, ada beberapa cara yang katanya menguntungkan, padahal sama sekali tidak. Bahkan beberapa cara berikut ini hanya buang-buang waktu saja.

1. Mengikuti Give A Way

Anda pastinya sering melihat Selebgram bagi-bagi give a way tiap bulan atau ketika mencapai jumlah followers tertentu. Bahkan artis youtube besar sering bagi-bagi hadiah besar seperti smartphone atau uang. Kata orang “Mengikuti give a way di IG sangat menguntungkan”. Padahal faktanya tidak, anda hanya buang-buang waktu saja.

Jika dipikir secara logis, hadiah yang diberikan jumlahnya sedikit, padahal yang ikut hingga raturan ribu orang. Jadi kemungkinan menang give away adalah 0,00..1%. Jadi jangan banyak berharap ketika mengikuti give away.

2. Menjadi Admin IG

Salah satu bisnis yang katanya menguntungkan dan bayarannya besar. Ternyata tidak semudah yang dipikirkan. Anda akan sulit mencari orang yang sedang butuh admin di akunnya. Itu karena kebanyakan pemilik akun ig besar lebih memilih mengoprasikan akunnya sesuai dengan keinginan sendiri. Bahkan dari pengalaman, bayaran menjadi admin akun ig kurang menjanjikan, selain itu sering ada kontraknya.

3. Berburu Kuis

Berburu kuis dianggap menjadi cara penghasil uang dari ig yang menguntungkan. Nyatanya tidak seperti ferguso…sama seperti give a way, anda dituntut bersaing dengan banyak orang demi merebutkan hadiah yang sedikit. Kadang persyaratan kuis adalah tag teman, repost, like, atau follow. Nah anda hanya dimanfaatkan oleh pihak tersebut.

4. Jasa Pemasangan Instagram Ads

Menawarkan jasa pemasangan iklan di ig kepada orang lain sekarang sudah tidak berpotensi lagi. Mengapa bisa? Karena sudah ada tutorial beterbaran di google maupun youtube terkait cara instagram ads. Jadi orang berpikir ‘Mengapa harus cari jasa ngiklan kalau udah ada tutorialnya dan itu gampang”. Jadi potensi bisnis ini sangat kecil dan kurang menguntungkan.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari instagram yang paling menguntungkan serta tidak menguntungkan. Berbagai cara dapat dilakukan untuk menghasilkan uang tanpa modal, tapi tetap saja harus ada kerja keras serta perjuangannya. Jadi mulai sekarang manfaatkanlah Instagram untuk bisnis, jangan hanya narsis di medsos.

Tuliskan Komentar Anda