Inilah 7 Cara Mengatasi Anak Nakal Tanpa Perlu Memarahi

Cara Mengatasi Anak Nakal

Cara Mengatasi Anak Nakal | Memiliki seorang anak merupakan hal yang sangat menyenangkan, terlebih lagi seorang anak yang berbakti dan patuh kepada orang tua. Saat ini, hal tersebut seakan menjadi angan-angan belaka karena anak-anak sekarang menganggap dirinya milenial dan menjauhkan diri dari apa yang diajarkan atau diperintahkan orang tua.

Memang sulit rasanya mengurus anak yang bandel atau nakal, terlebih anak-anak yang hidup di lingkungan buruk, dimana teman-temannya itu bandel serta bisa dikatakan “liar”. Tapi bunda jangan khawatir karena masih ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk merubahnya. Lalu apakah harus memarahi sang anak? atau hanya menasehati saja?.

Menurut psikolog, pertanyaan tersebut memiliki dua jawaban, pertama jika sang anak sudah masih mau mendengar perkataan orang tua, bunda boleh memarahinya. Tapi marah yang dimaksud bukan secara keras, melainkan memarahinya dengan halus, caranya dengan menyinggung perbuatan atau kelakuan anak.

Kedua, jika bunda punya anak yang tidak mudah tersinggung atau sensitif, sebaiknya jangan dimarahi. Mengapa? Karena tekanan amarah akan menghancurkan kondisi emosi anak jika anak tersebut sampai tersinggung. Malahan dampaknya lebih buruk, bisa jadi sang anak lebih bandel lagi dan tidak patuh terhadap orang tuanya.

Jika sudah begitu, ayah atau bunda perlu simak beberapa tips berikut ini yang diberikan oleh psikolog tentang cara mengatur anak yang nakal supaya sadar. Tapi jangan berharap kelakuan anak berubah hanya dalam hitungan jam atau hari ya bun, karena prosesnya bisa cukup lama untuk mempengaruhi emosi serta psikologis anak.

1. Beri Pujian Ketika Anak Melakukan Hal Baik

Cara Mengatasi Anak Nakal

Pertama, hal yang harus dilakukan orang tua adalah selalu memberi pujian ketika anak melakukan hal baik. Itu belaku juga dengan hal-hal sederhana seperti anak mau buang sampah ditempatnya, anak tidak coret-coret dinding, tidur tepat waktu, bangun pagi, sekolah tidak terlambat, hingga melakukan kebaikan pada teman-temannya.

Menurut psikolog, pujian yang diberikan kepada anak akan membuat perasaan dan emosinya membaik. Anak akan selalu ingat kalau ia berbuat baik maka ia akan dipuji orang tuanya. Nah hal tersebutlah yang akan mendorong anak melakukan apa saya yang menyenangkan orang tuanya. Jadi bunda atau ayah harus memberikan senyuman dan mimik wajah yang menyenangkan ketika memuji anak.

2. Reward Juga Penting

9ea3b49f f1ed 4410 adb2 399cc3ee051b 1 - Inilah 7 Cara Mengatasi Anak Nakal Tanpa Perlu Memarahi

Reward atau hadiah merupakan hal yang sering diharapkan anak. Karena itulah orang tua harus menetapkan sistem reward dalam mengurus anak. Dasarnya bunda atau ayah harus menjanjikan sesuatu ketika anak berbuat baik, anak mendapat rangking, atau patuh dengan perintah. Berikanlah reward yang mungkin disenanginya seperti liburan, mainan baru, atau makanan.

Menurut penjelasan para ahli, hadiah dapat mendorong potensi anak untuk berubah sangat cepat. Bagaimana bisa? Karena keinginan yang benar-benar dimaksudkan untuk memperoleh sesuatu maka sang anak akan berusaha lebih baik. Itu berlaku juga pada perubahan kondisi psikologis serta mentalnya, jadi cara ini terbukti ampuh dalam mengatasi anak yang bandel.

3. Kesalahan Kecil Jangan Dimarahi

REWARDC e1565015222235 1 750x461 - Inilah 7 Cara Mengatasi Anak Nakal Tanpa Perlu Memarahi

Jika anak melakukan sebuah kesalahan kecil, sebaiknya jangan sampai dimarahi. Justru semakin sering anak dimarahi maka semakin bandel sang anak. Mengapa bisa? penyebabnya adalah kondisi emosi anak belum kuat menerima hal-hal yang berbau amarah atau menyinggung.

Jika ia melakukan kesalahan kecil seperti bermain sampai kotor, mencoret-coret, telat bangun tidur, atau bermain terlalu lama kemudian dimarahi maka dampaknya buruk. Anak akan merasa terkurung atau tidak bebas eksplorasi hal-hal baru. Jadi bunda hanya perlu memberikan nasihat dan masukan supaya anak tidak mengulanginya lagi.

Ketahui juga cara meningkatkan motivasi belajar

4. Beri Contoh Yang Baik

peran orang tua dan mutu pendidikan 1 750x500 - Inilah 7 Cara Mengatasi Anak Nakal Tanpa Perlu Memarahi

Ada pepatah yang mengatakan kalau buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Itu artinya tingkah laku anak itu seperti orang tuanya ketika masih muda. Nah jika belum punya anak, kita masih memiliki kesempatan untuk merubah diri supaya nanti anak kita menjadi baik. Kalau sudah punya anak ya jangan salahkan anak tersebut, bisa jadi nakal karena bunda atau ayahnya dulu seperti itu.

Jika memang sudah punya anak, maka yang perlu dilakukan orang tua adalah memberi contoh yang baik. Anak itu memiliki sifat peniru orang lain. Hal tersebut memang sudah menjadi sistemnya untuk membuka wawasan dan melihat dunia. Jadi setiap apa yang bunda atau ayah ucapkan atau lakukan sebaiknya mengandung unsur yang baik.

5. Beri Kasih Sayang Dan Kelembutan

parent showing love - Inilah 7 Cara Mengatasi Anak Nakal Tanpa Perlu Memarahi

Orang tua sudah seharusnya memberi kasih sayang yang besar kepada anaknya. Tapi ada beberapa hal yang menghambat seperti terlalu sibuk bekerja, kerja diluar rumah, atau bertemu anak hanya ketika makan. Sesibuk apapun bunda dan ayah, sebaiknya luangkan waktu bersama anak supaya sang anak merasa diperhatikan dan diberi kasih sayang.

Kasih sayang merupakan senjata yang sangat ampuh untuk melelehkan hati si kecil. Semakin bunda bersikap baik kepada anak, maka anak juga akan berusaha berbuat baik supaya orang tuanya senang. Jadi time family itu penting dalam menciptakan karakter si kecil serta membuatnya tidak nakal.

6. Pendidikan Agama Itu Penting

mengajak anak sholat - Inilah 7 Cara Mengatasi Anak Nakal Tanpa Perlu Memarahi

Tahukah bunda kalau dalam Agama itu mengajarkan berbagai hal yang penting bagi kebutuhan rohani sang anak? Tentu saja bunda harus memberi ajaran agama yang kokoh. Bunda harus mengajarkan mana yang baik dan mana yang harus dihindari seperti dalam tuntutan agama. Bagusnya lagi jika sang anak mau di pondokkan atau mau menjalani pendidikan sekolah Agama.

7. Bangun Kepercayaan Bersama Anak

213923 1000xauto kedekatan ayah dan anak perempuannya 750x408 - Inilah 7 Cara Mengatasi Anak Nakal Tanpa Perlu Memarahi

Membangun kepercayaan dengan anak dapat menciptakan hubungan yang baik. Bunda jangan suka menaruh curiga dengan anak, karena dapat membuat si kecil merasa disalahkan terus. Bunda perlu menanamkan rasa percaya kalau si kecil akan menjadi orang yang pandai, berprestasi, dan patuh. Semakin bunda percaya kepada anak, maka sang anak akan memperjuangkan keinginan orang tuanya.

Baca Juga : Tips Meningkatkan Fokus Anak

Dengan tujuh cara tersebutlah bunda dapat merubah sikap anak yang bandel tanpa meluapkan amarah dan emosi. Sebenarnya potensi 60% perubahan sikap anak menginjak dewasa dipengaruhi oleh perlakuan orang tuanya. Jika sering dimarahi, maka kemungkinan besar anak tersebut suka melawan perintah orang tua dan sering membantah.

Tuliskan Komentar Anda