15 Cara Menghemat Kuota Internet, Wajib Coba!

Cara Menghemat Kuota

Cara Menghemat Kuota Internet | Sekarang ini yang namanya main smartphone itu harus ada kota internetnya, atau setidaknya pakai wifi. Orang bilang “HP canggih nggak bakal berguna kalau nggak ada kuotanya”. Memang kenyataannya seperti itu, sekarang ini aplikasi yang seru pasti membutuhkan koneksi internet.

Menurut data penggunaan smartphone, aplikasi offline itu hanya digunakan sekitar 10-20% saja. 80% waktu pemakaian smartphone untuk game online, aplikasi media sosial, dan app online lainnya. Tapi yang menjadi masalah adalah “Bagaimana sih cara menghemat kuota internet”, kita tahu bahwa kebanyakan aplikasi suka menguras paketan, misalnya seperti Instagram.

Mungkin kamu berpikirnya cara menghemat kuota adalah dengan tidak memakainya. Ternyata ada loh beberapa tips ampuh walau kamu masih menggunakan kuota tersebut. Caranya ada yang membatasi saluran data, mematikan fitur auto play video, menggunakan aplikasi penghemat kuota, dan masih banyak lagi. Langsung saja simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

1. Gunakan Browser Paling Ringan

Jika biasanya kamu berselancar di google menggunakan browser bawaan Hp, pastinya kuota kamu akan terkuras lebih cepat. Mengapa bisa seperti itu? Karena browser bawaan biasanya memiliki setting yang memaksa kebutuhan internet besar. Padahal kamu tidak menggunakannya untuk menonton video maupun membuka gambar kualitas tinggi di internet.

Sebaiknya ganti browser kamu dengan beberapa aplikasi yang lebih ringan. Misalnya seperti UC browser atau Opera mini, kedua aplikasi tersebut memang sangat direkomendasikan. Terlebih lagi ada fitur unggulan seperti blokir iklan, penghemat data, dan mempercepat koneksi, *ini bukan iklan ya.

2. Matikan Pemberitahuan Youtube

Ketika kamu menonton youtube, tentu saja kamu sering subscribe channel yt orang. Nah ternyata, notifikasi yt yang muncul ketika kamu menghidupkan koneksi internet, itu menguras kuota kamu. Mengapa bisa? Karena youtube akan memaksa penggunaan data seluler untuk meload beberapa konten baru sebagai notifikasi yang muncul di hp kamu.

Sebaiknya matikan notifikasi atau pemberitahuan yang muncul. Lebih bagusnya lagi jika kamu menghentikan aplikasi youtube sementara, ketika ada wifi kamu bisa mengaktifkannya kembali. Memang tujuan awalnya untuk menghemat kuota semaksimal mungkin.

3. Jangan Pernah Update App Otomatis

Pernahkah kamu tiba-tiba kehilangan banyak kuota, padahal tidak melakukan apa-apa. Mungkin hal tersebut disebabkan karena adanya update aplikasi otomatis di plasystore. Nah, sebaiknya kamu perlu membuka pengaturan di playstore dan mengubah opsi “Download pembaruan kapan saja” ke “Download aplikasi ketika dalam wifi”.

4. Matikan Auto Play Video di Media Sosial

Facebook saat ini memang semakin luas fiturnya, ada yang namanya auto play video seperti instagram. Bagi kamu yang suka main facebook, sebaiknya ubah pengaturan auto play video ke non aktif. Jika ingin lebih hemat, kamu bisa menggunakan facebook lite atau bagusnya lagi pakai facebook gratis.

Selain Fb, instagram merupakan aplikasi yang paling banyak dipakai pengguna smartphone. Aplikasi yang satu ini dinobatkan sebagai penguras kuota tercepat. Memang wajar saja karena banyak postingan yang bertipe gambar kualitan tinggi dan juga video yang memutar sendiri ketika kita lewat. Nah solusi terbaiknya adalah mematikan ditur auto play video. Cara yang lebih hemat lagi adalah menggunakan instagram lewat web.

5. Pengaturan WhatsApp

Aplikasi yang satu ini memang rasanya tidak bisa lepas dari kita semua. Nah yang menjadi alasan kuota kita cepat habis adalah pengaturan whatsapp yang tidak benar. Ketika kita mendapat kiriman berupa video atau gambar dan terdownload dengan sendirinya, itu akan membuat kuota kamu terkuras. Jadi sebaiknya atur kembali whatsapp kamu.

Caranya mudah, tinggal masuk bagian setting, penggunaan data (data usage), kemudian hilangkan centang, lalu ok. Sudah selesai, dijamin whatsapp kamu tidak boros kuota lagi, terlebih jika hanya dipakai untuk chat saja, tanpa mengunduh foto maupun video.

6. Selidiki Aplikasi Yang Boros

Kamu harus bisa menganalisis mana aplikasi yang boros kuota untuk dibatasi penggunaannya. Cara paling mudahnya adalah mengecek penggunaan data aplikasi lewat pengaturan hp kamu. Nah jika sudah tahu mana aplikasi yang terlalu boros kuota, kamu bisa menonaktifkannya sementara atau tidak memakai aplikasi tersebut jika tidak terlalu dibutuhkan.

7. Batasi Penggunaan Data

Selanjutnya tips menghemat kuota internet adalah dengan membatasi penggunaan data internet. Caranya mudah, kamu tinggal masuk pada pengaturan > data > penggunaan data > pilih batasi penggunaan data > tulis nominalnya, misal 500MB per minggu. Nah ketika kamu melebihi batas penggunaan, nanti akan muncul notifikasi supaya kamu ingat untuk hemat kuota.

8. Matikan Penggunaan Data Latar Belakang

Beberapa aplikasi bawaan dari andorid ternyata ada yang cukup menguras data paketan. Biasanya beruba prediksi cuaca, deteksi suhu udara, singkronisasi, dan masih banyak lagi. Kamu hanya perlu mematikan semua aplikasi yang berjalan di latar belakang. Tinggal masuk saja di pengaturan > penggunaan data > batasi latar belakang (Restrict background data), selesai.

9. Hindari Streaming Youtube

Jika kamu menggunakan data internet atau kuota yang terbatas, sebaiknya jangan dipakai untuk nonton video. Tapi jika memang terpaksa harus nonton, kamu perlu mengatur kualitas video rendah mulai dari 144 pixel hingga 360 pixel. Jangan nonton video yang kualitasnya Hd, dijamin kuota kamu akan awet dan bertahan lama.

10. Matikan Data Seluler Jika Tidak Terpakai

Mematikan koneksi internet itu penting, terlebih lagi jika tidak digunakan atau ketika mau tidur. Mengapa harus? Karen sistem di smartphone sering memaksa penggunaan data internet untuk singkronisasi, akses aplikasi, dan lain sebagainya. Jadi jangan lupa matikan koneksi internet kamu ya.

11. Jangan Main Game Terlalu Lama

Bermain game memang menyenangkan, tapi kamu harus tahu bahwa game-game berat tipe online yang sering kamu jalankan itu menguras kuota. Terlebih lagi game online yang kamu setting grafisnya di high atau ultra. Jadi sebaiknya jangan main game terlalu lama dalam rangka menghemat kouta kamu.

12. Aplikasi Pendukung

Saat ini sudah bermunculan banyak aplikasi penghemat kuota. Saya sarankan untuk menggunakan aplikasi tersebut supaya penggunaan data seluler kamu bisa disaring. Fungsi dari aplikasi tersebut adalah mengecilkan penggunaan data yang biasanya over.

13. Manfaatkan Cache Yang Ada

Cache merupakan bekas pemakaian suatu sistem yang bisa meload kembali data yang sebelumnya pernah dibuka. Nah beberapa aplikasi sekarang ini sudah memiliki fitur cache yang menyenangkan. Misalnya saja facebook, ig, dan wa. Kamu bisa membaca pesan, memutar video, melihat postingan, atau memantau aktivitas penggunaan tanpa menghidupkan koneksi internet.

14. Gunakan Kouta Unlimited

Solusi ini sebenarnya tidak menghemat kuota tapi menghemat uang. Nah kamu bisa menggunakan kartu sim yang sudah ada unlimited paket data internet. Jadi kamu bisa menggunakannya bebas dalam jangka waktu tertentu. Hanya saja terkadang koneksi terasa lamban akibat penggunaan yang berlebih.

15. Wifi Saja

Terakhir memanfaatkan wifi atau area hotspot yang ada. Mungkin kamu bisa menggunakan wifi tetangga atau wifi yang ada di warung kopi ketika ingin mengunduh sesuatu, update aplikasi, atau streaming video. Lebih bagusnya lagi jika kamu mau memasang wifi sendiri di rumah, biayanya tidak mahal kok. Misalnya saya Indihome dual dengan kecepatan 10mb/s, satu bulan hanya 200-300k.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa informasi terkait cara menghemat kuota paling ampuh. Hemat kuota sama saja dengan hemat uang, itulah yang sebenarnya. Jadi intinya adalah gunakan kuota seperlunya saja, jangan digunakan untuk keperluan yang sebenarnya tidak penting. Oke, sekian dan jangan lupa tinggalkan komentar dibawah ya.

Baca Juga : Cara Mematikan Auto Play di Facebook

Tuliskan Komentar Anda