[BERHASIL] Cara Menghilangkan Sifat Pendiam Dari Psikolog

2

Cara Menghilangkan Sifat Pendiam

Cara Menghilangkan Sifat Pendiam | Setiap orang di dunia ini memiliki sifat, karakter, dan kepribadiannya masing-masing. Terkadang ada yang berusaha merubahnya karena merasa kepribadian yang ia miliki buruk dan merugikan diri sendiri. Salah satunya adalah sifat pendiam dimana seseorang akan mudah malu, enggan melakukan sesuatu, dan sulit bergaul.

Orang yang pendiam terkadang punya kelebihannya sendiri seperti lebih pintar, berpikir cepat, menyelesaikan masalah tanpa emosi, hingga pandai membaca situasi. Namun seiring berjalannya waktu, seseorang harus menghilangkan sifat pendiamnya. Itu karena setelah lulus sekolah dan terjun dalam masyarakat, orang tidak akan lepas dengan hubungan sosial yang erat.

Jika kamu punya sifat pendiam tentu saja memiliki teman yang tidak banyak, hubungan tetangga kurang baik, hingga sulitnya mencari bantuan ketika dalam masalah. Nah berikut kami sajikan beberapa tips yang diberikan oleh psikolog supaya kamu menjadi orang yang terbuka dan mudah bergaul. Langsung saja simak artikel cara menghilangkan sifat pendiam berikut ini.

1. Temukan Lingkungan Baru

57937ab9dd0895e1538b4a23 750 562 - [BERHASIL] Cara Menghilangkan Sifat Pendiam Dari Psikolog

Menurut psikolog, lingkungan merupakan faktor yang sangat penting dalam menumbuhkan karakter serta kepribadian individu. Lingkungan yang buruk terkadang memaksa kamu menjadi orang yang pendiam dan enggan bergaul supaya terhindar dari potensi buruk, itu benar. Tapi jika lingkungannya sudah mendukung tapi kamu masih saja pendiam, mungkin karena orang-orangnya.

Contohnya seperti ini: Katika kamu masa SMA punya sifat malu dan tertutup mungkin karena ketidak sesuaian dengan teman-temanmu. Nah jika kamu nanti kuliah dan bertemu lingkungan serta orang-orang baru, kemungkinan besar sifat pendiam kamu akan hilang.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Menurut psikolog, adanya hubungan pertemanan yang tidak terjalin baik membuat kamu merasa malu dan memilih diam untuk bergaul dengan teman tersebut. Nah jika kamu bertemu orang-orang baru maka kamu tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Itu artinya kamu dapat menjalin hubungan yang baik dan terbuka dengan mereka.

Faktor lain yang menyebabkan lingkungan baru cocok untuk menghilangkan sifat pendiam adalah orang baru tersebut belum kenal mendalam tentang dirimu. Itu artinya mereka belum tahu sifat asli, kelebihan, serta kekuranganmu. Inilah yang menjadikan diri kamu makin percaya diri untuk bergaul.

2. Bangun Kepercayaan Diri

Motivation - [BERHASIL] Cara Menghilangkan Sifat Pendiam Dari Psikolog

Membangun kepercayaan diri artinya kamu mencoba memaksa diri untuk yakin dengan kemampuan, kehebatan, dan kelebihan diri sendiri. Sifat pendiam dan pemalu biasanya disebabkan karena menganggap orang lain lebih bisa dan lebih pintar dari kamu. Jadi, selain percaya dengan diri sendiri, kamu juga harus meningkatkan kemampuan serta memperluas wawasan.

Menurut psikolog, membangun kepercayaan diri merupakan sistem untuk mempengaruhi pola pikir supaya dapat berubah. Pola pikir ini memang berkaitan langsung dengan sifat dan karakter manusia. Disamping itu, kamu bisa memulai membangun kepercayaan diri dengan berpikir kreatif, inovatif, dan mau melakukan hal-hal baru.

3. Sering Curhat

boy telling secret friend 23 2148141565 - [BERHASIL] Cara Menghilangkan Sifat Pendiam Dari Psikolog

Curahan hati merupakan penyampaian seluruh isi hati yang dirasakan seseorang kemudian diceritakan ke orang lain. Maksud dan tujuannya supaya seseorang menaruh perhatian dengan keadaan yang sedang kita alami. Sering curhat juga bisa mengobati sifat pendiam dalam diri kita karena ada beberapa faktor yang menunjang.

Pertama, tentang kontak mata yang lama – Curhat akan membuat kamu berani melakukan kontak mata dalam waktu yang lama dengan lawan bicara. Sebenarnya kontak mata ini merupakan kegiatan yang dapat mengurangi sifat malu dalam diri manusia. Biasanya orang yang malu akan menghindari tatapan mata langsung dengan orang lain, terkadang ada yang hanya bertahan 3-5 detik saja kemudian memalingkan pandangan.

Kedua, berkaitan dengan gaya dan kelancaran bicara – Curhat dapat membuat kamu menemukan gaya bicara sendiri mulai dari nada, cara pengucapan, hingga tinggi-rendahnya suara. Padahal sebenarnya orang yang pemalu itu sulit merangkai pembicaraan dan sulit menentukan intonasi bicara.

Ketiga, jumlah lawan bicara – Curhat biasanya dilakukan dua orang saja, semakin banyak orang yang kamu ajak bicara itu semakin bagus. Mengapa? Karena kamu disitu akan belajar bagaimana cara agar tidak malu ketika berbicara dengan orang banyak. Kalau semakin banyak orang ya bisa masuk dalam kategori “Bercerita” hehe.

4. Berteman Nyata Bukan Maya

boys whispering - [BERHASIL] Cara Menghilangkan Sifat Pendiam Dari Psikolog

Semakin kamu menjalin hubungan sosial secara digital, sifat pemalu kamu akan meningkat. Itu karena sudah bisa berhubungan dengan cara mengetik, kirim emoji, stiker, dan lain sebagainya. Sehingga tidak ada yang namanya kontak rasa atau emosi. Tentu kamu akan merasa kurang percaya diri ketika menjalin hubungan di dunia nyata.

Jadi lebih baik jangan terlalu aktif pakai media sosial, tapi aktif lah kamu di dunia nyata. Kamu akan mengenal bagaimana hubungan sosial yang sebenarnya. Disitu akan tercipta percakapan, mimik wajah, dan ekpresi yang tidak bisa dipalsukan. Pesan dari psikolog “Lebih baik punya banyak teman di dunia nyata dari pada banyak teman tapi maya”.

5. Memaksa Diri Melakukan Hal Yang Dibenci

getty 614138202 2000133520009280253 328692 - [BERHASIL] Cara Menghilangkan Sifat Pendiam Dari Psikolog

Cara menghilangkan sifat pemalu paling ampuh selanjutnya adalah memaksa diri untuk melakukan kegiatan yang tidak disukai oleh orang pemalu. Apa saja itu? Banyak sekali mulai dari berbicara di depat umum, mau tampil, ikut lomba, aktif dalam organisasi, menjadi orang penting di sekolah, berpidato, ceramah, suka bercerita, dan lainnya.

Jika itu kamu lakukan dengan kontinu atau terus-menerus maka hasilnya karakter yang sebelumnya pendiam akan berubah. Eh tapi itu bukan hal yang mudah, mungkin pertama kali kamu melakukannya akan merasakan keringat dingin, gemetar, hingga kaku dalam berbicara.

6. Belajar Berekspresi

ilustrasi senyum palsu 20170613 105415 - [BERHASIL] Cara Menghilangkan Sifat Pendiam Dari Psikolog

Ekspresi merupakan faktor yang sangat penting dalam menumbuhkan kondisi pembicaraan maupun kontak dengan orang lain. Ekspresi wajar yang benar akan membuat kamu lebih sering bicara dari pada diam. Mengapa? Karena anggapannya adalah diri sendiri sudah pantas berbicara dengan banyak orang dan tidak merasa salah-salah lagi.

Selain ekspresi, dukungan lain yang penting adalah gerak tubuh dalam berbicara mulai dari tangan, jari, hingga mata. Biasakanlah berbicara dengan tenang, jangan terburu-buru, dan jangan takut salah. Perbaiki juga ekspresi serta gerak tubuhmu.

7. Sering Keluar Rumah

ewscripps.brightspotcdn.com  - [BERHASIL] Cara Menghilangkan Sifat Pendiam Dari Psikolog

Orang yang pendiam lebih memilih dirumah saja dari pada melakukan aktivitas sosial di luar rumah. Kegiatannya paling main hp, chating, lihat-lihat story, main game, dan nonton tv. Itu salah, semakin lama maka kamu tidak akan punya banyak teman. Jadi lakukan saja sebaliknya, kamu harus mau keluar rumah, bermain bersama teman, dan melakukan kegiatan positif.

Baca Juga : Cara Menguatkan Mental Agar Siap Dengan Masa Depan

Nah itulah beberapa tips dari psikolog untuk cara menghilangkan sifat pendiam yang dapat saya rangkum kali ini. Silahkan mencobanya supaya kamu bisa jadi orang yang terbuka dan mampu menjalin hubungan sosial yang luas. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar ya.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here