12 Cara Menguatkan Mental Diri Sendiri, Pasti Berhasil!

0

Cara Menguatkan Mental

Cara Menguatkan Mental | Mental itu dikatakan sebagai kondisi batin, kejiwaan, dan karakter manusia. Secara etimologi, mental berasal dari Yunani yang artinya jiwa, psikis, dan kejiwaan. Sedangkan menurut James Draver, mental adalah “Revering to the mind” pikiran atau pikiran itu sendiri.

Setiap orang memiliki mental yang berbeda-beda, ada yang penakut dan ada juga yang pemberani. Beberapa orang yang mental lemah, merasa kurang yakin dalam pergaulan dan kehidupan sosial. Penyababnya karena sering timbul rasa malu, takut, bahkan kurang nyaman dengan lingkungan. Nah kondisi yang seperti itu, lama kelamaan membuat seseorang menjadi tidak berkembang.

Merubah mental apa bisa? Sangat bisa, bahkan dari berbagai penelitian menyebut bahwa merubah mental merupakan hal mudah. Namun terkadang orang merasa mental adalah hal yang paten atau tidak bisa diatur. Nah kali ini ceomuda akan memberikan tips seputar cara menguatkan mental diri sendiri yang sering terpuruk, langsung saja ikuti langkahnya.

1. Ingat Tujuan Dan Masa Depan

Cara Menguatkan Mental

Jika mental berkaitan dengan rasa takut, maka diri sendiri harus memaksa melakukan sesuatu demi tercapainya tujuan. Cobalah ingat, pastinya kamu punya cita-cita dan keinginan di masa depan. Sadarlah, itu semua tidak bisa diraih jika mentalmu lemah. Rasa takut akan selalu muncul dan selalu menghentikan keinginan serta langkahmu.

Dengan mengingat tujuan di masa depan, tentu saja seseorang akan memaksa dirinya sendiri untuk berubah. Lama kelamaan, pasti mental dalam diri akan menjadi berani, terlebih lagi jika sudah sering menghadapi hal-hal yang sulit dan berat.

2. Lupakan Kata Mungkin…

Cara Menguatkan Mental

Kadang orang berkata “Mungkin…”, “Mungkin aku bisa sukses”, “Mungkin aku bisa meraih cita-cita”, “Mungkin nanti keadaan berubah”. Kata mungkin menunjukkan keraguan dalam hati kamu, ragu untuk melangkah dan meragukan hasil yang ingin diraih.

Bisanya orang yang selalu ragu-ragu tidak akan semangat menjalani usaha. Al hasil, ia melakukan perjuangan yang tidak maksimal. Sekarang, cobalah ubah mindset kamu dari kata “Mungkin” menjadi “Harus”. Jadi kata-katanya “Aku harus sukses”, “Aku harus meraih cita-cita”, “Aku akan berubah”.

3. Tanyakan Kepada Diri Sendiri

Cara Menguatkan Mental

Bertanya diri sendiri mengandung makna kita harus tahu kondisi mental, karakter, dan sifat yang dimiliki. Semakin kamu berpikir dan bertanya-tanya apakah diri ini bisa berubah, maka kamu akan melakukan suatu upaya untuk merubahnya. Menurut psikolog, bertanya dengan diri sendiri akan membuat seseorang sadar betul dengan keadaannya saat ini.

Cobalah merenung dan berpikir, apakah dengan kemampuan dan apa yang dimiliki saat ini sudah cukup untuk menjalani hidup atau belum. Jika memang belum, kamu harus berubah dan melengkapi semuanya, kamu harus menjadi orang yang berani melakukan action.

4. Jangan Pernah Berpikir Gagal

745 - 12 Cara Menguatkan Mental Diri Sendiri, Pasti Berhasil!

Seseorang yang sekali berpikir gagal sebelum ia mencoba, maka otomatis dirinya terhalang melakukan usaha. Tentu hal ini akan mematahkan semangat serta menghancurkan mentalnya sendiri. JIka kamu memiliki mental lemah dan takut dengan kegagalan, sebaiknya balik mindset tersebut. Berpikirkan tentang kerja keras, jangan pikirkan tentang kegagalan, coba dulu dan rasakan perjuangannya.

Dalam sebuah penelitian tentang psikologi, rasa takut akan gagal merupakan kesalahan besar dalam diri manusia. Itu menunjukkan keinginan suksesnya tidak sungguh-sungguh. Selain itu, takut gagal juga mencerminkan sifat dan karakter yang mudah kalah tanpa alasan yang kuat.

5. Kendalikan Emosi Dengan Baik

Cara Menguatkan Mental

Emosi dan mental itu berkaitan satu sama lain, ketika mental lemah maka kondisi emosi cenderung berubah-ubah. Kadang semangat melakukan sesuatu, tiba-tiba bisa malas dan merasa putus asa. Untuk itulah belajar mengendalikan emosi sangat penting. Biasakanlah berperasaan bahagia dan tersenyum dengan siapa saja. Cara tersebut dapat mengembalikan kondisi emosi kamu dan dapat mengontrol amarah.

Menurut catatan psikologis, seseorang itu memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam menghadapi setiap masalah dan kesulitan. Tipe pertama, mereka cenderung melibatkan emosi ketika menghadapi masalah, tentu hal tersebut tidak efisien. Kedua, ada orang yang bisa menghadapi persoalan rumit dengan pikiran jernih dan perasaan tenang, hasilnya juga lebih bagus.

6. Percaya Kemampuan Sendiri

0a6f45ebf9daed732454bfff1d313376 1531219376 b - 12 Cara Menguatkan Mental Diri Sendiri, Pasti Berhasil!

Pernahkah kamu merasa malu ketika sedang menunjukkan kemampuan diri ke orang lain. Itu artinya kamu belum bisa mengakui kemampuan diri sendiri. Cobalah menganggap diri ini bisa melakukan yang orang lain bisa, dengan begitu akan tercipta sebuah mindset “Suka mencoba”. Diri kita akan terpaksa untuk berkembang dan menguasai berbagai kemampuan, bahkan bisa melebihi orang lain.

Psikolog mengatakan, yakin dengan kemampuan sendiri akan menciptakan potensi yang lebih besar untuk berkembang. Artinya selain kita percaya dengan kemampuan, kita juga perlu meningkatkan diri dengan berlatih, belajar, dan up skill.

7. Cukup Dengan Bersosialisasi

What You Need to Know About Sole Proprietorship Partnership - 12 Cara Menguatkan Mental Diri Sendiri, Pasti Berhasil!

Menjalin hubungan sosial merupakan cara menguatkan mental paling efektif. Mental lemah identik dengan malu atau cenderung kurang dalam hal menjalin hubungan sosial. Biasanya orang yang memiliki mental lemah lebih memilih menyendiri dan jauh dengan keramaian atau perkumpulan orang.

Jadi cobalah untuk paksakan diri bergaul dengan siapa saja, mulai dari yang sederhana yakni bergaul dengan tetangga dan kerabat. Kemudian kamu bisa memperluas hubungan dengan membuat keakraban bersama warga desa. Jika kamu masih sekolah, cobalah mengikuti organisasi atau kegiatan-kegiatan sosial di sekolah.

Hanya butuh beberapa saat, mental kamu dijamin membaik dan semakin kuat. Yang terpenting adalah mencari teman dan kenalan orang-orang baik. Hindari lingkungan buruk yang berisi orang-orang jahat. Ingat! lingkungan juga memiliki peran penting dalam merubah kepribadian seseorang.

Bedanya berhubungan sosial dengan media sosial pasti kamu sudah tahu. Berhubungan sosial itu secara langsung dengan beberapa orang tanpa ada perantara, sedangkan media sosial merupakan alat untuk menghubungkan orang-orang. “Lebih baik punya teman banyak di dunia nyata, dari pada banyak teman di media sosial”, jangan dibalik ya.

8. Menyelesaikan Masalah Tanpa Menunda

00214417 - 12 Cara Menguatkan Mental Diri Sendiri, Pasti Berhasil!

Selanjutnya adalah dengan merubah pola pikir ketika sedang menghadapi masalah. Jangan suka menghindari masalah atau bahkan menundanya. Suka menunda masalah menggambarkan rasa malas, bahkan bisa mencerminkan kondisi mental yang lemah. Mulai sekarang anda harus menghadapinya, baru setelah itu menikmati hasil.

Disamping itu, jangan pernah meremehkan suatu masalah walaupun terlihat sepele. Meremehkan masalah biasanya membuat kita lengah, bahkan tidak bisa mengeluarkan usaha yang maksimal untuk menyelesaikannya. Al hasil gagal dan akhirnya kondisi mental menurun, ujung-ujungnya takut ketika ada masalah baru.

9. Tidak Takut Dengan Resiko

Cara Menguatkan Mental

Resiko adalah dampak negatif dari suatu tindakan atau perbuatan yang dilakukan seseorang. Jika kita sudah takut dengan resiko yang ada, maka tidak akan pernah ada usaha untuk melangkah. Diri kita akan tertahan oleh rasa takut dan cemas, padahal resiko itu bisa dihindari dengan cara berhati-hati. Mungkin resiko itu akan muncul, tapi tidak terlalu menakutkan.

Orang-orang sukses selalu mengatakan “Jangan takut mengambil resiko jika kamu ingin berhasil”. Mungkin artinya adalah kita harus berani mencoba suatu hal yang terlihat sulit atau beresiko. Tapi dibalik resiko tersebut ada sebuah hasil yang besar.

10. Bersikap Terbuka

lckmanzbi09cqjlsz2qi 21059 - 12 Cara Menguatkan Mental Diri Sendiri, Pasti Berhasil!

Untuk meningkatkan mental, kamu harus bisa bersikap terbuka. Itu artinya kamu mau menerima masukan dan kritikan orang lain. Jangan malu ketika di kritik, jurtru kritikan akan membuat kamu mengetahui kekurangan dan kesalahan dalam diri sendiri. Kemudian yang perlu dilakukan adalah merubahnya.

Menjadi orang yang terbuka akan melatih mentalmu menerima setiap kemungkinan buruk. Tapi beberapa orang ada yang tidak suka dengan kritikan orang lain, pada akhirnya ia memiliki mental yang lemah. Jadi janganlah seperti itu, kamu harus menyikapi semua saran dan masukan orang lain.

11. Lupakan Yang Telah Terjadi

035310700 1486003927 02022017 5hobi - 12 Cara Menguatkan Mental Diri Sendiri, Pasti Berhasil!

Kadang kesalahan atau kegagalan yang telah lampau membuat seseorang merasa takut hingga saat ini. Terlebih lagi jika kondisi mental sudah hancur, orang tersebut tidak akan mau lagi melakukan langkah yang sama seperti kegagalan sebelumnya.

Jika kamu pernah merasakan yang seperti itu, sebaiknya rubahlah dan lupakan saja apa yang telah terjadi. Ingat, masa lalu tetaplah masa lalu, itu tidak bisa menyebabkan kamu mengalami kegagalan lagi. Jadi mulai dari sekarang kamu harus memandang masa depan, jangan menoleh ke belakang.

12. Menjadi Diri Kamu Sendiri

illustration your way my way street signs1 - 12 Cara Menguatkan Mental Diri Sendiri, Pasti Berhasil!

Terakhir, cara menguatkan mental yang lemah adalah dengan menjadi diri sendiri, jangan ragu atau malu kalau kamu beda dengan orang lain. Justru berani beda akan membuatmu menjadi orang yang hebat dan bisa meraih keberhasilan yang orang lain tidak bisa peroleh. Ketahui juga cara menghilangkan sifat pendiam.

Hidup bersosial bukan berarti sama rata, hidup bersosial kita harus berani tampil beda dan jangan merubahnya. Menurut psikolog, karakter setiap manusia sebenarnya berbeda-beda, tapi karena ada perasaan malu atau ingin menyesuaikan diri, orang itu bisa berubah seketika. Padahal bisa jadi sifat aslinya itu lebih baik, bahkan bisa mendukung masa depannya.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa tips dan cara menguatkan mental yang lemah supaya mampu menghadapi masalah, kesulitan, dan tantangan hidup. Mulailah dari sekarang berubah, waktu itu terbatas, kesempatan itu tidak datang dua kali. Jangan sampai di masa mendatang muncul sebuah penyesalan berat. Sekian saja, jangan lupa tinggalkan komentar atau kritikan dibawah ya.

Baca : Cara Meningkatkan Motivasi Belajar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here