√ 10 Cara Merawat Keyboard Laptop Supaya Tetap Awet

Cara Merawat Keyboard Laptop

Cara Merawat Keyboard Laptop | Laptop merupakan barang elektronik yang makin dibutuhkan saat ini, terlebih penggunaannya simpel dari pada komputer, toh fungsinya sama. Jika dilihat secara harga, laptop termasuk barang mahal, pastinya harus dirawat dengan baik agar tidak cepat rusak. Salah satu bagian yang harus di antisipasi kerusakannya adalah keyboard.

Keyboard atau papan ketik merupakan media menuangkan tulisan dalam perangkat elektronik. Nah jika keyboard komputer itu kalau rusak bisa diganti dengan biaya yang murah, berbeda dengan keyboard pada laptop. Anda herus merogoh kocek yang lebih mahal dikarenakan keyboard laptop itu sifatnya permanen atau menempel.

Bagaimana sih cara merawat keyboard laptop dengan baik dan benar? Beberapa tips berikut ini perlu anda coba, nah mulai dari cara penggunaan yang harus hati-hati hingga tips menghindarkan keyboard laptop kemasukan debu, langsung saja simak pembahasannya.

Cara Merawat Keyboard Laptop Supaya Awet

alat bekerja berfungsi 951230 - √ 10 Cara Merawat Keyboard Laptop Supaya Tetap Awet

1. Pastikan Kuku Tangan Pendek Ketika Mengetik

Hal sepele sepeti mengetik dengan kuku panjang, lama kelamaan akan membuat keyboard laptop cepat rusak, bahkan kondisi tombolnya menjadi tidak normal. Anda perlu memastikan kuku tangan sudah terpotong untuk mengantisipasi kerusakan keyboard, terlebih lagi jika sedang mengerjakan tugas sekripsi atau laporan praktikum.

Sebenarnya, mengetik di keyboard itu tidak menggunakan ujung kuku, namun bagian ujung sidik jari. Nanti coba rasakan sendiri perbedaannya, pasti lebih nyaman tanpa kuku panjang dan keyboard laptop tidak cepat rusak.

2. Pakai Cover / Pelindung Keyboard

Keyboard cover atau pelindung keyboard sangatlah penting, apalagi jika laptop anda baru, tentunya tidak ingin lecet kan. Nah gunakanlah pelindung keyboard yang biasanya berbahan silicon atau kulit halus. Nah Tujuan utamanya adalah melindungi laptop dari debu dan air. Selain itu, keyboard laptop juga bisa membuat papan ketik lebih awet dan tetap terlihat baru.

Namun ada sedikit kekurangan dalam pemakaian keyboard laptop ini. Misalnya panas laptop yang keluar dari keyboard, tapi tertahan oleh cover. Lalu bagaimana dengan harganya? Tergantung laptop anda, ada yang 20 ribuan hingga 70 ribu rupiah.

3. Kurangi Menekan Kencang

Bedakan antara kebutuhan menekan keyboard dengan keras dan lembut. Ketika sedang dibutuhkan untuk gaming atau kerja berat sehingga anda terbawa emosi atau suasana main, tentu saja tanpa sengaja menekan keyboard terlalu keras. Berbeda dengan kebutuhan mengetik, anda tidak perlu keras-keras menekan keyboard, lama kelamaan cepat rusak.

4. Jauhkan Dari Makanan Dan Minuman

Bahaya sekali jika sampai makanan yang berbentuk butiran tumpah dan mengotori keyboard, Hasilnya keyboard anda rasanya sulit ditekan dan tidak nyaman. Apalagi jika yang tumpah adalah minuman, otomatis anda perlu mengganti keyboard baru yang biayanya itu tidak murah. Jadi berhati-hatilah dalam menaruh makanan dan minuman. Alangkah baiknya jauhkan dengan jarak 30 cm dari keyboard.

5. Hindari Bermain Laptop di Kasur Atau Sofa

Tahukah anda, penyebab masuknya debu ke keyboard paling besar adalah dari benda-benda lembut seperti kasur dan sofa. Bahan yang memiliki pori banyak cenderung menyimpan debu halus dan itu bisa beterbangan ke laptop anda. Terlebih lagi penggunaan laptop di kasur bisa membuat laptop cepat panas atau overheating.

Saran saya, gunakan laptop di tempat yang bersih seperti meja, kaca, atau tempat-tempat yang tidak banyak debunya. Jika kamu menggunakan laptop di luar ruangan, sebaiknya gunakan cover pelindung debu karena debu banyak beterbangan.

6. Jangan Menaruh Benda Berat

Jangan membuat keyboard terbebani oleh benda-benda berat, hal tersebut akan merusak fungsi tombol sehingga bisa menimbulkan keyboard tidak berfungsi. Selain itu, menaruh sesuatu yang berat juga bisa mengancam komponen penting didalam laptop. Jadi berhati-hatilah dalam meletakkan sesuatu, hindarkan barang-barang berat dari laptop.

7. Hindari Mencukil Keyboard Dengan Benda Tajam

Jika ingin mengeluarkan sesuatu yang menyelip di keyboard, sebaiknya jangan gunakan benda tajam. Anda cukup menggunakan ujung kuku atau mungkin mencukilnya pakai kertas karton. Anda juga perlu tahu apakah keyboard di laptop sendiri itu permanen atau bisa dicopot. Jangan sampai keyboard yang seharusnya tidak bisa dicopot malah anda cukil.

8. Gunakan Keyboard Eksternal

Beberapa kebutuhan berat seperti gaming, sebaiknya menggunakan keyboard luar baik itu usb atau wireless. Cara ini lebih efektif dari pada mengorbankan keyboard bawaan laptop. Nah untuk harga keyboard eksternal sendiri berkisar antara 50 ribu sampai 500 ribu rupiah. Tergantung kualitas dan kebutuhan anda.

9. Cuci Tangan Terlebih Dahulu Sebelum Mengetik

Nah tips yang satu ini harus selalu anda lakukan ketika ingin menggunakan laptop. Mencuci tangan, terbilang sepele namun cukup efektif untuk mengaja keyboard tetap awet. Ketahuliah bahwa tekanan dari jari bisa menempelkan berbagai kotoran ke keyboard. Terlebih lagi keyboard kamu bisa terlihat kotor dan usang.

10. Rutin Membersihkan Keyboard

Membersihkan keyboard laptop sangatlah penting, kamu bisa melakukannya satu kali dalam seminggu. Untuk hariannya, anda hanya perlu mengelap bagian keyboard dengan tisue setelah menggunakannya. Menjaga kebersihan keyboard dapat membuat keyboard tidak cepat rusak.

Tips Membersihkan Keyboard Yang Penuh Debu

membersihkan keyboard laptop 5 - √ 10 Cara Merawat Keyboard Laptop Supaya Tetap Awet

  1. Laptop harus dalam keadaan mati.
  2. Membersihkan laptop dalam keadaan terbalik supaya debu mudah jatuh.
  3. Gunakan penyedot debu ukuran kecil.
  4. Jika keyboard bisa di lepas, maka lepas satu persatu dengan hati-hati, kemudian bersihkan debunya.

Nah itulah sedikit tips tentang cara merawat keyboard laptop agar tetap awet seperti baru. Silahkan anda coba di rumah, jangan sampai keyboard anda cepat rusak hanya karena kurang berhati-hati. Oke, sekian saja dan jangan tinggalkan komentar.

Baca : Cara Menghilangkan Tanda Shortcut Icon di Windows

Tuliskan Komentar Anda