4 Faktor Perubahan Iklim di Bumi Serta Dampaknya

0

Faktor Perubahan Iklim

Faktor Perubahan Iklim | Dunia ini makin lama makin mengkhawatirkan, semakin berkembangnya teknologi dan industri membuat alam terancam rusak. Padahal akibatnya akan di rasakan Manusia sendiri. Selain ulah dari tangan manusia, ada juga beberapa kondisi alam yang menjadi faktor perubahan iklim, tapi itu tidak terlalu besar seperti ulah manusia.

Akhir-akhir ini kita sering mendengar yang namanya “Climate Change” Atau dalam bahasa Indonesia perubahan iklim. Nah perubahan iklim tersebut bukanlah masalah sepele, bahkan seluruh dunia sudah membahas tentang cara mengatasi perubahan iklim tersebut. Tapi solusi demi solusi yang dikeluarkan belum mampu mengubah keadaan.

Menurut sebuah studi global, hal sederhana yang dapat mengatasi perubahan iklim adalah kesadaran setiap individu di seluruh dunia. Mengapa? Karena penyebab rusaknya bumi 70% disebabkan oleh umat manusia yang tidak sadar dengan aktivitas buruk serta apa yang dilakukan termasuk merusak alam. Nah, berikut kami rangkum beberapa faktor yang menyebabkan perubahan iklim.

1. Rumah Kaca

efek rumah kaca

Dulu di waktu kecil kebanyakan dari kita tidak tahu, apa sih rumah kaca itu, malahan menganggap Rumah yang terbuat dari kaca buruk untuk alam. Tapi sekarang ini kamu sudah tahu kan rumah kaca itu apa, ya rumah kaca merupakan pemanasan permukaan benda langit yang disebabkan oleh keadaan atmosfernya. Simpelnya adalah panas yang ada di bumi tidak bisa keluar karena terhalang gas-gas seperti CO2.

Beberapa gas yang menjadi pemantul panas pada bumi adalah uap air, karbondioksida, metana, nitrogen oksida, dan CFC (Penggunaan kulkas / pendingin ruangan). Sebuah studi mengatakan bahwa rumah kaca menjadi faktor penting yang mempengaruhi perubahan iklim secara drastis.

2. Pemanasan Global

077897700 1496405336 055163500 1492319145 16042017 polusi - 4 Faktor Perubahan Iklim di Bumi Serta Dampaknya

Global Warming atau pemanasan global merupakan peningkatan suhu rata-rata yang ada di bumi baik pada daratan, laut, maupun udara. Sebuah studi mengatakan bahwa semakin lama kondisi panas bumi semakin meningkat. Ini diakibatkan karena penggunaan bahan bakar fosil, efek rumah kaca, hingga meningkatnya karbon dioksida.

Pemanasan global erat kaitannya dengan perubahan iklim dimana semakin panas kondisi di bumi menyebabkan lelehnya kutub. Disamping itu akan ada yang namanya hujan asam, ancaman laut naik, perubahan cuaca, hingga lapisan ozon yang semakin menipis.

3. Rusaknya Lapisan Ozon

1120021304 - 4 Faktor Perubahan Iklim di Bumi Serta Dampaknya

Faktor perubahan iklim selanjutnya adalah rusaknya lapisan ozon. Padahal kita tahu bahwa ozon merupakan lapisan yang berfungsi sebagai pelindung dari sinar UV dan memiliki peran penting dalam pengaturan suhu bumi. Secara umum, kerusakan lapisan ozon adalah semakin menipis atau menebalnya lapisan yang disebabkan oleh beberapa hal seperti penggunaan CFC berlebih.

Selain CFC, ada juga pemakaian bahan bakar yang semakin meningkat serta asap yang dihasilkan dari proses industri. Dampaknya bagi iklim sudah jelas, ada juga dampak buruk bagi manusia seperti kanker kulit, penyakit mata katarak, sistem imun terganggu, dan rusaknya DNA manusia.

4. Rusaknya Hutan

861311 720 - 4 Faktor Perubahan Iklim di Bumi Serta Dampaknya

Hutan adalah kawasan yang ditumbuhi oleh berbagai pepohonan lebat, tanaman kecil, dan sebagai tempat tinggal binatang. Hutan memiliki banyak fungi mulai dari fungsi estetika (Keindahan alam), fungsi orologis (Mencegah erosi), fungsi klimatologis (Mengatur stabilitas iklim), fungsi hidologis (Penyimpan air), hingga berfungsi sebagai pemasok udara bagi makhluk hidup.

Namun semakin berkembangnya industri dan semakin bertambah banyaknya manusia, hutan terkadang menjadi pilihan untuk membuka lahan, pemukiman, dan pabrik-pabrik. Hutan yang semakin rusak dan menipis dapat menimbulkan iklim yang tidak stabil.

Dampak Besar Perubahan Iklim

  1. Sering terjadi bencana alam
  2. Curah hujan tidak teratur (terkadang tinggi, kadang rendah)
  3. Sumber air di bumi berkurang
  4. Meningkatnya debit air di laut
  5. Musim kemarau yang sangat panjang
  6. Pancaran radiasi dari luar bumi

Dampak Kecil Yang Kita Rasakan

  1. Rusaknya infrastruktur
  2. Sulit menemukan sumber air
  3. Harga bahan makanan melonjak
  4. Sering terkena penyakit
  5. Terganggu dalam beraktivitas
  6. Bencana alam

Nah itulah pembahasan terkait 4 faktor perubahan iklim dunia. Mengatasi hal tersebut memang setiap individu harus sadar dan mau berubah. Tanpa kesadaran tiap-tiap manusia maka semakin lama iklim dunia tidak stabil dan pada akhirnya menyebabkan dunia ini rusak. Oke, sekian saja ulasan kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Baca Juga : Tipe Letusan Gunung Api

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here