100 Kata Kata Pilih Kasih Orang Tua Terhadap Anaknya

Kata Kata Pilih Kasih, Kata Kata Orang Tua Pilih Kasih, Kata Kata Orang Tua Pilih Kasih Kepada Anaknya, Orang Tua Pilih Kasih
Orang Tua Yang Pilih Kasih

Kata kata pilih kasih biasanya diucapkan untuk orang yang berat sebelah dalam masalah memberikan perhatian atau kasih sayang. Biasanya orang tua (Ayah/Ibu) terlihat pilih kasih pada anak-anaknya, tapi sebenarnya tersebut berdampak buruk bagi anak yang kurang kasih sayang. Bahkan membeda-bedakan akan membuat anak kehilangan sifat aslinya dan cenderung mudah berubah.

Orang tua atau siapa pun yang pilih kasih biasanya mendasarkan pada sifat, karakter, atau kepribadian anaknya. Hal ini memang wajar karena siapa yang terbaik adalah dia yang akan disukai. Tapi yang namanya manusia itu bisa berubah, jika bunda / ayah tidak memberikan kasih sayang yang sama, maka sang anak tidak akan berubah menjadi lebih baik lagi.

Jika kamu adalah seorang anak yang merasa tidak mendapatkan kasih sayang yang adil, mungkin kamu bisa mengungkapkannya dalam sebuah caption atau kata-kata mutiara kepada bunda. Mungkin sebuah kata sederhana dapat membuat orang tua sadar bahwa kasih sayang yang adil harus diberikan kepada anak-anaknya. Berikut ini kumpulan kata kata pilih kasih untuk orang tua.

Daftar Isi

A. Kata Kata Orang Tua Pilih Kasih

Kata kata pilih kasih
Lihat aku ibu

“Untuk ayah dan ibu, ada waktunya saya tidak menuruti ucapan kalian, bukan berarti membenci, tapi saya merasa tersakiti dengan ketidak adilan ini”

Menjadi seorang ayah / ibu memanglah harus memberikan keadilan bagi anak-anaknya. Jika salah satu anak diberi 1, maka anak yang lain juga harus diberi 1 yakni kasih sayang. Semua ini akan berpengaruh pada kondisi mental dan psikologis si anak. Tidak membeda-bedakan anak sendiri akan membuatnya menjadi penurut.

“Di usia saya sekarang, bukan lagi soal siapa yang paling diperhatikan, tapi siapa yang berubah menjadi lebih baik lagi”

Jika kamu dulu adalah korban dari pilih kasih orang tua, pastinya ada sepucuk semangat yang mendorongmu menjadi lebih baik dan memperlihatkan dirimu mampu berubah. Orang tua mungkin akan sadar bahwa apa yang dilakukannya hanyalah membeda-bedakan anak, bukan menyemangati atau mengajarinya untuk berubah.

“Ibu, aku bisa berubah menjadi lebih baik lagi walau hingga saat ini masih membandingkanku dengan (kakak/adik)”

Terkadang siapa yang lebih pintar atau punya karakter baik akan mendapat kasih sayang yang lebih dari orang tuanya. Kadang terucap kata-kata “Seperti kakakmu dong pintar, penurut, rajin. Nggak kaya kamu yang suka main HP?. Biasanya hal ini membuat salah seorang anak sakit hati dan semakin tidak mau menurut kepada orang tuanya.

“Jika aku harus memilih ayah atau ibu, aku tidak akan memilih keduanya karena mereka tidak untuk dipilih, melainkan untuk kubanggakan”

Jika kamu merasa dibeda-bedakan, sebaiknya jangan simpan itu dalam hati dan jangan merasa sakit hati. Orang tua biasanya tahu tentang cara memberikan kasih sayang yang seimbang kepada anak-anaknya. Biasanya anak yang usianya lebih kecil akan mendapat perhatian besar, sedangkan anak yang dewasa kurang diperhatikan, jadi jangan merasa itu adalah perbedaan.

“Jika bunda ingin aku menjadi seorang anak yang sukses, maka bunda harus memberikanku kasih sayang yang sama seperti bunda memberikannya kepada saudaraku”

Masa depan anak sangat dipengaruhi oleh dukungan serta dorongan dari orang tuanya. Seorang anak mampu menjadi hebat jika ia tidak sakit hati karena dibeda-bedakan. Jadi bunda dan ayah harus tahu bagaimana memberi perhatian yang sama pada anak-anaknya. Merekalah penerus bunda dan ayah, jadi jangan pernah disia-siakan salah satunya.

“Lihat aku ibu”

Sebuah kata pendek nan sederhana, tapi ada makna mendalam yang ada didalamnya. Kata lihat aku ibu merupakan gambaran dari rasa iri seorang anak yang tidak diperhatikan ibunya. Mungkin karena ibunya tersebut memberikan kasih sayang berlebih kepada anak lain tanpa memperhatikanmu.

“Kebaikan seorang ayah lebih tinggi dari gunung dan kebaikan seorang ibu lebih dalam dari lautan. Semoga memang benar begitu!”

Kita tahu bahwa kebaikan orang tua sangatlah besar, tapi kadang kebaikan tersebut tidak merata kepada anak-anaknya. Bahkan hanya anak yang terbaik saja yang mendapatkannya. Ini adalah sebagian dari kondisi ketidak adilan yang membuat anak merasa tersakiti.

“Cinta yang benar-benar tulus adalah cinta yang diberikan oleh orang tua kita”

Terkadang apa yang dilakukan orang tua membuat kita berpikir apakah mereka benar-benar mencintai kita dengan baik, pasalnya orang tua suka pilih kasih terhadap anak-anaknya. Mungkin kamu tidak sadar bahwa orang tua juga cinta padamu, tapi ia membeda-bedakanmu supaya dirimu sadar dan berubah.

“Marah dengan anak yang suka memberontaak sama saja menuangkan bensin pada api”

Anak yang suka emosian atau memberontak tidak sepatutnya dimarahi, mengapa? Karena dapat menghancurkan mental anak seketika. Sebaiknya orang tua memberikan perhatian dan kasih sayang serta mencoba menenangkan hati sang anak. Yang terpenting jangan pernah membeda-bedakan anak kandung.

“Ibu mengapa engkau mengabaikanku? padahal aku sangat membutuhkan perhatian darimu”

Banyak hal berat yang dialami seorang anak dan ia sangat butuh dorongan serta perhatian dari orang tuanya. Janganlah bunda atau ayah berpaling dari salah satu anak, berikan perhatian yang sama dan kasih sayang sebanyak mungkin supaya sang anak tidak merasa dibeda-bedakan.

B. Caption Bijak Tentang Pilih Kasih

55969655 color wood texture wooden background - 100 Kata Kata Pilih Kasih Orang Tua Terhadap Anaknya
Kata Kata Pilih Kasih

“Entah mengapa ayah dan ibuku tidak memberikan dukungan padaku, padalah mereka tidak tahu bahwa kesempatan suksesku sangatlah besar”

“Pilih kasih hanya akan membuat akar permusuhan antar saudara, semoga bunda sadar akan hal itu”

“Jangan pernah menganggap orang tua sebagai orang lain, walaupun mereka tidak memberikan perhatian kepadamu, sebenarnya mereka tetap menyayangimu”

“Aku merasa diberi kasih sayang hanya sebesar sungai, sedangkan (Kakak/Adikku) diberi perhatian sebesar lautan”

“Jadi orang tua itu harus adil, jangan membeda-bedakan anaknya! Sebab mereka adalah anak kandung yang berasal dari darah dagingnya”

“Ketauilah, kebencian tidak dapat merubah kebencian, yang dapat merubahnya hanyalah kasih sayang”

“Jika saat ini aku selalu dianggap anak tiri oleh orang tuaku, mungkin aku masih kuat”

“Aku tidak akan pernah berhenti berdoa untuk kebaikan bunda dan ayah walaupun mereka selalu menganggapku berbeda”

“Kekecewaan ini muncul karena orang tuaku tidak sayang padaku, tapi aku akan kuat menghadapinya karena pada hakikatnya orang tua itu punya kasih sayang sama terhadap anak-anaknya”

“Orang tua adalah tempat berlindung anak-anaknya dari segala masalah dan persoalan sulit, Ingatlah! mereka akan selalu ada disisimu”

“Wahai ibu, apakah ada yang salah dari diriku ini hingga membuatmu pilih kasih?”

“Aku tidak akan jatuh dan berhenti mengejar masa depan walau bunda tidak memberiku semangat dan dorongan”

“Aku memang tidak pintar, tidak penurut, dan selalu gagal. Tapi aku tidak akan mengulangi kesalahan yang sama untuk kedua kalinya”

“Orang tua pilih kasih hanya akan membuat salah satu anaknya kehilangan cintanya pada orang tua”

C. Kata Psikolog Soal Orang Tua Yang Pilih Kasih

Pilih kasih adalah kondisi dimana orang tua tidak mampu atau dengan sengaja berat sebelah kepada anak-anaknya. Biasanya hal ini dilatar belakangi karena salah satu anak dianggap tidak pecus, bodoh, atau serba kurang. Padahal semua anak bunda punya potensi yang sama untuk menjadi orang hebat di masa depan. Jadi jangan pernah membeda-bedakan anak kandung sendiri.

Secara psikologis, pilih kasih membuat kondisi mental sang anak berubah dan cenderung memburuk. Dorongan emosinya selalu ke jalan kemarahan sehingga menghilangkan rasa cinta sang anak terhadap orang tuanya. Mungkin untuk saat ini hal tersebut belum terasa dampaknya, tapi setelah beberapa tahun kemudian, bunda dan ayah akan mengetahui dampak buruknya.

Pilih kasih terhadap anak juga menimbulkan kekecewaan dalam hati sang anak karena mereka sadar bahwa dirinya tidak dibutuhkan dan tidak diharapkan oleh orang tuanya. Nanti akan tercipta pola pikir yang memaksa sang anak menjadi seorang yang lemah dan tidak mampu menghadapi persoalan hidup.

Menurut para pakar, pilih kasih akan menumbuhkan kecemburuan yang berkepanjangan. Buruknya lagi, anak-anak bunda tidak akan akur, selalu bertengkar, bahkan lebih dari itu. Jadi cobalah berikan kasih sayang yang tidak berat sebelah supaya semua anak merasa diperlakukan sama oleh orang tuanya. Akhirnya mereka bisa menjadi saudara yang saling mengerti dan rukun.

Kesimpulan

Itulah kumpulan kata kata pilih kasih orang tua terhadap anaknya. Kesimpulannya, pilih kasih adalah hal yang harus dihindari oleh orang tua, sebab ayah dan bunda pasti menginginkan semua anak-anaknya menjadi orang hebat. Karena itu perlakukan mereka semua dengan adil. Ingatlah bahwa pilih kasih hanya akan menumbuhkan akar permusuhan dan dendam.

Baca juga : Kata kata bijak ayah untuk anaknya

Tuliskan Komentar Anda