7 Langkah Menanam Cabe Dalam Polybag Sampai Berbuah

0

chili kudikasi - 7 Langkah Menanam Cabe Dalam Polybag Sampai Berbuah

Cara Menanam Cabe Dalam Polybag | Memiliki pekarangan yang tidak terpakai, sebaiknya dimanfaatkan untuk menanam tanaman konsumsi. Misalnya cabai, lebih menguntungkan dari pada beli. Apalagi harga cabe saat ini tidak menentu, kadang normal, kadang juga mahal. Jadi pilihan yang paling tepat adalah menanamnya sendiri.

Pastinya ada yang berpendapat kalau itu susah, ribet, dan lama. Jangan salah, menanam cabe itu mudah loh jika tahu caranya. Berikut ini kami rangkum cara menanam cabe dalam polybag mulai dari menentukan jenis cabai, memilih capai yang baik, penyemaian, dan penanaman. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini.

Jenis Cabai di Indonesia

b9resagqaushygkulosi - 7 Langkah Menanam Cabe Dalam Polybag Sampai Berbuah

Cabai merah – cabai jenis ini paling banyak dikonsumsi sebagai bahan memasak. Merah dibagi menjadi dua kelompok yaitu besar dan keriting. Cabai merah besar memiliki ciri ukuran yang melebar dan tidak terlalu panjang. Sedangkan cabe merah keriting, ukurannya kecil serta lancip.

Cabai Hijau – selanjutnya ada cabai hijau, pemanfaatan sabai ini biasanya digunakan untuk menambah rasa pedas pada tumisan, memasak ayam, bumbu daging, dan lain sebagainya.

Cabai Rawit – cabai rawit merupakan capai yang memiliki tingkat kepedasan tinggi. Ukurannya kecil, biasanya digunakan untuk membuat sambal atau pelengkap masakan goreng.

Cabai Setan – orang Jawa menyebutnya “Lombok Setan” karena dikenal sangat pedas dan cocok untuk memasak, rujak, campuran bumbu, ayam geprek, dan lain sebagainya.

Tips Memilih Biji Cabe Yang Baik

cara menanam biji cabe - 7 Langkah Menanam Cabe Dalam Polybag Sampai Berbuah

Asal Biji – buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, nah memilih biji suka bisa diperhatikan dari pohonnya. Apakah itu dari cabai yang baik, besar, pedar, atau jelek. Tapi jangan khawatir, karena rata-rata cabai itu sama, mudahnya anda bisa mengambil biji dari cabai yang biasanya dibeli untuk dimasak.

Seleksi Pakai Air – sebelum diseleksi pakai air, sebaiknya biji dijemur terlebih dahulu, setengah hari cukup. Nah masukkan kedalam ember berisi air kemudian aduk-aduk. Jika biji mengambang, maka kualitasnya bagus, jika tenggelam sebaiknya jangan dipakai.

Proses Penyemaian Biji Cabai

Pembenihan tomat - 7 Langkah Menanam Cabe Dalam Polybag Sampai Berbuah

Sebenarnya biji capai tanpa perlu dikeringkan atau di semai juga bisa tumbuh dengan baik. Hanya saja tujuan penyemaian adalah untuk menentukan presentasi ketahanan hidup calon tanaman. Intinya penyemaian itu proses pemilihan benih tanaman cabai yang layak untuk ditanam dan menghindari gagal tumbuh.

Cara menyemai mudah sekali, anda tinggal muda media pakai wadah kotak (nampan) atau dengan wadah plastik. Nah media tanamnya menggunakan tanah dan pupuk organik, perbandingan yang diperlukan 1:1 atau 2:1.

Selanjutnya menebarkan biji cabai ke media tanam, kemudian taburkan campuran tanah dan pupuk secara merata. Jangan terlalu tebal, cukup 1 cm saja supaya biji cabai mudah tumbuh. Tunggu saja hingga biji cabai tumbuh dan siap dipindahkan.

Memindahkan Cabai Ke Polybag

Cara merawat bibit atau benih cabai dengan baik - 7 Langkah Menanam Cabe Dalam Polybag Sampai Berbuah

  • Setelah 3-4 minggu, calon tanaman cabai siap dipindahkan ke polybag.
  • Siapkan terlebih dahulu polybag ukuran sedang, biasanya 30 cm cukup untuk mendukung pertumbuhan akar cabai secara maksimal.
  • Media tanamnya adalah tanah dan pupuk kandang atau kompos, perbandingan yang diperlukan 2:1.
  • Oke, selanjutnya pindahkan cabai ke polybag, hati-hati dalam mengambilnya, jangan sampai merusak akar tanaman.

Memberi Penopang (Pengajiran)

Cara Menyemai Bibit Cabe di Polybag Agar Cepat Tumbuh - 7 Langkah Menanam Cabe Dalam Polybag Sampai Berbuah

Jika tanaman cabai sudah mulai besar, sebaiknya berikan penopang berupa kayu, tujuannya supata tanaman cabai dapat tumbuh tegak dan tidak mudah patah. Berhati-hatilah ketika menancapkan penopang tersebut, jangan sampai terkena akar utama tanaman capai. Untuk tingginya bisa disesuaikan dengan tinggi tanaman cabai milik anda.

Perawatan

1460898 - 7 Langkah Menanam Cabe Dalam Polybag Sampai Berbuah

Pemberian pupuk – pemberian pupuk sangatlah penting untuk menunjang tanaman cabai berbuat lebat dan besar. Berikan pupun NPK dengan jangka waktu tertentu, normalnya 1 bulan 2 kali, untuk takarannya cukup satu sendok makan. Ketika tanaman cabai mau berbuah, berikan pupuk NPK dua kali lipat.

Waktu Penyiraman – ketika musim hujan, sebaiknya jangan siram tanaman cabai, atau boleh disiram satu kali dalam sehari. Ketika musim kemarau, anda perlu menyiram tanaman cabai 2-3 kali dalam sehari. Utamanya ketika waktu pagi dan siang menjelang sore.

Proses Perompesan – perompesan atau pemotongan bagian tanaman juga penting. Anda perlu memotong bagian yang rusak, cacat, atau terlalu kecil untuk menopang. Selain itu, untuk menjadikan tanaman cabai tumbuh tinggi, anda bisa memotong cabang yang rendah.

Boleh Pakai Pestisida? – untuk pemakaian pembasmi hama, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Jika di pekarangan anda tidak terlalu banyak hama dan tanaman tumbuh dengan baik, sebaiknya jangan menggunakan pembasmi hama.

Langsung Coba Ya

Oke, itu saja tutorial cara menanam cabe dalam polybag paling mudah dan simpel. Jika punya cabai sendiri di rumah, tentu saja anda tidak perlu susah payah membeli, selain itu lebih hemat. Sekian dan semoga pembahasan kali ini bermanfaat.

Baca : Cara Mengolah Lahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here