21 Arti Mimpi Melihat Bulan Dalam Islam dan Psikologi

Arti Mimpi Melihat Bulan, Makna Mimpi Bulan, Bulan Purnama, Bulan Sabit, Memandangi Bulan, Tafsir Mimpi Bulan
Arti Mimpi Melihat Bulan

Arti Mimpi Melihat Bulan | Mimpi memang selalu menimbulkan rasa penasaran dan tanda tanya bagi orang yang mengalaminya. Mimpi itu sendiri adalah kejadian di alam bawah sadar yang melibatkan seluruh indra mulai dari penglihatan, pendengaran, hingga perasa. Disamping itu, mimpi juga berkaitan dengan perasaan dan kondisi hati yang membuatnya terasa realistis.

Berbicara soal tafsir sebuah mimpi, tentu kita selalu bertanya-tanya apakah itu memang benar adanya atau tidak. Dari kisah zaman dahulu, tafsiran mimpi seperti yang diberikan oleh para Nabi memang benar-benar bisa dibuktikan, itu karena kuasa Allah. Selain itu, mimpi juga sering ditafsirkan oleh para alim seperti Ibn Sirin yang tahu tentang takwil mimpi.

Sedangkan sekarang ini mimpi hanya didasarkan pendapat psikologis, buku, dan dari sumber yang belum tentu benar. Padahal menurut Ibn Sirin, satu mimpi sama yang dialami oleh orang yang berbeda bisa bermakna beda juga. Karena itulah kita sebaiknya jangan terlalu fokus mengambil makna mimpi, kita lebih baik melihat hikmah serta nilai positif yang terkandung didalamnya.

Menurut ulama’, membahas soal tafsir mimpi adalah hal yang cukup rentan, sebab kebenarannya belum dibuktikan. Tafsir dari mimpi seharusnya didasarkan kepada orang yang benar-benar paham soal takwil mimpi, tapi untuk saat ini sangat sedikit orang yang paham mimpi. Nah dari disitu bisa disimpulkan bahwa “Kita sepatutnya tidak percaya tafsiran mimpi dari sumber yang tidak benar, kita hanya perlu mengambil pelajaran atau sisi positif dibaliknya”.

Mimpi Indah Melihat Bulan Dalam Islam

Dalam Islam, kemunculan mimpi bisa dari beberapa sebab, jika mimpinya indah seperti melihat bulan bersinar, maka mimpi tersebut adalah kebahagiaan dari Allah. Mimpi seperti ini patut untuk diceritakan ke orang lain karena sebuah ucapan adalah doa. Jika kamu bermimpi buruk, jangan pernah ceritakan ke siapa pun, diam saja dan jangan takut dengan mimpi tersebut.

Penjelasan Dari Ibn Sirin

Menurut Ibnu Shirin, bulan diibaratkan sebagai cerminan sosok seorang yang besar atau raja. Barang siapa yang bermimpi melihat bulan di hadapannya, atau di dalam ruangan, atau di atas telapak tangannya, maka itu merupakan pertanda bahwa orang tersebut akan menikahi seseorang yang memiliki karisma seterang dan seindah bulan, baik laki-laki atau perempuan.

Dan jika yang memimpikannya adalah perempuan yang hamil, bisa jadi pertanda anak dalam kandungannya adalah laki-laki. Kecuali bersamaan dalam mimpi tersebut ada pertanda yang menunjukkannya sebagai bayi perempuan, seperti ia melihat bulan di balik kain penghalang dan sebagainya.

Disamping itu, bermimpi melihat bulan tidak selalu bermakna baik. Ibnu Shirin kemudian menyebutkan bahwa Aisyah juga pernah memimpikan hal serupa. Suatu ketika ia bermimpi ada tiga bulan yang jatuh ke dalan kamarnya. Kemudian beliau bercerita kepada Ayahnya, Abu Bakar ra. Mendengar hal tersebut, Abu Bakar kemudian mengatakan, “jika benar mimpi mimpi tersebut maka di dalam kamarmu ini akan dikubur tiga orang yang paling mulia di muka bumi.”

Pernah juga suatu ketika Ibnu Abbas bermimpi bulan tiba-tiba terangkat dari bumi dan hilang di langit. Kemudian ia menceritakan mimpinya itu kepada Rasulullah. Beliau menjawab, “Itu adalah anak pamanmu.” Yaitu beliau sendiri, Muhammad Saw.
Jadi bisa diambil catatan jika bulan yang dilihat dalam mimpi menghilang, pertanda bahwa sesuatu yang baik telah hilang atau berlalu. Sebaliknya, jika melihatnya muncul, pertanda hal baik akan datang.

Selain dari bagaimana keadaan bulan saat terlihat dalam mimpi, Abdul Ghani al-Nalbusi menambahkan, mimpi melihat bulan juga bisa dilihat dari waktu bermimpi. Jika mimpi terjadi bertepatan dengan periode dimana bulan nampak dari bumi maka mimpi tersebut adalah pertanda baik. Namun jika melihatnya bukan pada waktu dimana bulan terlihat, maka mimpi tersebut bukan pertanda baik. (Dikutip dari https://bincangsyariah.com/)

Mimpi Melihat Bulan Pertanda Baik

Mimpi melihat bulan merupakan cerminan dari sosok pemimpin atau orang yang penuh dengan kebijaksanaan. Mungkin seseorang akan hadir di dekat anda dengan tujuan yang baik. Namun jika bulan tersebut berwarna gelap atau hitam, maka berhati-hatilah dengan pengaruh buruk orang lain.

Menurut Para Ahli Tentang Mimpi Bulan

Pengertian mimpi dari sisi psikologi adalah pengalaman alam bawah sadar yang muncul dari ingatan, pikiran, pengalaman, khayalan, imajinasi, hingga harapan. Jadi mimpi yang berkenaan dengan melihat bulan bisa jadi sebuah harapan atau keinginan yang harus terwujud di masa depan nanti.

Sedangkan melihat bulan sempurna atau purnama bisa jadi gambaran bahwa anda sedang jatuh cinta atau menyukai lawan jenis. Memang hal ini wajar karena seseorang yang sudah dewasa akan merasakan cinta secara alami, jadi anggap saja mimpi ini hanya bunga tidur.

Jika kamu mengalami mimpi melihat bulan sabit atau bulan separuh, maka artinya kamu sedang dalam masa-masa sulit. Mungkin yang dimaksud adalah masa-masa perjuangan untuk meraih sebuah harapan besar di masa mendatang.

Kemudian jika mimpinya melihat bulan dekat atau berukuran besar, artinya kamu akan menemukan jawaban atas masalah yang sedang dihadapi saat ini. Sebuah pemecahan masalah atau solusi memang bisa datang kapan saja, jadi sebaiknya bersabarlah jika sedang buntu.

Arti Mimpi Melihat Bulan Dalam Primbon

Perlu anda ketahui bahwa tafsiran mimpi yang didasarkan pada buku primbon jawa tidaklah teruji kebenarannya. Jadi kita harus berhati-hati dalam mencerna makna mimpi tersebut. Lebih baiknya kita hanya mengambil sisi positif atau pelajaran penting dari tafsir mimpi tersebut tanpa mempercayai maknanya.

Melihat Bulan Purnama

Pertama, mimpi melihat bulan purnama yang dijelaskan dalam primbon jawa. Mimpi ini mengandung arti bahwa kamu akan memperoleh sebuah kebahagiaan tak terduga dalam kehidupan nyata. Kebahagiaan tersebut bisa berupa hal-hal yang biasa atau sering dialami.

Arti Mimpi Melihat Gerhana Bulan

Berikutnya ada kejadian mimpi melihat gerhana bulan di waktu malam. Mimpi seperti ini ditafsirkan sebagai cerminan hilangnya nilai-nilai baik atau sifat baik yang ada dalam diri si pemimpi. Mungkin suatu hal telah menggesernya.

Arti Mimpi Melihat Bulan Sabit

Melihat bulan sabit dalam mimpi sering dikaitkan dengan hilangnya harapan atau kesempatan besar yang ada di kehidupan nyata. Walaupun maknanya terdengar buruk, tapi mimpi seperti ini dapat memperingatkan kita semua untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan.

Tafsir Mimpi Bulan Didalam Rumah

Apa jadinya jika mengalami mimpi melihat bulan yang ada di dalam rumah? Mimpi seperti ini ditafsirkan sebagai cerminan kebahagiaan yang akan muncul dalam kehidupan keluarga anda. Walaupun sebuah kebahagiaan kecil, tapi hal tersebut sudah dapat menciptakan indahnya hubungan kekeluargaan.

Arti Mimpi Bulan Banyak

Apa artinya mimpi. melihat bulan dalam jumlah yang banyak di langit? Mimpi ini mengandung arti bahwa anda akan berada dalam sebuah lingkungan yang baik dimana orang-orangnya punya sifat baik dan selalu memberikan contoh kepada diri anda.

Mimpi Bulan dan Matahari Berdampingan

Terakhir mimpi melihat bulan dan matahari saling berdampingan di atas langit. Mimpi seperti ini menunjukkan gambaran sosok orang yang selalu mendukung dan mendorong anda menjadi lebih baik lagi. Mereka adalah orang-orang sekitar anda seperti orang tua, teman, atau saudara.

Nah itulah penjelasan terlengkap seputar arti mimpi melihat bulan yang paling sering kita alami. Mimpi seperti bulan memang lebih banyak bermakna indah, tapi ada beberapa kejadian yang dijelaskan buruk. Kita tentu harus berhati-hati dalam mencerna tafsiran mimpi, ingat bahwa mimpi yang sama belum tentu bermakna sama juga. Lebih baik ambil saja hikmah dan nilai positif tafsiran mimpi tersebut – sekian.

Baca juga : Kata kata seputar awan di langit

Tuliskan Komentar Anda