√ 15 Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju Bagi Pemula

0
Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju
Online Shop Fashion

Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju | Bisnis online makin lama makin menggiurkan, apalagi sekarang ini konsumen lebih suka belanja online. Cara belanja sederhana semakin ditinggalkan lantaran kurang simpel, terbatas dengan jarak, serta varian produk yang kurang luas. Karena itulah market place raksasa menjadi pilihan terbaik.

Tahukah anda apa bisnis online yang tidak akan ada matinya? Tentu saja bisnis fashion. Misalnya jualan baju, celana, gamis, jilbab, kaos, dan masih banyak lagi. Bagi anda yang memiliki bisnis jualan baju secara offline, tentu saja tidak mau tertinggal dengan kemajuan teknologi. Anda harus mau mengonlinekan bisnis baju tersebut karena seperti yang saya bilang diatas bahwa banyak orang yang memilih marketplace online untuk berbelanja.

Sebenarnya cara memulai bisnis online shop baju itu simpel, hanya saja bagi beberapa orang yang baru terjun di dunia fashion harus tahu dasar-dasarnya terlebih dahulu. Ada poin dalam memilih fashion yang akan dijual, target pasar, tempat jualan online, hingga bagaimana cara mengatur harga yang baik. Nah, pada kesempatan kali ini akan saya bahas semuanya lengkap.

#Tips & Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju

Haberdash shop Form Us With Love Stockholm - √ 15 Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju Bagi Pemula

1. Tentukan Jenisnya

Pertama, yang harus anda lakukan adalah menentukan ingin jualan fashion jenis apa. Ada pilihan baju, gamis, jilbab, pakaian trendi, hingga berbagai macam fashion wanita. Namun jika anda berpikir ingin mengambil semua jenis tersebut, sebaiknya sesuaikan dengan budget atau modal yang anda miliki. Semakin banyak modal, maka anda semakin leluasa dalam memilih jenis fashion untuk berjualan.

2. Target Pembeli

Berjualan produk fashion tentu saja harus memperhatikan siapa yang akan membelinya. Jadi setelah anda menentukan jenis yang ingin dijual, selanjutnya anda tentukan kepada siapa produk tersebut akan dijual. Sesuaikan saja keinginan anda, ada target anak-anak, pria, wanita, anak muda, kaum milenial, orang kaya, atau menengah.

3. Ketahui Hal Yang Sangat Mendasar

Bisnis onine jualan pakaian tidak akan semudah seperti apa yang anda pikirkan. Memang jika dilihat hanya menjual, cari penyetok, taruh promo, dan sebagainya. Tapi anda tidak tahu beberapa hal mendasar tentang jualan online fashion.

  • Perkembangan fashion sangatlah cepat – Fashion merupakan hal yang tidak terlepas dari manusia, bahkan fashion memiliki kecenderungan untuk update gaya, bentuk, seri, serta model terbaru setiap bulan atau bahkan minggunya.

Jadi anda perlu berhati-hati dalam menyetok barang, jangan sampai terlalu banyak jumlahnya atau menyetok fashion yang mau ditinggalkan. Kemungkinan rugi karena kesalahan yang satu ini sangatlah besar. Ini karena konsumen maunya adalah barang baru atau barang yang masih trendi.

  • Kompetitor dalam bisnis online fashion sangatlah besar – jika anda baru masuk ke dunia online fashion, disana akan ada persaingan yang sangat ketat dengan pedagang lain. Ditambah lagi jumlah penjual online fashion itu jutaan orang / toko. Jadi anda tidak mungkin bisa menjual instan tanpa mempersiapkan lapak secara matang atau tidak tahu tentang promosi produk.

4. Riset Produk

Seperti yang saya katakan diatas bahwa fashion itu relatif berubah-ubah dan memiliki banyak pesaing. Untuk itulah riset produk sangat penting bagi pemula dalam berjualan online. Riset bukan berarti meneliti, tapi lebih tepatnya mencari potensi terbesar dan memilih fashion yang trendi, banyak dicari orang, punya potensi laris, serta tidak mudah termakan waktu.

Cara riset produk fashion sebenarya tidak terlalu sulit, anda hanya perlu melihat dan memperhatikan model dan jenis fashion yang sedang trending di market place raksasa. Anda juga bisa melakukan pencarian dengan kata kunci “Fashion Trend” disana. Untuk lebih luasnya, manfaatkanlah mesin pencari google terkait fashion yang sedang boming.

5. Temukan Supplier / Koveksi

Berjualan produk fashion bukan berarti kita memproduksi barangnya, tapi cara paling mudah adalah dengan kerja sama dengan penyetok atau supplier. Jika anda ingin mendapatkan harga yang lebih murah, anda bisa ambil barang langsung dari konveksi atau tempat pembuatan fashion. Tapi anda harus memiliki konveksi yang benar-benar memiliki produk berkualitas.

Bagi anda yang terbatas dengan modal, mungkin cara dropship bisa jadi pilihan tepat. Dropsip adalah anda bertugas menjualkan produk orang lain dan ketika ada pembeli, maka pengiriman akan dikirim dari supplier langsung ke pembeli.

6. Pengaturan Harga

Berikutnya ada poin penting yang harus anda ketahui yakni tentang pengaturan harga produk fashion yang ingin di jual. Bagaimana cara menentukan harga yang terbaik? Anda bisa riset produk dari penjual lain yang sejenis dan satu merk. Ketahui berapa harga jual mereka dan berapa banyak pembeli dengan harga seperti itu.

Bagi anda yang baru memulai jualan, pastinya belum ada orang yang tahu tentang online shop anda. Karena itulah anda bisa menentukan harga sedikit lebih rendah dengan kompetitor untuk menarik minat konsumen. Walaupun anda hanya mengambil keuntungan sedikit, tapi itu bagus untuk toko online anda.

7. Dimana Bisa Berjualan?

Namanya berjualan online pastinya di platform-platform market place online dan media sosial yang sedang ramai. Anda bisa menjual di tokopedia, shopee, bukalapak, lazada, dan masih banyak lagi (ini bukan iklan ya). Nah media sosial yang menurut saya punya potensi besar untuk berjualan adalah facebook dan instagram. Tapi harus ada Ads yang harus anda lakukan, ini akan saya bahas dibawah.

Bagi anda yang ingin memiliki potensi lebih besar lagi, mungkin anda perlu mendirikan website toko online sendiri. Tapi kesulitan yang akan anda rasakan adalah tentang pengaturan toko online, menciptakan website yang ringan, dukungan pembayaran, dan masih banyak lagi. Cara ini tidak disarankan bagi anda yang belum mahir dalam website building.

8. Buat Logo Toko Online

Logo merupakan hal terpenting selanjutnya yang harus ada di toko online anda. Dengan logo, maka toko online akan memiliki identitas tersendiri, tujuannya supaya orang lebih mudah mengenali toko anda, ciri-cirinya, serta membuat pembeli lebih percaya.

Buatlah logo online dengan aplikasi logo maker atau jika ingin membuat yang lebih bagus pakai corel dan photoshop. Kriteria logo yang baik adalah simpel, punya karakter, mudah dimengerti, serta sesuai dengan apa yang anda jual.

9. Katalog Yang Rapi

Bagi anda yang memilih market place online untuk berjualan, maka anda perlu mengatur katalog atau kategori dalam fashion. Katalog itu bagaikan rak, jika tersusun secara rapi dan baik, maka pembeli akan lebih mudah mencari produk dari toko anda berdasarkan merk, jenis, ukuran, atau model.

Pengaturan katalog yang baik juga akan memberikan nilai tambah bagi penjualan anda. Fungsi lainnya adalah untuk mempermudah anda dalam menentukan barang yang baru masuk stok, barang baru, serta barang dengan seri tertentu dari supplier.

10. Pengaturan Media Sosial Untuk Jualan

Selain menggunakan toko online, tentunya anda harus punya media sosial tersendiri untuk kontak customer service (CS) dan media sosial untuk memajang foto-foto produk. Pilihannya adalah Whatsapp dan Instagram, keduanya harus anda miliki. Pengaturan instagram juga sangat penting dalam menciptakan tampilan yang indah dan memanjakan mata pembeli. Disamping itu, kecepatan CS dalam membalas pesan masuk juga menjadi petentu.

Ketahui cara memilih endorser instagram

11. Promosi Dan Iklan

Promosi merupakan hal yang terpenting dan harus ada bagi penjual online pemula. Apalagi jika toko online anda di market place masih kecil, belum memiliki pengikut, atau bahkan belum ada penilaian dari pembeli. Tentu saja orang sulit percaya dengan toko anda, karena itulah cara terbaiknya dengan iklan.

Anda bisa mengiklan langsung di market place yang digunakan, disana ada fitur Ads produk yang mempermudah penjual dalam mencari pembeli. Tentu saja iklan tersebut tidak gratis, anda harus membayarnya dengan jumlah tertentu, tapi tidak terlalu mahal pastinya.

Selain iklan dari market place, anda juga bisa melakukan iklan dari media sosial, iklan dalam instagram menjadi pilihan terbaik. Selain itu FB Ads juga akan mendukung anda dalam mengenalkan toko ke calon pembeli.

12. Jaga Ketersediaan Stok

Kejadian yang pernah saya alami ketika berjualan di toko online adalah stok yang sedikit padahal peminatnya banyak. Kesalahan waktu itu adalah hubungan dengan supplier belum maksimal, jadi ketika stok habis, sulit untuk mendatangkan produk lagi.

Jadi sebaiknya anda perlu memiliki banyak hubungan dengan supplier dan koveksi fashion untuk menjaga stok tetap anda. Bayangkan jika pembeli sangat suka dengan produk yang kita jual, tapi produk tersebut sudah habis. Tentu kita kehilangan pelanggan berharga, bahkan rating dan riview bisa menurun.

Ketahui juga 10 bisnis modal 1 juta paling kreatif

#Tata Cara Dalam Berjualan

money transfer Mobile banking business buy communication concept 1445247 pxhere.com  - √ 15 Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju Bagi Pemula

1. Kerja Keras

Bukan hanya kerja offline yang perlu kerja keras, bisnis online juga harus dijalankan dengan kerja keras. Mengapa begitu? Karena ada tantangan berat dalam mencari produk, branding, cari supplier, serta melayani pembeli mulai dari membalas pesan, service, mengemas barang, dan mengirim ke kurir.

2. Jujur Dengan Pembeli

Dasar jualan offline adalah kejujuran, begitu juga dengan jualan online. Anda perlu jujur dalam mengatur harga, jujur dengan merk, kualitas, bahan, ukuran, warna, dan masih banyak lagi. Berjualan dengan jujur akan membuat riview toko anda meningkat.

3. Teliti & Jangan Ceroboh

Ketelitian sangat dibutuhkan dalam melayani pembeli, anda harus mengirim paket sesuai pesanan, warna, ukuran, serta jenisnya. Hindari kecerobohan supaya toko online anda tidak mendapat penilaian buruk dari pembeli. Ingat! rating itu sangat penting karena berpengaruh pada kepercayaan calon pembeli baru.

Silahkan Coba!

Mungkin itu saya yang dapat saya bahas pada kesempatan kali ini, intinya jangan takut mencoba jualan online. Sebenarnya itu gampang, tapi rasa takut yang membuatnya terasa sulit. Jadi tunggu apa lagi, buka toko online anda sendiri di market place atau website pribadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here