Peluang Usaha LAUNDRY: Tips, Cara, Analisa, Modal

Peluang Usaha Laundry
Buka Bisnis Laundry

Peluang Usaha Laundry | Bagi sebagian orang, memiliki bisnis sendiri memang menjadi pilihan terbaik ketimbang bekerja sebagai karyawan. Banyak sekali peluang usaha yang bisa dicoba walau dengan modal yang tidak terlalu besar. Salah satunya usaha cuci pakaian kiloan atau laundry yang kian melejit dari tahun ke tahun.

Bisnis laundry menjadi pilihan tepat bagi anda yang ingin meraih keuntungan besar. Setelah dilakukan berbagai analisa dan perhitungan, ternyata laundry memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan, apalagi jika cara yang dilakukan benar. Ada beberapa aspek yang harus diketahui mulai dari pemilihan lokasi, target, serta alat-alat yang dibutuhkan.

Coba bayangkan jika anda punya sebidang tanah atau punya rumah di dekat Universitas / Sekolah tinggi. Pernahkah anda memikirkan peluang yang terbaik? tentu saja buka laundry. Tapi apakah usaha laundry ini bisa berkembang di lokasi yang jauh dari pelajar? Jawabannya “bisa”. Mengapa? ya karena bukan pelajar atau mahasiswa saja yang butuh jasa cuci pakaian, bahkan kebanyakan orang saat ini malas cuci pakaian sendiri karena sibuk.

Jika anda bingung mulai dari mana, tentu saja anda tidak akan pernah mencobanya. Nah berikut ini saya akan membagikan tips, cara, serta analisis modal dan keuntungan dalam bisnis laundry. Langsung saja simak pembahasan lengkapnya.

Tips: Kenali Dulu Dasar Usaha Laundry

155938344231505 suprising facts laundry todays washer Milkos jpg - Peluang Usaha LAUNDRY: Tips, Cara, Analisa, Modal

 

1. Pemilihan Lokasi

Paling awal dan utama dalam peluang usaha laundry adalah memilih lokasi strategis yang berpeluang besar dalam mendatangkan pelanggan. Kita tahu bahwa tempat-tempat ramai sangat berpotensi, apalagi tempat dekat pabrik, sekolah, kuliah, atau lokasi wisata. Jika anda bingung mau cari yang mana, berikut tingkatan lokasi yang berpeluang paling tinggi hingga rendah.

a. Kios Dekat Universitas

Memilih kios atau ruko untuk membangun bisnis laundry memang pilihan yang terbaik. Tapi lebih maksimal jika kios tersebut berada di samping universitas atau dalam satu wilayah universitas. Menurut hasil analisa, jarak kios ke universitas 10-100 meter memiliki potensi besar menjadi pilihan tempat laundry mahasiswa.

b. Kos-kosan Dalam Lingkup Universitas

Jika anda sulit menemukan kios atau terhambat masalah dana penyewaan tempat, mungkin Kos bisa jadi pilihan yang lebih murah. Tapi jangan pilih kos-kosan yang terlalu sulit dijangkau pelanggan. Carilah kos-kosan yang terletak di pinggir jalan atau kos dekat universitas. Bahkan bagusnya lagi, anda akan memiliki pelanggan tetap dari penghuni kos tersebut.

c. Lokasi Dekat Sekolah

Selain universitas, lokasi yang berdekatan dengan sekolah-sekolah juga menjadi pilihan ke-3 paling berpotensi mendatangkan konsumen. Dari hasil analisis, sekolah-sekolah yang paling berpotensi adalah SMA, SMK, atau MA.

d. Pusat Wisata

Pusat wisata memiliki potensi yang cukup menjanjikan untuk buka bisnis laundry. Tapi sayangnya kita akan kesulitan menemukan lokasi wisata terdekat dan menyewa tempatnya. Tapi bagi anda yang berada di tekat wisata alam, cobalah buka bisnis laundry, dijamin berpeluang besar.

e. Pusat Kota

Pilihan terakhir yang direkomendasikan adalah perkotaan atau pusat keramaian suatu kota. Anda punya peluang mendatangkan pelanggan tetap jika memberikan harga dan pelayanan terbaik. Tapi kekurangannya di kota terlalu banyak pesaing serta lawan bisnis.

2. Kualitas Pelayanan

Berikutnya terkait pelayanan pelanggan yang harus anda maksimalkan. Perlu anda ketahui, selain lokasi yang mendatangkan pelanggan, anda juga harus membuat pelanggan tersebut menjadi pelanggan tetap. Caranya dengan memberikan pelayanan ramah, konsisten, serta memuaskan pelanggan. Beberapa hal yang harus anda lakukan adalah: Buka pagi-pagi sekali sebelum jam sekolah, melayani pelanggan dengan ramah, cekatan dalam bekerja.

3. Pengaturan Harga

Jika anda sudah selesai dengan lokasi dan cara melayani pelanggan, selanjutnya anda bisa menentukan harga dari dua aspek di atas. Lokasi: Setiap daerah atau wilayah memiliki rentang harga yang berbeda, di pedesaan harga laundry terbilang mudah, sedangkan di kota-kota besar lebih mahal. Pelayanan: Pelayanan yang diberikan tidak selamanya menentukan harga, jadi lebih baik sesuaikan harga dengan pesaing anda.

Lakukan riset dalam menentukan harga, ini penting bagi anda yang bingung mengatur harga. Tanyakan saja harga per kilo laundry terdekat serta tambahan lain seperti setrika. Nah, jangan mematok harga yang terlalu tinggi, anda tidak akan dapat pelanggan. Jangan juga terlalu rendah, kemungkinan anda akan mendapat komplain dari lawan bisnis.

4. Seluruh Perlengkapan Dan Kebutuhan

Membuka peluang usaha laundry tentu saja membutuhkan peralatan yang lengkap. Anda butuh mesin cuci minimal 3 buah untuk menghindari penumpukan pesanan. Ada juga setrika, keranjang, gantungan pakaian, plastik pembungkus, pewangi, detergen, rak, timbangan modern, dan masih banyak lagi. Untuk harga serta total biaya yang diperlukan akan dibahas dalam poin analisa dibawah.

5. Ketahui Cara Mencuci Pakaian Yang Baik

Sebelum membangun usaha laundry, sebaiknya anda belajar terlebih dahulu tentang cara mencuci pakaian yang baik. Hal ini berkaitan dengan kepuasan pelanggan serta kualitas usaha laundry anda. Cara mencuci yang baik dan benar akan membuat pakaian benar-benar bersih dan tidak rusak. Jadi anda perlu mempelajari itu dalam waktu beberapa minggu serta lakukan riset mencuci dengan pakaian sendiri.

Cara: Mari Membangun Bisnis Laundry

w2g7erdjpoec5yzokapa 1 - Peluang Usaha LAUNDRY: Tips, Cara, Analisa, Modal

1. Logo Usaha Dan Branding

Membangun bisnis pasti memerlukan identitas tersendiri, unik, serta mudah dikenali orang. Karena itu logo sangat penting untuk usaha laundry anda. Pertama, anda perlu membuat logo sendiri dengan keunikan serta kreatifitas. Jangan buat logo yang biasa-biasa saja atau logo yang mirip dengan lawan bisnis.

Apa sih fungsi dari logo tersebut? Tentu saja untuk menciptakan kepercayaan pelanggan, menjadi identitas usaha anda, serta mempermudah dalam branding. Branding adalah proses mengenalkan suatu usaha ke umum dengan tujuan menarik minat serta pelanggan.

Anda bisa melakukan berbagai cara branding sederhana seperti brosur, papan iklan, selembaran kertas, atau yang lainnya. Branding online bisa dilakukan dengan media sosial, share ke group universitas, group sekitaran daerah, atau promosi lewat instagram.

2. Tingkatkan Bentuk Usaha Laundry

Laundry bukan hanya cuci pakaian saja ya, anda juga bisa memberikan jasa setrika pakaian, perbaikan pakaian, atau bahkan jasa jahit. Tentu saja satu bisnis bisa mencakup semua kebutuhan pelanggan, pada akhirnya pelanggan makin betah.

3. Membutuhkan Karyawan Atau Tidak?

Jika anda baru awal mula membangun bisnis laundry dan hanya memiliki modal pas-pasan. Sebaiknya manfaatkan modal tersebut secara maksimal untuk memenuhi alat-alat dan kebutuhan laundry. Jangan cari karyawan terlebih dahulu jika belum ada kenaikan omset atau modal kembali. Anda tentunya dapat mengurusi bisnis itu sendiri (tapi dengan bantuan keluarga sendiri tentunya).

4. Tetap Utamakan Keselamatan Pakaian

Alasan mengapa anda perlu memiliki keahlian dalam mencuci pakaian adalah untuk mengutamakan keselamatan pakaian pelanggan. Kita kadang tidak menyadari bahwa pakaian pelanggan tersebut adalah satu-satunya yang ia miliki, bahkan ada pakaian yang harganya tidak mudah. Jadi jangan kecewakan pelanggan atau jika ada kerusakan pakaian, anda perlu ganti rugi.

Analisa: Modal Pengeluaran Dan Keuntungan

Berikut ini beberapa keperluan alat beserta harga paling akuratnya:

  • 1 Timbangan digital 15 kg : Rp 200.000
  • 3 Mesin cuci kualitas sedang : Rp 9.000.000
  • 1 setrika : Rp 150.000
  • Beberapa ember cucian : Rp 100.000
  • Jepitan baju dan hanger : Rp 80.000
  • 3 rak pakaian : Rp 600.000
  • Keperluan alat tulis (Nota, buku laporan, bulpoin, dll) : Rp 50.000
  • Peralatan cuci lainnya : Rp 50.000
  • Sabun, pewangi, & detergen : Rp 100.000
  • Kebutuhan promosi & banner Rp 200.000

Jadi total modal awal yang harus dikeluarkan adalah Rp 10.530.000

Pengeluaran Bulanan:

  • Biaya listrik : Rp 500.000
  • Biasa sabun, detergen, pewangi : Rp 500.000
  • Alat tulis bulanan : Rp 50.000
  • Plastik bungkus : Rp 50.000
  • Kebutuhan membersihkan tempat : Rp 50.000
  • Biaya sewa tempat bulanan : Rp 800.000 – 1 juta (Opsional)

Jadi pengeluaran bulanan jika anda sewa tempat adalah Rp 1.900.000 dan untuk tempat sendiri Rp 1.100.000

Estimasi keuntungan yang didapat:

Kalkulasi keuntungan normal dari laundry cukup menjanjikan. Jika setiap hari ada 50kg pesanan, maka 50×5.000 rupiah. Sehari bisa mendapatkan keuntungan 250 ribu (Kotor). Kemudian 250×1 bulan = 7.5 juta dan dikurang pengeluaran bulanan 1.100.000 = Rp 6.400.000 rupiah.

Jadi anda bisa memperoleh keuntungan sekitar 6 juta rupiah dalam sebulan (Keuntungan bersih). Estimasi tersebut dihitung untuk usaha laundry yang baru berjalan kecil-kecilan. Nah jika bisnis tersebut sudah berjalan beberapa bulan / tahun kemungkinan keuntungannya makin meningkat.

Anda hanya perlu upgrade tempat, memperbanyak mesin dan alat-alat yang dibutuhkan serta mencari karyawan untuk memenuhi kebutuhan laundry yang makin meningkat.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa tips, cara, dan analisa peluang usaha laundry yang bisa anda jalankan sendiri. Artikel kali ini saya buat dengan tujuan untuk memberikan wawasan kepada anda terkait keuntungan yang bisa diperoleh dari laundry serta awal membangunnya. Oke sekian saja, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi anda, jangan lupa tinggalkan komentar atau kritikan dibawah ya.

Baca Juga : Tips Membangun Bisnis Rumah Makan

Tuliskan Komentar Anda