27 Peluang Usaha Pertanian Menjanjikan, Wajib Coba!

Peluang Usaha Pertanian
Usaha Pertanian Menguntungkan

Peluang usaha pertanian – Pertanian merupakan pemanfaatan sumber daya hayati untuk memenuhi kebutuhan pangan, bahan industri, maupun sumber energi. Kegiatan pertanian juga bisa disebut budidaya karena fokus utamanya menanam tanaman, menumbuhkan, memperbanyak, serta pengembangkan. Pertanian bukan hanya di wilayah atau media yang luas, kebun kecil yang ditanami tanaman juta termasuk pertanian sekala kecil.

Jadi pertanian bukan berarti hanya menanam padi saja ya. Saat ini usaha pertanian kian melejit dengan berkembangnya ragam hayati. Jika anda ingin membuka usaha pertanian sekala kecil, ada banyak sekali pilihan tanaman yang tidak terlalu menghabiskan ruang. Walaupun begitu, usaha pertanian sekala kecil masih cukup menguntungkan.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagai informasi seputar peluang usaha pertanian atau lebih fokusnya tanaman apa yang bisa menguntungkan. Tapi sebelum itu, simak terlebih dahulu tips awal sebelum anda memulai usaha ini.

Tips : Ketahui Dasar Dalam Bercocok Tanam

1. Pengetahuan Seputar Media Tanam

Pertama yang harus anda pelajari adalah tentang pembuatan media tanam yang terbaik. Sebenarnya media tanam itu relatif sesuai dengan tanaman yang akan ditanam. Satu tanaman dengan yang lainnya butuh nutrisi yang berbeda. Karena itulah sebaiknya anda pelajari terlebih dahulu tentang Komposisi Media Tanam (Tanah, Pupuk, Nutrisi).

Komposisi tanah berat pada umumnya

  • Perbandingan 1:1:2:1 (Tanah berat – pupuk kandang – sekam – pasir)
  • Perbandingan 1:1:3 (Tanah berat – pupuk kandang – sekam)
  • Perbandingan 1:1:1 (Tanah berat – pupuk kandang – pasir)

Komposisi tanah ringan pada umumnya

  • Perbandingan 1:1:2 (Tanah ringan – pupuk kandang – sekam)
  • Perbandingan 1:1:1 (Tanah ringan – pupuk kandang – sekam)
  • Perbandingan 1:1 (Tanah ringan – pupuk kandang)
  • Perbandingan 2:2:1 (Tanah ringan – pupuk kandang – sekam)

Baca cara mengolah lahan untuk pertanian

2. Bibit Unggul

Hal terpenting kedua untuk memaksimalkan pertanian adalah memilih bibit unggul atau bibit yang memiliki kualitas terbaik. Bibit unggul dapat memberikan potensi berbuah yang lebih baik serta tanaman yang tumbuh sempurna. Pemilihan bibit unggul tidak bisa di sama ratakan, satu bibit dengan bibit lain ada cara memilihnya. Jadi mohon maaf, saya tidak bisa menyampaikan poin tersebut karena terlalu luas.

3. Menyiram Dan Pemberian Pupuk

Tanaman pertanian yang ditujukan untuk memaksimalkan buahnya tentu memerlukan pupuk yang optimal. Umumnya pemberian pupuk yang optimal adalah seminggu sekali atau sesuai dengan kebutuhan tanaman itu sendiri. Sedangkan waktu penyiraman itu relatif, untuk musim panas tanaman membutuhkan 3x penyiraman setiap hari, sedangkan pada musim hujan hanya perlu 1 atau 2 kali saja.

4. Waktu Dan Cara Panen Yang Benar

Berikutnya hal yang harus anda pelajari sebelum memulai usaha pertanian adalah tahu kapan waktunya panen tiba serta bagaimana cara panen yang terbaik. Tentu saja setiap tanaman berbeda-beda, ada yang rentang waktunya sebentar, ada juga yang musiman. Nah sebaiknya anda pelajari sesuai dengan tanaman yang ingin dibudidayakan.

5. Memaksimalkan Keuntungan

Cara memaksimalkan keuntungan adalah dengan menjual hasil panen atau mengolahnya sendiri. Untuk itu, anda dapat menjualnya secara mandiri, jangan lewat tengkulak atau distributor. Anda bisa menjual langsung ke pasaran atau mungkin mengolahnya sendiri menjadi berbagai macam panganan. Poin ini akan saya bahas di bawah.

Peluang Usaha Pertanian Type : Budidaya

p4183244 - 27 Peluang Usaha Pertanian Menjanjikan, Wajib Coba!

1. Budidaya Tanaman Hias

Pertama, ada pilihan yang paling menguntungkan bagi anda pecinta tanaman. Cobalah membudidayakan berbagai tanaman hias yang sedang trend atau tanaman hias yang banyak dicari. Ada berbagai jenis, misalnya tanaman meja (Kaktus, bunga kecil, atau bonsai). Kemudian tanaman hias di luar rumah seperti bunga mawar, anggrek, dan matahari.

2. Jamur Tiram

Berikutnya ada budidaya jamur tiram yang cukup menjanjikan dengan modal tidak banyak. Anda bisa memulai budidaya jamur tiram di rumah karena tidak memerlukan banyak ruang. Tapi yang harus diperhatikan adalah tingkat kesulitan budidaya, diperlukan pengetahuan awal tentang cara membuat media tanam, pemilihan bibit unggul, serta perawatan.

3. Menanam Cabai Dalam Polybag

Usaha pertanian yang satu ini typenya kecil, anda bisa menanam sendiri cabai dalam polybag di halaman / kebun rumah. Tentu saja hasilnya tidak terlalu banyak, jadi untuk pemanfaatannya bisa digunakan untuk keperluan sendiri atau dijadikan berbagai macam olahan saus.

4. Cabai Hidroponik

Jika menanam cabai dengan menggunakan media polybag kurang maksimal, pilihan selanjutnya adalah memakai media hidroponik. Dengan cara ini, tanaman cabai akan terpenuhi nutrisinya secara maksimal dan dapat berbuah baik. Namun ada teknik khusus serta kreativitas untuk menciptakan media yang fungsional.

5. Budidaya Sawi Hijau

Sawi hijau sering dikenal dengan nama sosin, sayuran ini menjadi sangat populer dan banyak dicari orang. Sawi hijau dapat dimanfaatkan sebagai tambahan berbagai macam makanan. Anda bisa mencoba menanam sawi hijau di rumah karena tidak terlalu sulit.

6. Menanam Terong

Apakah anda punya lahan sedikit lebih luas? Mungkin sebaiknya digunakan untuk menanam terong. Tahukah anda terong itu bisa memiliki harga jual yang cukup tinggi. Jika ingin lebih untung lagi, terong dapat dijadikan berbagai macam olahan kripik.

7. Budidaya Tanaman Vanili

Berikutnya ada peluang usaha pertanian yang menggiurkan yakni tanaman vanili. Saat ini vanili menjadi bahan penyedap makanan yang paling enak serta punya harga yang cukup tinggi. Tidak ada salahnya jika anda mencoba budidaya tanaman ini di rumah.

8. Jahe Merah

Tanaman jahe memiliki banyak jenis, ada jahe merah, jahe gajah, dan jahe emprit. Nah yang memiliki harga paling mahal dan banyak dicari konsumen adalah jahe merah. Anda bisa membudidayakannya sendiri di kebun rumah, bahkan lebih untungnya lagi jika hasil panen tersebut diolah sendiri.

9. Budidaya Rumput Laut

Peluang usaha pertanian memang cukup luas, termasuk juga didalamnya ada budidaya rumput laut. Tapi ini hanya disarankan bagi anda yang berada di wilayah pesisir pantai. Pastinya anda sudah tahu bahwa rumput laut adalah bahan makanan yang tidak akan sepi peminat.

10. Tanaman Bonsai

Tanaman bonsai tahun ini semakin banyak diminati karena punya keunikan tersendiri. Selain ukurannya yang mini dengan gaya tanaman besar, bonsai juga punya nilai seni yang tinggi. Bahkan harga satu tanaman bonsai asli bisa mencapai jutaan rupiah, itu tergantung jenisnya.

11. Menanam Kopi

Bukan hal mudah untuk menanam kopi, anda harus berada di dareah yang punya tanah subur, suhu udara stabil, dan tidak cocok bagi anda yang berada di perkotaan. Menanam tumbuhan kopi juga membutuhkan lahan yang lumayan luas untuk menghasilkan buah banyak.

12. Tomat Hidroponik

Harga tomat dari tahun ke tahun memang tidak bisa diprediksi, kadang naik dan kadang tiba-tiba turun. Jika anda ingin meraih keuntungan yang maksimal, tomat tersebut perlu di olah lagi menjadi berbagai jenis olahan. Ini akan saya bahas nanti di bawah.

13. Menanam Kacang Tanah

Kacang tanah juga bisa menjadi pilihan budidaya paling menguntungkan jika diolah sendiri. Kacang tanah kurang menguntungkan ketika dijual, kendalanya adalah harga yang tidak terlalu mahal serta peminat yang rendah.

14. Budidaya Edamame

Anda pasti asing dengan nama edamame, nah kita sering menyebutnya sebagai sayuran jepang. Bentuknya lonjong, tipis, warna hijau, dan rasanya cukup nikmah. Peluang usaha pertanian ini memang membutuhkan lahan yang luas untuk hasil maksimal. Tapi potensi keuntungan dari penjualannya sudah cukup besar, terlebih jika mengolahnya sendiri.

15. Budidaya Tanaman Anggrek

Sebenarnya ini tidak termasuk dalam usaha pertanian, lebih tepatnya usaha perkebunan mini. Nah budidaya anggrek dapat memberikan keuntungan besar dari penjualannya. Bunga anggrek saat ini banyak peminatnya, bahkan beberapa jenis anggrek punya rentang harga yang cukup tinggi.

Peluang Usaha Pertanian Type : Olahan

aneka jus - 27 Peluang Usaha Pertanian Menjanjikan, Wajib Coba!

1. Kripik Bayam

Pertama, ada olahan kripik bayam yang patut anda coba di rumah. Membuat kripik bayam terbilang susah-susah gampang, mengapa begitu? Karena ada kesulitan tersendiri dimana anda harus mengoptimalkan penggeringan minyak dari kripik setelah di goreng. Mudahnya anda hanya perlu mencampurkan tepung, bumbu, serta helai daun bayam. Estimasi keuntungan yang diperoleh dari bisnis ini cukup menjanjikan, bahkan anda tidak perlu banyak modal.

2. Kripik Jamur Tiram

Karena di atas sudah ada rekomendasi untuk budidaya jamur tiram, selanjutnya jamur tiram tersebut anda olah sendiri. Saran terbaik adalah kripik jamur tiram, mengapa? Karena ini unik dan jarang sekali pesaingnya. Beberapa orang yang sudah mendirikan bisnis kripik tiram mampu meraih omset hingga 30 juta setiap bulannya. Berani coba? pelajari dulu cara pembuatan kripiknya serta cara budidaya yang benar.

3. Bubuk Minuman Jahe

Kalau yang satu ini pernah saya coba sendiri, tapi belum sampai di pasarkan sudah habis dikonsumsi sendiri. Jadi saya hanya bisa merekomendasikan kepada anda yang mau usaha dari hasil pertanian tapi tidak perlu menanamnya. Anda tinggal membeli stock jahe dalam jumlah banyak kemudian mengolahnya sendiri menjadi bubuk, caranya cukup mudah dan cepat, peralatan masak yang digunakan juga seadanya, silahkan cari di youtube ya.

4. Membuat Jus Sayuran

Seberapa besar keuntungan dari jualan jus sayuran?, seorang penjual jus sayur dalam kemasan mengaku dapat omset puluhan juta perbulannya. Yang dijual ada jus tomat, sayur, dan masih banyak lagi. Tapi itu memang benar-benar murni tanpa campuran perasa atau pemanis buatan. Bagai mana dengan peminatnya? Banyak sekali, terlebih di kalangan orang tua / lansia.

5. Kripik Kentang

Kripik kentang adalah olahan makanan yang tidak akan sepi peminat, selain rasanya yang selalu nagih, kripik kentang banyak dicari karena lebih begizi. Anda dapat membuka peluang usaha hasil pertanian yang satu ini dengan modal kecil.

6. Kripik Pisang Renyah

Selain kentang, pisang juga memberikan potensi keuntungan besar bagi anda yang ingin membuka bisnis jualan. Sama seperti kripik kentang, bisnis ini juga tidak akan sepi peminat. Hanya saja anda perlu membuat olahan yang unik, menarik, serta punya cita rasa yang beda dari lainnya.

7. Saus Asli

Peluang usaha hasil pertanian berikutnya adalah produksi saus asli. Tentu bahannya benar-benar cabai asli dan tomat segar. Saat ini sudah banyak orang yang sadar bahwa saus yang dikonsumsi biasanya itu tidak benar-benar asli. Karena itulah mereka mencari produsen saus yang benar-benar memperhatikan bahan pembuatannya. Mungkin anda bisa mencoba bisnis yang satu ini di rumah karena dapat dimulai dengan modal tidak lebih dari 5 juta.

Baca juga peluang usaha modal 1 juta paling unik dan terbaru

Peluang Usaha Pertanian Lainnya

bibit alat pertanian - 27 Peluang Usaha Pertanian Menjanjikan, Wajib Coba!

1. Jual Alat-alat Pertanian

Bagi anda yang punya modal besar, mungkin usaha jual alat pertanian bisa jadi pilihan yang tepat. Tapi yang perlu diperhatikan adalah wilayah atau tempat anda berjualan, apakah dekat dengan sentra pertanian atau tidak. Untuk solusi terbaiknya adalah jualan secara online jika anda ingin menjangkau pembeli secara luas.

2. Membuat Pupuk / Nutrisi Hidroponik

Berikutnya ada peluang usaha yang bisa dijalankan dengan modal minim. Membuat pupuk kemudian menjualnya ke para petani menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Apalagi jika anda bisa membuat nutrisi hidroponik juga, tentu saja akan banyak peminatnya.

3. Jualan Bibit Tanaman

Peluang usaha pertanian memang sangat luas jika dibahas semuanya. Nah ada satu bisnis yang cukup menjanjikan dan berpeluang besar jika anda mau mencobanya. Hanya dengan jualan bibit tanaman, anda dapat meraih omset jutaan perbulan. Bagusnya lagi jika bisa jualan di market place online.

4. Membuka Kedai Jus Buah & Sayur

Sudah saya rekomendasikan di atas untuk jualan jus sayur dan buah, nah lebih optimalnya lagi jika anda memiliki sebuah kedai atau warung jus kecil. Omset yang diperoleh tentu saja akan lebih besar, terlebih lagi jika anda menjualnya di pusat-pusat keramaian.

5. Jual Obat Herbal

Terakhir yang saya rekomendasikan untuk bisnis hasil pertanian adalah jual obat herbal. Peluang usaha ini sangat menjanjikan di desa maupun di kota. Hanya saja tantangan terberatnya adalah anda harus belajar tentang cara membuat jamu / obat hermal yang berkualitas dan benar-benar bermanfaat.

Akhir Kata

Oke itu saja artikel peluang usaha pertanian paling menguntungkan, kreatif, dan patut untuk dicoba. Bagi anda yang sudah menentukan pilihan terbaik, jangan lupa beri tahu saya di kolom komentar ya. Sekian, semoga ulasan kali ini bermanfaat.

Tuliskan Komentar Anda