30 Peluang Usaha Ternak Menguntungkan, Harus Coba!

Peluang Usaha Ternak
Peluang Usaha Ternak

Peluang usaha ternak menjadi salah satu pilihan bisnis yang dapat menjamin keuntungan besar, apalagi ternak tidak ada matinya. Bisnis ini cocok dijalankan di pedesaan karena hewan biasanya membutuhkan tempat yang jauh dari keramaian atau tempat yang luas. Tapi beberapa hewan ternak masih cocok dibudidayakan di kota seperti burung kicau, ikan, reptil, dan serangga.

Bagi anda yang sedang membaca artikel ini, tentu saja sedang mencari ide bisnis peternakan yang dapat dijalankan sendiri. Sebenarnya bukan hal mudah memulai usaha peternakan, hanya dengan ide anda tidak akan langsung bisa memulainya. Pelajari terlebih dahulu cara, pengelolaan, perawatan, hingga penjualan hewan ternak di sumber lain.

Nah karena artikel ini hanya fokus membahas ide usaha peternakan yang memiliki potensi besar. Banyak sekali pilihannya mulai dari berbagai jenis ikan, serangga, burung, hewan yang diambil dagingnya, hingga hewan untuk dipelihara. Langsung saja simak daftarnya berikut ini.

1. Ternak Ular Kobra

Pertama, ada peluang usaha ternak ular kobra yang terbilang mengerikan, bikin geli, atau berbahaya. Tapi bagi anda yang ingin beda dari ternak lain, mungkin ide ini bisa dipelajari. Kebanyakan orang pasti tidak percaya kalau ternak ular kobra itu menguntungkan. Perlu anda ketahui, harga satu ekor ular kobra bagi pecinta reptil dapat mencapai 500 ribu rupiah hingga jutaan.

Jika anda sudah percaya ini menguntungkan, anda juga tahu sendiri resikonya. Pada intinya usaha ternak ular kobra membutuhkan waktu lama untuk dipelajari lebih dalam, apalagi ancaman dengan bisanya. Sekali kena patok, berarti nyawa jadi taruhan. Walaupun begitu, tahun ini peternak ular kobra kian marak dengan melihat keuntungannya.

2. Ternak Lebah Madu

Berikutnya ada usaha ternak lebah madu dengan jaminan keuntungan besar. Untuk lebahnya sendiri sering dimanfaatkan untuk terapi dengan sengatannya. Sedangkan madu, pasti semua orang suka dan selalu dibutuhkan masyarakat. Anda perlu tahu, harga untuk satu liter madu murni bisa mencapai 200 ribu rupiah. Apalagi jika sudah diolah menjadi berbagai macam olahan seperti royal jelly yang mencapai 400 ribu rupiah per 200 gram.

3. Usaha Ternak Sapi

Ternak sapi memberikan potensi keuntungan yang begitu besar karena usaha ini tidak ada matinya. Sapi sangat dibutuhkan oleh masyarakat mulai dari dagingnya hingga susu yang dihasilkan. Tapi modal yang perlu dikeluarkan cukup besar untuk budidaya sapi sendiri. Perkembangan bisnis ini juga tidak berjalan cepat, harus ada proses yang dilalui. Apalagi jika anda memulainya dengan sapi yang masih muda, tentu harus sabar.

4. Ternak Kambing

Bergeser sedikit dari ternak sapi, peluang usaha ternak kambing juga menjadi pilihan usaha yang menguntungkan. Untuk perawatannya sendiri terbilang lebih mudah dari pada sapi, tapi sama-sama membutuhkan tempat yang luas. Hewan kambing banyak diperlukan sebagai pemasok daging, keuntungan maksimal akan terasa ketika hari-hari tertentu, apalagi saat Idul Adha.

5. Ternak Bebek Pedaging

Bebek pedaging memang lebih utama dimanfaatkan dagingnya, bisnis ini punya potensi perkembangan yang lebih cepat dibanding sapi atau kambing. Menurut hasil data, ternyata konsumsi masyarakat lebih besar dari pada hasil budidaya bebek pedaging. Jika anda mencoba usaha ini, keuntungan maksimal dirasakan ketika berhasil menjalin kerja sama dengan rumah makan atau restoran.

6. Budidaya Ikan Lele

Semua orang pasti tahu dengan usaha ikan lele, tapi kebanyakan dari mereka menganggap budidaya lele itu sulit dan butuh banyak waktu. Sebenarnya untuk menjalankan bisnis ini anda hanya perlu modal sedikit serta cara perawatan yang cukup simpel. Hanya saja dibutuhkan kolam dan tempat yang cukup luas untuk menambung bibit-bibit lele dalam jumlah banyak.

7. Ternak Bebek Petelur

Bebek petelur menghasilkan telur dengan durasi yang sangat cepat, karena itulah bebek jenis ini lebih cocok diambil telurnya. Disamping itu, bebek petelur ketika sudah tidak maksimal dalam bertelur akan dimanfaatkan dagingnya. Jadi peluang usaha ini bisa jadi pilihan yang tepat, terlebih lagi telur bebek dapat diolah menjadi berbagai macam makanan bernilai jual tinggi.

8. Ternak Ayam Bangkok

Ayam bangkok tidak lagi untuk aduan, ayam jenis ini menjadi peluang usaha yang menjanjikan jika diternakkan. Harga jual ayam bangkok cenderung stabil dari pada ayam jenis lain yang kadang naik dan kadang turun. Untuk cara perawatannya juga sama seperti ayam lain, mudah & tidak butuh banyak waktu.

9. Usaha Ternak Ayam Pedaging

Bagi anda yang punya lahan cukup luas bisa dimanfaatkan untuk ternak ayam pedaging (ayam broiler). Waktu yang dibutuhkan dalam pertumbuhan ayam pedaging sangat singkat, hanya dalam hitungan bulan sudah dapat dijual. Tapi beberapa hal yang mungkin jadi tantangan adalah cara perawatan serta pencegahan dari penyakit.

10. Peluang Usaha Ternak Ayam Petelur

Bergeser sedikit dari usaha ayam pedaging, ternak ayam petelur juga punya potensi keuntungan besar. Telur banyak dibutuhkan masyarakat untuk melengkapi masakan, membuat lauk, olahan kue, dan masih banyak lagi. Bahkan untungnya lagi ayam petelur dapat dimanfaatkan dagingnya untuk dijual jika produksinya sudah menurun.

Baca juga berbagai peluang usaha pertanian

11. Budidaya Lovebird

Berikutnya ada peluang usaha ternak burung love bird. Burung jenis ini masih cukup digemari, hanya saja harganya semakin menurun. Tapi untuk budidayanya sendiri terbilang mudah, cepat, dan penjualannya lebih laris. Harga satu ekor burung lovebird muda dulunya mencapai 200 ribu rupiah, namun sekarang ini hanya mentok di 100 ribu rupiah.

12. Ternak Burung Puyuh

Burung puyuh dapat dimanfaatkan telurnya karena memiliki durasi bertelur sangat cepat. Peternak burung puyuh biasa menghasilkan ribuan butir telur sekali panen, tapi dibutuhkan perawatan serta pakan yang tidak sedikit. Berani coba usaha ternak puyuh? Pelajari terlebih dahulu cara perawatan, meningkatkan produksi telur, serta mencegah dari penyakit.

13. Peluang Usaha Ternak Kambing Etawa

Kambing etawa bisa jadi pilihan budidaya yang cukup menguntungkan. Kambing etawa memiliki ciri khusus tubuh lebih besar dari jenis kambing lainnya. Dagingnya juga banyak digemari karena lebih melimpah dan punya cita rasa tersendiri. Selain itu, susu dari kambing etawa juga bisa memiliki nilai jual tinggi sebelum maupun sesudah diolah.

14. Ternak Kerbau

Ternak kerbau juga punya potensi yang menjanjikan, tapi merawatnya agak merepotkan seperti ternak sapi. Dibutuhkan tempat yang lumayan luas serta pakan yang bagus untuk mendukung pertumbuhannya. Jika tempatnya berdekatan dengan rumah anda, maka siap-siap dengan bau kotorannya.

15. Usaha Ternak Domba Garut

Banyak jenis domba di Indonesia, salah satu yang terkenal dan paling diminati masyarakat adalah domba garut. Ciri khasnya adalah tubuh yang gagak serta terlihat indah dengan tanduk besar. Inilah yang membuat domba garut sering digunakan untuk kontes maupun hewan kurban. Dibanding dengan domba jenis lain, harga domba garut lebih mahal.

16. Budidaya Ikan Hias

Budidaya ikan hias juga bisa jadi pilihan unik dijadikan usaha sampingan. Ada banyak sekali jenis ikan hias yang dapat dibudidayakan tanpa perlu tempat luas. Ikan cupang, ikan mas, hingga koi memiliki popularitas yang tinggi di kalangan pecinta ikan hias, mungkin pilihan tersebut bisa anda coba.

17. Budidaya Ikan Munjair

Selain ikan lele, ada juga usaha budidaya ikan munjair bagi anda yang punya tempat luas untuk dijadikan kolam. Budidaya ikan memang lebih cocok di pedesaan karena membutuhkan beberapa kolam ukuran besar atau kolam alami dari lubangan. Keuntungan dari budidaya ikan munjair ternyata lebih besar dari ikan lele loh!, hanya saja perawatannya lebih sulit.

18. Usaha Ternak Jangkrik

Jangkrik banyak dicari oleh pecinta burung untuk memenuhi kebutuhan si kicaunya. Jangkrik memang menjadi makanan favorit berbagai jenis burung dan hewan lain seperti sugar glider. Hal ini bisa jadi peluang usaha yang cukup menguntungkan serta mudah dijalankan. Hanya saja anda perlu telaten dalam merawatnya, kadang masalah yang dihadapi adalah jangkrik mudah mati sebelum dewasa.

19. Ternak Kelabang

Mendengar kelabang saja rasanya sudah jijik dan menakutkan, bagaimana bisa ternak kelabang?. Hal ini sudah dibuktikan dengan banyaknya orang yang mencoba membudidayakan lipan. Keuntungan yang diperoleh juga cukup menjanjikan. Kelabang sendiri dijadikan sebagai pakan burung ataupun hewan lainnya.

20. Ternak Kelinci

Kelinci jenis biasa dapat dimanfaatkan daging serta kulitnya untuk dijadikan olahan makanan. Peluang usaha ini cukup menjanjikan karena peminat daging kelinci sangatlah banyak. Kadang juga ada yang membeli kelinci hanya untuk dipelihara.

Baca juga usaha yang memerlukan modal 1 juta saja

21. Kelinci Anggora

Kelinci anggora merupakan jenis kelinci peliharaan yang makin ramai dicari orang. Sama seperti kucing anggora, kelinci ini memiliki ciri khas bulu yang panjang dan lebat. Itu yang menarik minat pecinta hewan, bahkan harga kelinci anggora terbilang mahal.

22. Budidaya Ikan Nila

Ikan nila memiliki harga yang jauh lebih mahal dari munjair ataupun lele. Budidaya ikan nila dapat memberikan keuntungan besar dan ini sudah banyak dibuktikan. Anda dapat memperoleh keuntungan maksimal setelah bekerja sama dengan rumah makan atau restoran sebagai penyetok kebutuhan ikan.

23. Budidaya Belut

Biasanya orang yang melakukan budidaya belut lebih memilih sawahnya sendiri sebagai tempat hidup belut tersebut. Usaha ini dinilai mudah, simpel, tidak perlu keluar modal banyak, dan tentunya menguntungkan. Budidaya belut juga sudah pernah dicoba dengan media kolam atau tangki.

24. Ternak Burung Murai Batu

Burung murai merupakan salah satu burung kicau yang memiliki harga mahal dan cenderung stabil. Satu ekor burung murai anakan sudah dibandrol dengan harga 500 ribu rupiah, sedangkan murai dewasa mencapai jutaan rupiah. Inilah mengapa keuntungan bisnis budidaya murai batu sangat menggiurkan, tapi cara budidayanya lebih sulit dari burung lain.

25. Budidaya Burung Cucak Rowo

Cucak rowo dikenal sebagai burung yang memiliki suara kicauan indah dan berkarakter. Budidaya burung ini juga tidak kalah dengan murai batu. Burung cucak rowo memiliki peminat yang sangat tinggi, kadang burung ini diikutkan kontes kicau. Disamping itu, burung yang sudah pernah juara bisa dibandrol dengan harga yang sangat tinggi.

26. Budidaya Burung Anis Kembang

Berikutnya ada peluang usaha ternak burung kicau yang makin menguntungkan. Burung anis kembang punya karakter kicauan yang sangat keras, nyaring, dan merdu. Namun terkadang burung ini punya sifat pemalu dan enggan berkicau jika ada orang yang melihat. Harga burung anis kembang mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung umur dan kicauan.

27. Ternak Ular Sutra

Ulat sutra merupakan pilihan usaha yang cocok dijalankan di daerah yang punya suhu udara dingin. Ulat sutra biasanya tidak produktif ketika lingkungan hidupnya kurang mendukung. Keuntungan yang dijanjikan dari usaha ini sangatlah menjanjikan, terlebih lagi harga sutra kian meningkat.

28. Ternak Kroto

Jika anda ingin mencari peluang usaha ternak yang simpel dan tidak perlu ruang banyak, maka kroto jadi pilihan tepat. Usaha ktoro ini serasa tidak ada matinya karena kroto banyak dicari oleh pecinta burung. Bahkan harga dari ktoro kian meningkat dari tahun ke tahun.

29. Budidaya Ikan Arwana

Punya modal besar dan ingin ternak ikan? Nah cobalah usaha ternak ikan arwana. Jenis ikan hias satu ini memiliki harga yang sangat mahal. Mulai dari jutaan hingga ratusan juta rupiah untuk satu ekor ikan arwana. Tapi tingkat kesulitannya tinggi, terlebih perawatan dan pembudidayaan.

30. Budidaya Cacing Tanah

Siapa bilang cacing tanah tidak ada harganya, nyatanya banyak orang yang sukses dalam budidaya cacing tanah. Salah satunya kisah dari Abdul Azis seorang peternak cacing tanah yang dapat menghasilkan 10 ton cacing tanah dalam sebulan. Omset yang didapatkan sangatlah besar, selain itu cacing tersebut juga diolah menjadi cacing kering hingga olahan botol.

Akhir Kata

Mungkin itu saja peluang usaha ternak yang dapat saya ulas pada kesempatan kali ini. Bagaimana menurut anda? Apakah salah satu dari ide tersebut ada yang cocok?, silahkan tulis di kolom komentar. Jangan lupa beri kritik atau saran jika ada kesalahan, sekian.

Tuliskan Komentar Anda