Pengertian Berilmu: Sifat, Perilaku, Serta Ciri Orang Berilmu

Pengertian Berilmu
Orang Berilmu Akan Selalu Rendah Hati

Pengertian Berilmu | Setiap manusia memiliki pengetahuan serta wawasan yang berbeda. Pengetahuan tersebut menjadi penilai derajat seseorang. Semakin tinggi ilmunya, maka semakin tinggi pula derajatnya. Ilmu juga dijadikan penentu sifat, perilaku, serta kebiasaan manusia. Orang yang berilmu biasanya pandai dalam menentukan pilihan serta baik dalam berperilaku.

Lalu apa sih pengertian dari berilmu?, Sebelum itu ketahui terlebih dahulu apa itu ilmu. Pada dasarnya kata ilmu berasal dari bahasa arab ‘alima yang bermakna mengetahui atau perbuatan untuk mengetahui segala sesuatu. Bisa juga berasal dari kata science yang artinya pengetahuan, mengetahui, dan memahami sesuatu secara benar.

Beberapa Pengertian Berilmu

1. Pengertian Pertama

Pengertian berilmu adalah memiliki, mempunyai, atau memahami pengetahuan maupun kepandaian dalam suatu bidang. Jadi orang yang berilmu berarti menguasai suatu hal secara spesifik, mendalam, dan benar-benar tahu apa yang ia pelajari.

2. Pengertian Kedua

Berilmu merupakan sebutan bagi orang yang memiliki pengetahuan, wawasan, pengalaman, dan lebih banyak lagi tentang suatu hal. Orang yang berilmu berarti dapat menjelaskan suatu pengetahuan secara detail atau menguasai tiap-tiap bagiannya.

3. Pengertian Ketiga

Pengertian berilmu adalah berpengetahuan, pandai, pintar, punya wawasan, hingga benar-benar tahu tentang sesuatu. Berilmu menunjukkan tingkat kepintaran serta derajat seseorang, semakin tinggi ilmunya maka semakin tinggi derajatnya.

4. Pengertian Keempat

Berilmu berasal dari kata dasar ilmu yang memiliki arti dalam kelas verba / kata kerja. Jadi berilmu dapat menyatakan suatu keberadaan, tindakan, pengalaman, upaya, serta cara seseorang memahami sesuatu.

5. Pengertian Kelima

Pengertian berilmu adalah orang yang telah menjalani suatu proses tertentu dalam memahami berbagai hal yang sebelumnya tidak ia ketahui. Proses yang dilalui berupa belajar, melakukan pemahaman, hingga mencari pengalaman baru.

Ciri-ciri Orang Berilmu

shutterstock 610173329 2082x1171 - Pengertian Berilmu: Sifat, Perilaku, Serta Ciri Orang Berilmu
Sering Membaca – Selalu Mencari Tahu – Haus Pengetahuan

1. Selalu Berpikir Maju

Orang yang memiliki ilmu tinggi cenderung sering memikirkan masa depan dan berpikir maju. Masa depan menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan oleh orang pandai karena hidup semakin bertambah dan semakin maju.

2. Berpikir Positif

Ciri-ciri orang yang berilmu selanjutnya adalah selalu berpikir positif terkait hal, kejadian, dan peristiwa yang ditemuinya. Beberapa kejadian yang dianggap orang biasa sebagai hal buruk, ternyata dipandang orang yang berilmu sebagai hal baik. Cara berpikirnya tidak hanya memandang satu arah, jadi ada penyebab, latar belakang, serta hikmah dari setiap peristiwa.

3. Mudah Mencerna Materi

Berilmu menunjukkan seseorang yang cepat memahami suatu pengetahuan atau kepandaian. Hal ini memang sudah melekat pada diri orang tersebut. Tapi beberapa orang berilmu tidak cepat memahami, butuh waktu yang lama hingga membuatnya paham betul suatu materi.

4. Waktu Sangatlah Berharga

Orang yang berilmu cenderung memikirkan pentingnya waktu dan sadar kalau waktu tidak pernah berhenti. Memanfaatkan waktu dengan baik sudah menjadi ciri khas orang pandai. Selain itu, waktu juga dianggap sebagai sarana merubah diri menjadi lebih baik lagi.

5. Ingin Tahu Hal Baru

Ingin tahu hal baru menunjukkan kepribadian orang yang selalu mengembangkan dirinya supaya tahu segala hal. Ini memang menjadi ciri setiap orang berilmu, bahkan semakin menyelam kedalam maka semakin tidak terbatas ilmu yang dapat dipelajari.

6. Menyelesaikan Masalah Dengan Tenang

Biasanya orang yang berilmu dapat menyelesaikan masalah tanpa emosi maupun ketegangan. Orang berilmu menghadapi setiap masalah dengan tenang serta otak yang selalu mencari solusi dan jalan keluar terbaik. Bahkan orang yang berilmu lebih cepat menyelesaikan masalah dari pada orang biasa.

7. Menganggap Dirinya Masih Kurang

Semakin tinggi ilmu yang dipelajari membuat seseorang merasa kecil dari wawasan yang begitu luas. Bahkan orang yang berilmu selalu merasa kurang dan harus pengetahuan. Hal ini mendorongnya untuk selalu mempelajari setiap hal baru yang ada di dunia ini.

Baca Juga : Pengertian Ilmu Antropologi

Sifat, Perilaku, Serta Kelebihan Orang Berilmu

1. Perilaku Dalam Kehidupan Sosial

Orang semakin berilmu maka semakin rendah hati dan hilang sifat sombongnya. Biasanya dalam kehidupan sosial, mereka tidak melebih-lebihkan dirinya sendiri dan cenderung mudah dalam menjalin hubungan dengan orang-orang baru.

2. Derajatnya Tinggi

Semakin tinggi ilmu yang dimiliki seseorang maka semakin tinggi derajatnya. Orang berilmu menjadi terhormat dan disegani sesamanya. Walaupun begitu, ia tidak pernah menganggap dirinya lebih baik dari orang lain dan jarang berprasangka buruk.

3. Perilaku Terhadap Gurunya

Orang yang berilmu memiliki kepatuhan serta ta’dim terhadap gurunya. Hal ini biasa dibuktikan dengan caranya mematuhi guru, selalu bertanya, serta tidak membantah maupun melawan. Orang yang berilmu juga tidak pernah melupakan guru-gurunya sejak berada di pendidikan tingkat awal hingga pendidikan tinggi.

Akhir Kata

Mungkin itu saja ulasan terkait pengertian berilmu, ciri orang berilmu, serta sifat / perilakunya. Pesan untuk pembaca disini adalah selalu tingkatkan ilmu anda, tanam pola pikir “Selalu ingin tahu hal baru dan jangan menganggap diri sendiri lebih baik dari orang lain”, Sekian.

Tuliskan Komentar Anda