Pengertian Citra : Jenis, Tujuan, Contoh, serta Perannya

2

1. Apa Itu Citra?

Pengertian Citra, Citra Adalah, Pengertian Citra Menurut Para Ahli, Citra Perusahaan, Peran Citra, Tujuan Citra Positif, Jenis Citra
Pengertian Citra

Mungkin kamu sudah sering mendengar tentang citra atau image, tahukah anda apa pengertian citra itu?. Citra adalah tujuan pokok bagi suatu organisasi atau perusahaan, dalam hal ini pengertian dari citra cukup abstrak dan berbeda-beda. Tapi paling pokoknya, citra merupakan tanda rasa hormat atau pandangan dari publik tentang suatu perusahaan atau organisasi.

Pengertian Citra dalam Wikipedia adalah persepsi dari suatu organisasi yang direkam di memori konsumen dan bekerja sebagai filter yang mempengaruhi persepsi terhadap perusahaan. Jadi, citra dapat menunjukkan sebuah kesan publik terhadap sebuah organisasi maupun perusahaan yang dapat dipercaya.

2. Pengertian Citra Menurut Para Ahli

Karena pengertian citra bersifat abstrak dan berbeda-beda, kita bisa memahami lebih dalam tentang citra berdasarkan definisi yang dijelaskan oleh para ahli berikut ini.

  • a. Linggar

Dalam teori dan profesi kehumasan serta aplikasinya (2000:69) dijelaskan bahwa citra adalah kesan yang benar, yaitu sepenuhnya berdasarkan pengalaman, pengetahuan, serta kenyataan yang sesungguhnya terkait suatu objek.

  • b. Ruslan

Menurut beliau dalam bukunya yang berjudul Manajemen Humas (1998:63), citra berdasarkan pada Nilai-nilai kepercayaan yang konkritnya diberikan secara individual menjadi pandangan atau persuasi.

  • c. Jalaludin Rakhmad

Terdapat dalam Seomirat dan Elvirano Ardianto (2007:114), citra adalah gambaran tentang realitas yang tidak harus sesuai dengan bayangan. Citra merupakan image yang berbeda-beda dari tiap individu.

  • d. Menurut Frank Jefkins

Pengertian citra adalah kesan seseorang atau individu tentang sesuatu yang dihasilkan dari apa yang ia ketahui serta pemahamannya. Sebuah objek memiliki citra yang berbeda-beda tergantung individu yang menilainya.

  • e. G Sach

Menurut G sach, pengertian citra adalah pengetahuan mengenai diri kita dan sikap-sikap terhadap diri kita yang dikelompokkan dalam berbagai prespektif yang berbeda.

  • f. Effendi

Menurut Effendi, pengertian citra adalah dunia sekeliling kita yang memandang kita. Artinya, semua orang d sekitar kita dapat memberikan penilaian tentang diri kita sesuai dengan pandangan mereka.

  • g. Menurut KBBI

Citra adalah pemahaman kesan yang timbul karena ada pemahaman akan suatu kenyataan. Jadi sebuah citra dapat muncul dari kenyataan yang sesungguhnya.

3. Jenis-jenis Citra

Pengertian Citra
Jenis Citra Perusahaan

Dari pengertian citra diatas bisa disimpulkan bahwa citra berasal dari sekitar kita dan kesan yang diberikan sesuai dengan pribadi masing-masing. Untuk memperjelas tentang Citra, sebaiknya kamu perlu mengetahui jenis jenisnya juga.

  • a. Citra Bayangan (Mirror image)

Pengertian citra bayangan adalah citra yang melekat pada orang dalam atau orang-orang yang berada di suatu organisasi. Biasanya citra ini diberikan berdasarkan pada nilai pimpinannya serta anggapan publik tentang orang yang dipimpinnya. Jadi citra bayangan merupakan citra yang dianut oleh orang dalam mengenai pandangan pihak luas terhadap organisasinya.

Contoh : Ketika sedang terjadi krisis tangki minyak yang bocor, pemimpin Direktur PT. Pertamina langsung menemui publik untuk memberikan konfirmasi serta pernyataan secara jelas untuk menghadapi krisis tersebut. Hal ini memberikan citra baik terhadap pemimpin PT. Pertamina.

  • b. Citra Yang Berlaku (Current image)

Citra yang berlaku adalah pandangan yang melekat pada pihak luar mengenai suatu organisasi. Citra yang berlaku biasanya tidak bersifat selamanya, jarang ada yang sesuai dengan kenyataan karena sering berkenaan dengan pengalaman atau pengetahuan orang luar terhadap suatu organisasi maupun perusahaan.

Contoh : Citra Kepolisian di Indonesia sudah cenderung negatif karena masyarakat menilai dengan pengalaman atau pengetahuannya saja yang masih terbatas. Sedangkan untuk menilai citra Kepolisian haruslah berdasarkan pada kinerjanya bukan hanya dari kesalahan yang pernah dilakukan.

  • c. Citra Yang Diharapkan (Wish image)

Citra harapan merupakan citra yang diinginkan oleh pihak manajemen organisasi atau perusahaan. Citra harapan biasanya tidak sama dengan citra yang sebenarnya. Biasanya citra harapan dibuat untuk memperjuangkan suatu relatif baru yang berkonotasi baik. Citra harapan bertujuan untuk menyesuaikan dengan publik dan mendapat pandangan yang baik dari mereka.

Contoh : PT. Djarum melakukan berbagai cara untuk mendapatkan citra yang baik dari konsumennya mulai dari membantu pembangunan pendidikan di Indonesia serta sering memberikan donasi atau bantuan dana untuk kepentingan banyak orang.

  • d. Citra Perusahaan (Corporate image)

Citra perusahaan adalah citra dari suatu perusahaan secara keseluruhan yang dipandang dari kinerja internal perusahaan. Citra perusahaan meliputi sejarah, visi, misi, kualitas pelayanan, keberhasilan, hingga tanggung jawab sosial. Dari faktor inilah sebuah perusahaan mendapatkan citra baik atau buruknya.

Contoh : Air Asia sebuah perusahaan maskapai penerbangan meningkatkan kualitas penerbangannya untuk menarik minat serta pandangan baik dari calon penumpangnya. Air Asia mengusung armada baru dengan pilot yang sudah berpengalaman dan memiliki jam terbang panjang.

  • e. Citra Majemuk (Multiple image)

Citra majemuk merupakan image yang diberikan dari berbagai macam publik dalam penyampaiannya sesuai dengan sikap, tingkah laku, hingga karyawan yang ada dalam perusahaan tersebut. image ini biasanya tercermin dari seragam, pakaian, simbol, bentuk bangunan, logo, dan lain sebagainya.

Contoh : Perusahaan BMW memiliki citra yang tinggi berdasarkan pada logo, simbol, desain, teknologi, hingga kualitasnya. Selain itu, citra perusahaan tersebut dinilai juga dari seragam kerja dan bangunan atau gedung tempat produksi.

  • f. Citra Penampil (Performance image)

Merupakan citra yang berdasarkan pada kinerja atau profesionalisme suatu perusahaan mulai dari pemimpin hingga karyawannya dalam bekerja. Citra ini diberikan berdasarkan apa yang dilihat publik terkait kinerja perusahaan tersebut.

Contoh : Perusahaan makanan KFC memiliki kinerja karyawan yang sangat baik dalam melayani pelanggannya. Selain itu, respon pelayanan serta kinerja yang baik memberikan image yang baik juga dari publiknya.

4. Tujuan Dan Fungsi Citra

Pengertian Citra
Tujuan Citra Positif

Terbentuknya sebuah citra organisasi atau perusahaan memang memiliki tujuan yang pasti yakni mengembangkan serta memberikan kepercayaan kepada publik. Selain itu, ada beberapa tujuan lain yang disampaikan oleh Yulianita (1999:47) sebagai berikut.

  • a. Menciptakan public understanding

Tujuan pertama adalah membentuk public understanding atau pemahaman publik tentang suatu perusahaan. Artinya ada penerimaan, persetujuan, hingga dukungan dari publik yang berpengaruh pada aktivitas kerja maupun reputasi perusahaan tersebut.

  • b. Public confidence

Public confedence merupakan kepercayaan publik terhadap organisasi atau perusahaan kita. Citra ini bertujuan untuk mendapatkan kualitas penilaian yang baik dari konsumen maupun publiknya melalui produk atau jasa yang berkualitas serta terpercaya.

  • c. Public support

Adanya unsur dukungan dari publik mampu membuat sebuah organisasi berkembang besar dan lebih banyak dikenal oleh publik lain. Tujuan citra yang satu ini sangat penting bagi organisasi / perusahaan yang baru saja dibangun.

  • d. Public cooperation

Pubic cooperation atau lebih dikenal sebagai kerjasama publik terhadap organisasi kita. Biasanya hal ini lebih condong ke arah tujuan bersama yang harus dicapai oleh perusahaan / organisasi namun dengan mengandalkan bantuan publik juga.

5. Peran Citra Perusahaan Yang baik

Sebuah organisasi maupun perusahaan pasti memiliki nilai-nilai atau karakteristiknya tersendiri. Dalam menciptakan citra yang baik, tentu saja harus ada dukungan dari seluruh elemen organisasi tersebut. Selain itu, citra yang baik akan berperan penting dalam mencapai harapan sebuah organisasi. Menurut Shirley Harrison, ada 4 peran penting sebuah citra.

  • Personality

Keseluruhan karakteristik perusahaan yang dipahami oleh publik sasaran seperti perusahaan yang dapat dipercaya serta mempunyai tanggung jawab sosial.

  • Reputation

Membentuk reputasi yang baik merupakan peran citra sesungguhnya. Reputasi dapat mempengaruhi berbagai hal mulai dari perkembangan suatu perusahaan hingga peningkatan loyalitas publik.

  • Value

Value merupakan tujuan citra yang mengedepankan kepuasan pelanggan sehingga akan ada feedback yang baik dari pelanggan tersebut. Memang pada dasarnya pelanggan atau konsumen di nomor satukan kepuasannya.

  • Corporate Identity

Sebuah organisasi atau perusahaan haruslah punya identitasnya tersendiri. Identitas tersebut akan mudah dikenal melalui citra yang baik.

6. Pentingnya Perusahaan Membangun Citra

  • Citra perusahaan sangat penting untuk mengukur kekuatan dan kelemahan tiap aspek perusahaan tersebut bedasarkan 4 dimensi, yaitu: Quality, Performance, Reponsibility, dan Attractiveness. Jika ke empat aspek tersebut dapat dipenuhi, maka akan ada peningkatan yang disignifikan dalam sebuah perusahaan.
  • Citra perusahaan sangat penting untuk mengukur perbandingan posisi perusahaannya dengan para pesaing lain di industri yang sama. Hal ini bertujuan untuk menghadapi persaingan yang makin sulit dikarenakan banyaknya kompetitor.
  • Citra perusahaan yang baik akan sangat mudah dikenali oleh publik serta mendapatkan kesempatan yang besar untuk mendapat kepercayaan publik.
  • Sebuah citra perusahaan merupakan cerminan dari kinerja maupun hasil produksi yang terjamin serta berkualitas. Citra yang baik berarti cerminan sebuah perusahaan yang benar-benar terpercaya.

7. Hubungan Citra Perusahaan Dengan Citra Merek

Pengertian Citra
Peran Citra Dengan Merek

Konsumen selalu menilai produk ataupun jasa sebuah perusahaan dari citranya yang beredar di publik. Karena itulah sebuah merek perusahaan menjadi sangat terkenal atau dipandang baik sesuai dengan citranya. Citra perusahaan positif juga mendukung peningkatan citra merek, selain itu citra positif dapat mengatasi beberapa ancaman dalam perusahaan.

Itulah pembahasan tentang pengertian citra, jenis-jenisnya, serta contoh citra yang baik. Dalam membangun sebuah organisasi atau perusahaan, citra memang menjadi bagian yang sangat penting dan berpengaruh pada perkembangannya. Citra positif dapat diciptakan melalui kinerja, kualitas pelayanan, hingga tanggung jawab sosial sebuah perusahaan.

Hasil Pencarian : Pengertian Citra | Citra Adalah | Definisi Citra Perusahaan | Contoh Citra Positif | Peran Citra Dalam Perusahaan | Jenis-jenis Citra Perusahaan | Pentingnya Citra |

Baca jufga : Pengertian soft skill serta pentingnya untuk generasi muda

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here