50 Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli
Perilaku Disiplin

Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli – Hidup harus punya prinsip, kerja keras, serta kedisiplinan agar semua cita-cita dapat tercapai. Salah satu poin pentingnya adalah disiplin, bukan hanya sebuah kata, tapi tindakan nyata yang harus dilakukan seseorang ketika sedang mengejar target tertentu. Disiplin akan memaksimalkan hasil yang diperolehnya nanti.

Biasanya kita mengenal kata disiplin di sekolah, sebenarnya disiplin berlaku pada banyak aspek termasuk pekerjaan, cara hidup, hingga berperilaku. Disiplin berasal dari bahasa latin “Discere” yang berarti belajar dan dalam bahasa inggris “Discipline” atau pengikut dan murid.

Disiplin juga berkaitan dengan peraturan atau ketentuan-ketentuan maupun prinsip hidup. Hal tersebut jika dipatuhi maka disebut disiplin. Selain itu, kata disiplin bisa berarti usaha yang dilakukan manusia dalam rangka merubah serta meningkatkan diri. Untuk pengertian disiplin lebih lengkapnya dapat dijelaskan para ahli, berikut diantaranya.

1. Merriam

Menurut Merriam, pengertian disiplin adalah ketertiban pola perilaku serta mengendalikan diri terhadap aturan serta sistem yang berlaku. Maksudnya, setiap orang perlu menjalankan pola perilaku yang stabil dan sesuai dengan ketentuannya.

2. Seongkono

Disiplin adalah cara kerja otak yang bersinambung dengan tindakan dan menciptakan konsistensi dalam mengerjakan sesuatu. Disiplin bisa dibagi menjadi beberapa sub bagian seperti disiplin kerja, disiplin waktu, dan disiplin sikap.

3. Jhon Macquarrie (Dalam Etika)

Pengertian disiplin menurut para ahli berikutnya berasal dari Jhon Macquarrie. Disiplin adalah sesuatu perbuatan yang dilakukan setiap individu untuk mematuhi sistem aturan dalam suatu media. Peraturan tersebut ditujukan untuk mencapai sesuatu dalam bidangnya.

4. Pratt Fairshilt

Menurut pendapat Pratt Fairshilt, disiplin dibagi menjadi dua sub bagian, yaitu disiplin dari dalam diri dan disiplin sosial. Disiplin dari dalam diri maksudnya sikap yang diambil seseorang dalam menjalani suatu aturan dalam dirinya sendiri. Sedangkan disiplin sosial berarti kepatuhan terhadap peraturan-peraturan maupun etika sosial.

5. Mangkunegara (2013: 129)

Menurut beliau, disiplin mengantung arti kegiatan manajemen diri untuk memperteguh pedoman serta prinsip berorganisasi. Jadi disiplin merupakan tindakan mengatur diri sendiri dengan prinsip maupun pedoman hidup yang telah ditentukan.

6. Prat (Displin Diri Sendiri)

Menurut Prat, disiplin adalah kemampuan setiap individu untuk mengarahkan dirinya sendiri sesuai dengan kebutuhan serta pedoman hidupnya. Hal ini menjadi sebuah gambaran tentang bagaimana membuat prinsip hidup sendiri serta kemampuan menjalankannya.

7. Wikipedia

Dalam wikipedia dijelaskan bahwa disiplin adalah perasaan taat serta patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya merupakan tanggung jawabnya. Perasaan taat tersebut memberikan dorongan supaya individu mampu mengikuti tanggung jawab maupun aturan yang ada.

8. Blaine

Menurut blaine, disiplin adalah kontrol diri atas semua kemampuan diri sendiri dalam menjalani hidupnya. Disiplin dimaksudkan untuk mewujudkan tujuan hidup yang sebenarnya dengan kaedah serta target pencapaian tertentu.

9. Hougton (Disiplin Menciptakan Karakter)

Pengertian disiplin menurut para ahli berikutnya datang dari Hougon. Disiplin dianggap sebagai pola perilaku yang menghasilkan karakter tertentu. Kedisiplinan yang dimiliki tiap-tiap individu akan menggambarkan bagaimana cara ia menjalani hidup.

10. KBBI

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, disiplin adalah tata tertib di sekolah, militer, kerja, atau yang lainnya. Ketaatan / kepatuhan kepada peraturan serta tata tertib yang telah ditentukan sebelumnya. Kedisiplinan juga berkaitan dengan pola perilaku yang mengikuti pedoman.

11. Rivai (Disiplin Kerja)

Menuruti Rivai, disiplin kerja merupakan salah satu alat yang digunakan oleh manager dalam melakukan komunikasi dengan tenaga kerjanya agar mereka mau merubah diri dan menaati peraturan serta prinsip yang telah dibuat sebuah organinasi maupun badan tertentu.

12. Zainal (2009: 9)

Arti disiplin adalah suatu aspek kehidupan yang memiliki wujud dalam kehidupan sosial. Untuk itulah kedisiplinan dibuat dengan tujuan mengatur, menata, serta menjalin hubungan yang baik tiap-tiap individu dalam lingkup sosial.

13. Rachman (Kedisiplinan Sosial)

Menurut beliau, disiplin adalah upaya mengendalikan diri dan sikap mental individu dalam masyarakat serta mengembangkan kepatuhannya terhadap peraturan serta tata tertib berdasar pada dorongan kesadaran dari hatinya.

14. Fathoni (Disiplin Kerja)

Pengertian disiplin dalam aspek kerja adalah pola perilaku pegawai yang datang tepat waktu serta menjalankan tugas dari manajer maupun instansi secara baik dan benar. Tujuannya bukan hanya memaksimalkan kerja tapi juga membentuk karakter yang baik.

15. Hasibuan (2002)

Pengertian disiplin menurut para ahli berikutnya datang dari Hasibuan. Menurutnya, disiplin merupakan sikap menghormati serta menghargai peraturan yang berkali. Menghormati juga bermakna menjalankan serta menaatinya.

16. James Drever (Dalam Psikologis)

Menurut James Drever, disiplin adalah kemampuan setiap orang menjalankan norma maupun peraturan yang sudah ada. Disini disiplin menunjukkan kepatuhan terhadap sebuah peraturan yang dapat menciptakan perubahan pola perilaku maupun karakter.

17. Siswanto (2001)

Disiplin adalah sikap menghormati, menghargai, patuh, serta taat terhadap setiap peraturan yang telah dibuat dalam lingkungan sosial, pendidikan, maupun lingkungan kerja. Disiplin berarti menaati peraturan ketika individu sedang berada dalam lingkungan tersebut.

18. Flippo (2000)

Disiplin merupakan usaha untuk mengatur perilaku serta tindakan seseorang serta menciptakan ketertiban sosial yang menunjang terwujudnya suatu tujuan. Dengan adanya disiplin maka individu dapat dikendalikan dan berperilaku sepantasnya.

19. Atmosudirjo (2000)

Disiplin merupakan bentuk ketaatan serta pengendalian diri sesuai dengan rasionalisme, kesadaran, serta tanpa adanya emosi didalamnya. Disiplin menjadi pentik perubahan sosial yang dapat diwujudkan dalam berbagai lingkungan pendidikan, kerja, maupun dalam kehidupan masyarakat.

20. Departemen Pendidikan Nasional (2001)

Pengertian disiplin adalah sikap konsistensi dalam melakukan sesuatu. Jika dijelaskan lebih luas, displin adalah sikap serta tindakan manusia yang konsisten atau kontinyu dalam menjalankan prinsip hidupnya sehingga tujuannya dapat tercapai.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Motivasi Belajar

21. Menurut E.H Hurlock

Pengertian disiplin adalah seorang pelajar yang rela dan suka mengikuti pemimpinnya yakni orang tua dan guru pendidik dalam rangka menciptakan karakter yang baik. Itu artinya pelajar haruslah menjadi orang yang taat dengan peraturan sekolah.

22. Soegeng Prijodarminto, SH

Menurutnya, disiplin adalah kondisi yang terbentuk dari serangkaian proses yang menunjukkan ketaatan dan kepatuhan. NIlai-nilai tersebut akan melekat dalam diri individu dan menjadi kebiasaan dalam menjalani kehidupan sosial.

23. The Liang Gie

Disiplin merupakan keadaan tertib dimana orang-orang terhubung dalam organisasi serta mematuhi peraturan-peraturannya dengan senang hati. Tidak ada rasa berat hati dalam menjalankan setiap peraturan yang telah dibuat.

24. Sista Asih & Wiratama (2013: 129)

Pengertian disiplin menurut para ahli berikutnya datang dari Sista Asih dan Wiratama. Keduanya berpendapat bahwa disiplin merupakan tindakan manajemen diri untuk mendorong kesadaran manusia tentang suatu norma maupun peraturan yang baik.

25. Setyaningdyah (2013: 145)

Pengertian disiplin dalam kerja adalah kesadaran individu dalam melaksanakan tugas serta kewajiban yang telah dibebankan kepadanya serta menaati setiap peraturan kerja yang sudah disepakati. Jadi disiplin dimaksudkan supaya pegawai menjadi teratur dan dapat menjalankan tugas sesuai keinginan atasannya.

26. Harlie (2010: 117)

Menurut harlie, disiplin kerja merupakan cara tentang bagaimana menumbuhkan kesadaran bagi pekerjanya untuk melakukan tugas yang telah diberikan. Selain itu kedisiplinan juga mengacu pada aspek konsistensi pekerja mulai dari berangkat hingga pulang kerja.

27. Sagala (2013: 825)

Disiplin merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh pihak dalam mengatur bawahannya. Dalam kegiatan kerja, disiplin sangat diperlukan untuk mengatur seluruh aspek perusahaan dengan tujuan memajukannya. Jadi disiplin juga berkaitan dengan patuh aturan serta menjalankan perintah dengan baik.

28. Mondy (2008: 162)

Disiplin adalah kondisi kendali diri individu untuk menjalankan perilaku tertib serta menunjukkan tingkat perilaku yang baik. Disiplin ditujukan untuk berbagai lingkungan mulai dari pendidikan, kerja, hingga dalam lingkungan sosial.

29. Asmani (1995: 102)

Menurut beliau, disiplin adalah konsistensi serta komitmen yang dijalankan tiap individu dalam mengejar suatu target. Disiplin bertujuan untuk memaksimalkan peluang dengan meminimalisir membuang waktu serta melakukan pekerjaan secepat dan sebaik mungkin.

30. Imron (1995: 182)

Disiplin merupakan keadaan tertib dimana orang-orang dalam suatu organisasi tunduk dan rela mengikuti aturan yang telah disepakati. Jadi ketika orang tersebut dengan berat hati menjalankan peraturan yang telah disepakati, maka ia belum disiplin.

31. Ronquillah

Disiplin adalah belajar atau bagaimana cara seseorang dalam meningkatkan dirinya serta menjadi lebih baik lagi sesuai dengan norma maupun etika dalam kehidupan sosial. Disiplin membuat individu sadar tentang pola perilaku yang baik.

32. Rasdiyanah

Pengertian disiplin adalah menghormati dan melaksanakan suatu sistem yang mengharuskannya tunduk pada peraturan, perintah, keputusan, atau norma yang telah ditentukan. Disiplin dapat menjadikan seseorang berubah dari sifat maupun perilakunya.

33. Thomas Gordon (1996: 3)

Menurut Thomas Gordon, pengertian disiplin adalah tata tertib atau peraturan yang menjadikan orang teratur dan patuh. Disiplin juga jadi pertimbangan dalam media pendidikan, kerja, maupun hubungan sosial bermasyarakat.

34. Singodimedjo (2002)

Menurut beliau, sikap disiplin adalah kerelaan seseorang untuk menjadi teratur dan mau menaati setiap norma maupun peraturan di sekitarnya. Disiplin menjadi penting ketika seseorang berada dalam organisasi tertentu dan sedang mendapati tanggung jawab.

35. Terry

Pengertian disiplin adalah alat penggerak karyawan. Lebih jelasnya, disiplin sebagai aturan yang berlaku dan menjadi pedoman bagi karyawan serta kontak dengan kerjanya. Dengan peraturan yang telah dibuat, maka karyawan harus patuh serta menjalankan perintah tersebut dengan baik.

36. Latainer

Berikutnya ada pengertian disiplin menurut latainer. Dijelaskan bahwa disiplin berkaitan dengan keadaan dimana sekelompok orang teratur serta menjalani apa yang telah dibebankan kepadanya tanpa berat hati. Sekelompok orang tersebut harus menjalankan sesuai dengan tujuan serta tugasnya.

37. Handoko (2001: 208)

Kedisiplinan adalah kegiatan manajemen sosial untuk menunjang terciptanya keberhasilan beroganisasi sesuai harapan. Disiplin disini dijelaskan dalam lingkup kerja sehingga mengandung makna sebuah manajemen atasan untuk anak buahnya.

38. Mathis & Jackson (2002: 314)

Disiplin merupakan modifikasi perilaku serta sikap seseorang menjadi lebih baik lagi dalam menjalani kehidupannya. Disiplin menjadi peraturan atau prinsip yang harus ia patuhi demi terwujudnya perubahan untuk dirinya sendiri.

39. Suharsimi Arikunto

Pengertian disiplin adalah kepatuhan seseorang dalam mengikuti peraturan atau tata tertib sehingga mendorong kesadaran dirinya tentang sikap maupun tindakan yang akan diambil. Dengan kata lain, disiplin mengawali kesadaran manusia untuk perilakunya sendiri.

40. Indiana

Menurutnya, pengertian disiplin adalah cara kerja suatu organisasi dalam mengatur bawahannya secara spesifik dan sesuai dengan tujuan tercapainya kesuksesan. Disiplin mendorong banyak hal terwujud, tapi faktor terbesarnya adalah sifat individu tersebut.

41. Mery Ana

Disiplin merupakan hasil dari pola hidup yang berjalan sesuai dengan tujuan hidup seseorang. Semakin ia disiplin maka semakin mudah dalam menggapai masa depan maupun keinginannya. Jadi disiplin berarti kesungguhan menjalani sebuah usaha.

42. Linda Amida

Disiplin adalah cara seseorang mengekspresikan dirinya menjadi lebih baik lagi dan berkarakter. Disiplin menunjang perubahan yang sangat berarti mulai dari sifat, perilaku, hingga kebiasaannya. Jadi disiplin akan menentukan karakter individu tersebut.

43. Sanjaya (Disiplin Pendidikan)

Disiplin merupakan hal yang sangat penting bagi setiap pelajar, dengan disiplin belajar maka tujuan dalam pendidikan dapat tercapai dengan baik. Disini disiplin diartikan dalam bagian pendidikan sehingga disiplin menunjukkan pola perilaku siswa yang mengikuti aturan sekolah serta menjalankan kewajibannya sebagai murid.

44. Dirjo Atmojo

Menurut beliau, disiplin merupakan sifat yang diambil seseorang dalam menjalani hidupnya. Disiplin akan membuat orang tersebut menjalani suatu tindakan dengan senang hati dan mampu menjaga konsistensinya dalam suatu pekerjaan.

45. Soetomo

Disiplin menjadi bagian dari diri manusia yang menentukan bagaimana cara ia menjalani sesuatu secara terus-menerus hingga suatu tujuan dapat tercapai. Setiap individu punya tingkat kedisiplinan yang berbeda sehingga karakternya juga beda-beda.

46. Wiraadijoyo

Disiplin merupakan cara seseorang menjadi lebih baik lagi dalam menjalani hidup dengan caranya sendiri. Disiplin dimaksudkan untuk menumbuhkan sifat serta perilaku yang sesuai dengan norma-norma maupun etika sosial.

47. Hadi Ahmadi

Menurutnya, disiplin kerja adalah cara atasan membangun sebuah organisasi menjadi lebih baik lagi dengan mengatur seluruh sendiri organisasi tersebut dengan baik. Jadi seluruh bagian yang bertugas harus menaati peraturan yang telah dibuat atasan.

48. Hemy Kartika

Pengertian disiplin adalah bagaimana seseorang mau menjadi teratur, tidak menyimpang, serta menjalankan pola perilaku yang kontinyu. Kontinyu berarti terus menerus, jadi dalam beberapa aspek, kedisiplinan menunjukkan pola yang berulang-ulang sesuai aturan.

49. Michael Deori

Menurutnya, disiplin merupakan hal yang menunjukkan bagaimana seseorang melakukan tugas atau apapun yang dibebankan padanya. Disiplin berarti bersungguh-sungguh serta dengan rela menjalankan setiap tugas dengan baik.

50. Alya Syah

Disiplin adalah hal mendasar yang dimiliki manusia tentang bagaimana cara dia menjadi lebih baik lagi dengan tahapan-tahapan tertentu. Disiplin dapat merubah masa depan serta menjamin seseorang meraih targetnya dengan cepat.

Baca Juga : Tips Meningkatkan Mental Diri Sendiri

Akhir Kata

Mungkin itu saja kumpulan pengertian disiplin menurut para ahli terlengkap. Setiap orang memang punya tingkat kedisiplinan yang berbeda. Seharusnya kita mampu meningkatkan disiplin diri sehingga lebih mudah mengejar masa depan. Bagaimana menurut anda, apakah diri sendiri sudah disiplin atau belum?, jika belum coba tingkatkan sekarang juga.

Tuliskan Komentar Anda