Pengertian ENDORSER Adalah: Jenis, Peran, Aspek

Pengertian Endorser
Pengertian Endorser

Pengertian Endorser | Media sosial kini menjadi tempat paling strategis untuk berjualan maupun membangun bisnis. Misalnya saja bermain Instagram, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan banyaknya iklan yang muncul dalam bentul feed, postingan, ataupun story. Selain itu masih ada iklan yang dibuat oleh seorang selebgram atau selebritis intagram.

Endorse dengan Endorser itu beda ya, kalau endorse adalah pemasaran online dalam bentuk iklan. Sedangkan endorser adalah pelaku iklan atau orang yang mengiklankan sebuah produk. Pengertian ENDORSER secara umum adalah seorang publik figur, artis, musisi, selebgram, atau orang terkenal lainnya yang memberikan jasa mengenalkan produk ke pengikutnya (Followers/Fans) hingga lebih luas lagi.

Jepretan Layar 2019 11 04 pada 15.19.36 - Pengertian ENDORSER Adalah: Jenis, Peran, Aspek
contoh endorser (Instagram : Adellia.Halim)

Pengertian lain endorser adalah strategi penjualan online yang memanfaatkan figur terkenal media sosial sebagai icon untuk produk tersebut. Tugas utamanya adalah membuat konten yang berbau iklan pengenalan produk atau promosi produk dengan menonjolkan kelebihan, manfaat serta kualitas produk tersebut.

Pengertian Endorser Menurut Ahli

Hardiman – endorser adalah orang yang dipilih untuk mewakili suatu produk yang ingin dijual. Orang tersebut menjadi image dari sebuah produk untuk memberikan daya tarik ke orang banyak.

Shimp – endorser merupakan pendukung iklan atau bintang iklan yang bertugas dalam menampilkan produk tertentu kepada pengikut atau fans mereka.

Suryadi – endorser merupakan ikon dari sebuah produk dengan tujuan penjualan secara online. Endorser juga disebut sebagai orang yang terkenal, memiliki banyak fans, dan punya popularitas tersendiri, kepopuleran tersebutlah yang dapat dimanfaatkan untuk iklan produk.

Sonwalkar – endorser merupakan sarana dimana seseorang bertugas dalam membawakan produk dalam media yang ia miliki. Disamping itu, endorser bertujuan untuk mengenalkan produk tertentu ke para pengikut media sosialnya.

Aspek Dalam Memilih Endorser

Kreadibilitas – merupakan cara tersendiri seseorang dalam menyampaikan suatu informasi “Iklan” kepada orang luas. Kreadibilitas dapat mempengaruhi daya tarik pembeli atau pengunjung untuk penasaran dengan produk yang dipasarkan.

Kekuatan – setiap endorser memiliki kekuatan tersendiri dalam menciptakan iklan yang berpeluang mendapat perhatian pengikutnya. Biasanya hal ini dipengaruhi oleh pandangan fans kepada idolanya (Endorser).

Daya tarik – daya tarik lebih condong ke keterampilan dalam membuat sesuatu atau cara seseorang menampilkan produk ke umum. Daya tarik ini sangat penting untuk mempengaruhi feedback dari produk yang di endorse.

Peran Endorser

Testimoni – peran pertama endorser adalah sebagai tertimonial atau pernyataan serta sebagai bukti atas suatu produk. Artinya endorser harus benar-benar menyatakan kalau produk yang sedang ia iklankan memang bagus serta punya kualitas terbaik.

Aktor – selain memberi testimoni, endorser juga menjadi aktor utama dalam pembuatan foto atau video iklan. Karena itulah endorser yang baik biasanya memfoto barang yang diiklankan beserta dirinya. Selain itu ada faktor penting yakni kualitas foto serta mimik wajah.

Pemberi kesan positif – peran endorser yang paling penting adalah memberikan kesan positifi serta menarik minat fansnya. Dengan begitu, barang yang di endorse bisa mendapat perhatian lebih dari followers atau pengikutnya.

Jenis Endorser

Selebritis – jenis pertama ini mengacu pada orang-orang yang terkenal dalam lingkungan masyarakat maupun lebih luas lagi. Dalam rentang yang sempit, selebritis condong ke selebgram atau orang-orang yang terkenal di media sosial. Sedangkan selebritis dalam arti luas merupakan orang-orang yang sudah punya nama besar.

Expert endorser – merupakan orang yang ahli dalam berperan sebagai aktor iklan atau orang yang lihat dalam mengiklankan produk. Biasanya expert endorse bisa kita jumpai di media sosial atau lebih luas lagi di stasiun televisi.

Lay endorser – lay endorser mungkin bisa kita kenal sebagai orang yang pandai dalam beriklan tapi tidak dalam kategori selebritis. Lay endorser lebih condong ke orang yang mahir memberi testimoni, pernyataan, serta mendukung sebuah produk yang diiklankan.

Baca Juga : 10 Cara Menghasilkan Uang Lewat Instagram

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan terkait arti kata endorser dalam pemasaran online. Jadi kesimpulannya, endorser adalah orang yang mengiklankan suatu produk secara online dengan tujuan mengenalkan atau mempromosikan produk tersebut ke orang luas.

Tuliskan Komentar Anda