Pengertian Hakikat Secara Bahasa, Etimologi, dan KBBI

0
Pengertian Hakikat
Pengertian Hakikat

Pengertian Hakikat – Kita pastinya sering mendengar kata-kata Hakikat, bahkan dalam belajar-mengajar, kita pernah mendengar guru mengucap hakikat jika menjelaskan tentang beberapa hal yang berkaitan dengan kebenaran. Lantas, apa sih sebenarnya hakikat itu dan apa maksud dari kata hakikat?.

Sebelum itu, ketahui terlebih dahulu dasar munculnya kata hakikat serta bagaimana menggunakan kata hakikat yang baik dan benar. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan dan definisi hakikat secara bahasa, umum, dan dari KBBI.

A. Pengertian Hakikat

Hakikat merupakan bentuk kata benda yang berasal dari bahasa Arab yang berbunyi “Al-Haqq”. Al-Haqq berarti hak, kemudian jika diperluas akan mencakup makna kepunyaan, kebenaran, suatu yang haq, atau yang benar-benar ada.

Secara etimologi, hakikat berarti inti dari sesuatu, puncak, atau sumber dari segala sesuatu. Maksudnya, Hakikat adalah kata yang mengandung ungkapan dan dapat digunakan untuk menunjukkan makna sebenarnya dari kalimat lain maupun sebagai kata dasar dari sesuatu.

B. Pengertian Hakikat Dalam KBBI

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia menjelaskan arti hakikat secara pokok. Hakikat berarti “Intisari dan dasar” dan Hakikat berarti “Kenyataan yang sebenarnya”. Kedua pengertian tersebut menjadi bahan berbeda dalam penggunaan kata hakikat.

Hakikat yang menjelaskan intisari dan dasar dimaksudkan untuk merumuskan tentang dasar-dasar maupun inti dari kalimat. Misalnya: Guru yang menanamkan (Hakikat) ajaran Islam di hatiku. Sedangkan hakikat yang berarti sebenarnya dapat menunjukkan rangkaian kalimat fakta. Misalnya: (Hakikatnya) manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang berbentuk Ruh dan Jasad.

C. Contoh Kalimat dari Kata Hakikat

Jika anda merasa sulit dalam memahami arti hakikat sebenarnya, mungkin anda perlu menyimak beberapa contoh kalimah yang ada kata Hakikat. Sesuai pengertian diatas bahwa hakikat bisa menjadi dasar dan kenyataan yang sebenarnya, maka contohnya seperti ini:

  • 1. Hakikat kehidupan adalah menjalani dengan sepenuh hari. Semua hal harus dihadapi tanpa harus beralasan karena hidup juga ujian.
  • 2. Hakikat ilmu pengetahuan adalah hal yang harus dipelajari seseorang dari guru ke guru.
  • 3. Hakikat pengalaman adalah sesuatu yang sudah pernah dialami manusia dan menjadi pelajaran bagi hidupnya.
  • 4. Bumi memiliki gravitasinya sendiri, pada Hakikatnya tidak semua planet memiliki gaya gravitasi sama.
  • 5. Kemerdekaan pada Hakikatnya adalah membebaskan seluruh rakyat dari belenggu penjajahan.
  • 6. Pada hakikatnya, manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Mungkin itu saja pengertian hakikat, contoh, serta penggunaannya. Jika anda bicara soal hakikat, sebaiknya perhatikan kalimat yang akan dipakai. Sering kali seseorang salah memakai kata hakikat sehingga makna dari kalimat tersebut akan berubah. Oke sekian, jangan lupa simak artikel pelajaran lainnya dan tinggalkan komentar di bawah.

Baca Juga : Pengertian berilmu serta ciri-ciri orang berilmu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here