Pengertian Video: Jenis, Format, Resolusi, dan Fungsinya

0
Pengertian Video
Video

Pengertian Video – Anda pastinya sering nonton video, baik itu berupa sinema elektronik, movie, atau animasi. Sebenarnya video merupakan teknologi yang gunanya menangkap, merekam, memperoses, mentransmisikan, kemudian menata ulang gambar bergerak hingga tercipta bagian-bagian yang tersusun rapi.

Pembuatan video bisa menggunakan kamera digital, smartphone, mirrorless, maupun dslr. Video juga dapat diproduksi dengan edit manual seperti animasi atau movie. Selain itu, ada video yang dibuat dengan tumpukan gambar dalam jumlah banyak sehingga seolah-olah gambar tersebut bergerak. Untuk lebih jelasnya tentang video, silahkan simak ulasan berikut ini.

Pengertian Video

Pengertian video adalah teknologi pengirim sinyal elektronik dari suatu gambar yang bergerak. Banyak teknologi yang dapat menerima sinyal ataupun data video mulai dari televisi, komputer, smartphone, maupun alat elektronik lainnya. Video dapat dimuat dan disebar lewat sinyal satelit, ada juga yang dinamakan streaming video / menonton video dengan jaringan internet.

Video berasal dari bahasa latin yang mengandung makna “Saya Lihat”. Maksudnya video dibuat supaya ada penonton dan ada yang melihatnya. Dulunya video memiliki kejernihan yang sangat rendah serta kualitas yang buram, semakin berkembangnya zaman, alat perekam video semakin canggih. Bahkan video saat ini sudah memiliki resolusi sangat tinggi.

Jenis Video Berdasarkan Standar Pembuatannya

1. Video Analog

Video analog adalah gambar dan audio yang direkam dalam bentuk sinyal magnetik dalam pita magnetik. Video ini hanya di produksi untuk platform digital seperti Web, CD-ROM, atau HDTV. Video jenis ini kebanyakan masih digunakan lewat penyiaran televisi.

2. Video Digital

Video digital adalah gambar dan audio yang direkam pada pita magnetik, tetapi menggunakan sinyal digital berupa kombinasi angka 1 dan 0. Video jenis ini lebih sering digunakan dalam standar video kualitas tinggi serta mendukung berbagai jenis media elektronik modern.

Jenis Video Bersadarkan Tujuan/Fungsi Pembuatannya

1. Video Cerita

Video cerita merupakan gambar dan audio yang dirangkai dengan runtut hingga membentuk suatu jalan cerita tertentu. Biasanya video cerita sering kita jumpai dalam bentuk sinema elektronik atau movie. Produksi video cerita biasanya menggunakan kamera movie serta bantuan editing video.

2. Video Dokumenter

Merupakan jenis video yang ditujukan untuk mendokumentasikan suatu peristiwa atau kejadian tertentu maupun momen-momen bersejarah. Video ini memungkinkan untuk disimpan dalam kurun waktu yang sangat lama sehingga dapat dijadikan bahan pengingat untuk generasi berikutnya.

3. Video Berita

Umumnya video ini berisi audio serta gambar yang menjelaskan suatu kejadian berita. Video jenis ini dapat kita jumpai di televisi maupun media elektronik lainnya. Video jenis berita tidaklah bersifat lama, karena berita hanya diperlukan secepat mungkin setelah suatu peristiwa terjadi.

4. Video Pembelajaran

Video pembelajaran merupakan video yang dibuat dengan berisikan materi-materi pembelajaran dan biasanya digunakan pada saat belajar-mengajar. Video pembelajaran dinilai lebih efektif untuk menyampaikan materi tertentu pada pelajar.

5. Video Presentasi

Digunakan untuk mempresentasikan hasil kerja atau laporan tertentu yang mempermudah orang lain memahaminya. Video presentasi biasanya berbentuk animasi atau rangkaian gambar yang disusun menjadi bergerak.

Resolusi Dan Rasio

  • 2160p: 3840×2160
  • 1440p: 2560×1440
  • 1080p: 1920×1080
  • 720p: 1280×720
  • 480p: 854×480
  • 360p: 640×360
  • 240p: 426×240

Format Video

  • AVI
  • MP4
  • MPG
  • 3GP
  • WEBM
  • MKV
  • GIFV
  • WMV

Baca Juga : Aplikasi Edit Foto Android Terbaik

Mungkin itu saja ulasan pengertian video, jenis video, format, resolusi, serta contohnya. Jadi kesimpulannya. video adalah teknologi yang membuat gambar dan audio menjadi bergerak berurutan. Video dapat disimpan dalam berbagai media serta menjadi standar televisi, penyiaran berita, dokumentasi, hingga media pembelajaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here