Tanah Humus: Pengertian, Ciri, Manfaat, Serta Pembentukan

0
Tanah Humus
Gambar Tanah Humus

Tanah Humus | Pada dasarnya tanah memiliki berbagai jenis dengan ciri maupun manfaatnya tersendiri. Anda pasti pernah dengar tanah jenis humus yang katanya menyuburkan, bagus untuk tanaman, serta tingkat kesuburannya tinggi. Tapi tahukah anda apa pengertian tanah humus, ciri, warna, hingga kandungan didalamnya?.

Jika anda sedang membaca artikel ini, mungkin anda sekarang sedang mencari informasi secara detail tentang semual hal dari tanah humus. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan lengkap mulai dari pengertian, ciri, proses pembentukan, manfaat, hingga kekurangannya.

A. Pengertian Tanah Humus

Tanah Humus merupakan tanah yang terbentuk dari lapukan daun dan batang pohon yang biasanya berada di hutan hujan tropis. Tanah ini memiliki tingkat kesuburan yang tinggi sehingga membuat berbagai macam tumbuhan mampu berkembang dengan baik. Asal kata Humus adalah sisa-sisa tumbuhan maupun hewan yang sudah mati dan telah diproses oleh organisme dalam tanah.

Jadi tanah humus biasanya berada di tempat yang penuh dengan pepohonan atau di hutan hujan tropis. Tanah ini memiliki banyak kandungan, yaitu: Fenol, asam karboksilat, hingga alifatik hidroksida. Secara kimia, tanah ini diartikan sebagai media organik kompleks makromolekuler.

B. Ciri-ciri Tanah Humus

Tanah Humus
Perhatikan Secara Teliti Gambar Tanah Humus Ini

Dari pengertian tanah humus diatas, mungkin kita belum dapat melihat secara detail bagaimana gambaran tanah humus yang sebenarnya. Karena itulah tanah ini dapat dikenali ciri-ciri mulai dari warna, tekstur, sifat, hingga dara serap air. Ciri ciri tanah humus, yaitu:

1. Warna

Tanah humus memiliki warna coklat hingga kehitam-hitaman, tanah ini cenderung berwarna lebih gelap dari tanah jenis lain. Selain itu, didalamnya juga terdapat bintik-bintik kecil & halus yang berwarna putih.

2. Tekstur

Tekstur tanah humus adalah gembur atau sangat gembur. Tekstur ini memudahkan akar tanaman untuk berkembang dan menyerap sumber daya yang ada dalam tanah.

2. Daya Serap

Kemampuan daya serap air pada tanah humus sangatlah tinggi sehingga mampu memberikan pasokan air yang melimpah untuk tumbuhan.

3. Sifat

Tanah humus bersifat Kolodial dan Amorfous. Artinya tanah ini bersifat mirip tanah liat tapi menyerap air lebih baik dan tidak padat.

4. Kesuburan

Tanah humus termasuk salah satu jenis tanah yang sangat subur dan dapat menyuplai kebutuhan nutrisi pada tanaman secara maksimal. Tanah ini juga menyerupai pupuk kompos karena berasal dari pelapukan tumbuhan.

5. Lapisan

Tanah humus lebih sering didapatkan pada lapisan paling luar tanah, hal ini membuatnya tidak stabil ketika terjadi perubahan suhu, kelembaban, dan aerasi.

6. Lokasi

Tanah humus paling banyak dijumpai di hutan juna tropis dan sangat mudah ditemui di Indinesia. Tanah ini juga terbentuk di tempat-tempat yang banyak tumbuhannya seperti perbukitan maupun daerah gunung.

7. Bermanfaat Bagi Jasad Renik

Bagi yang belum tahu, jasad renik merupakan makhluk hidup yang terdiri dari satu atau sekumpulan sel dan ukurannya sangatlah kecil. Jasad renik juga juga disebut sebagai mikro organisme yang berbentuk bakteri, kapang, protozoa, hingga jamur. Tanah humus disini memiliki manfaat besar dalam perkembangan mikro organisme tersebut karena kaya akan sumber energi.

8. Meningkatkan Zat Hara

Kemampuan unik dari tanah humus adalah mampu menggandakan dan meningkatkan kandungan unsur hara mulai dari magnesium, kalium, hingga kalsium.

9. Sifat Subur

Ciri paling mudahnya adalah tanah ini bersifat subur sehingga berbagai macam tumbuhan dapat berkembang dengan baik. Tanah humus menyumpai zat hara secara maksimal untuk tanaman diatasnya.

C. Pembentukan Tanah Humus

Sesuai dengan definisinya, tanah ini terbentuk dari dedaunan, batang, ranting, hingga sisa-sisa binatang yang telah mati. Prosesnya dimulai ketika ada daun, batang, atau ranting tanaman yang jatuh ketanah, kemudian secara alami di proses dan melapisi bagian tanah.

Tanah tersebut menjadi Humus atau tanah yang kaya zat hara hasil penguraian tanaman maupun hewan. Proses pembentukannya biasa disebut sebagai Humifikasi. Terbentuknya tanah humus juga secara alami atau biasa disebut pengomposan oleh alam.

Butuh waktu tertentu untuk menjadikan tanah biasa menjadi humus dengan ciri warna gelapnya. Biasanya semakin coklat kehitam-hitaman, semakin subur tanah tersebut.

Baca Juga : Langkat Tepat Mengolah Lahan Hingga Siap Ditanami

D. Manfaat Tanah Humus

Tanah jenis ini memiliki pengaruh yang sangat besar dalam membantu perkembangan berbagai macam tanaman. Seperti penjelasan diatas bahwa tanah humus kaya akan zat hara, ternyata masih ada manfaat lain yang lebih kompleks.

1. Membantu Perkembangan Akar

Tanah humus memiliki sifat gembur, tidak padat, serta memiliki rongga-rongga yang cukup banyak. Hal ini membuat akar tanaman mudah berkembang dan lebih maksimal dalam menyerap zat hara. Perkembangan akar tanaman ketika tumbuh di tanah humus jauh lebih baik dari tanah jenis lain.

2. Suplai Sumber Makanan

Kemampuan dalam meningkatkan zat hara membuatnya dapat menyuplai sumber makanan yang melimpah bagi tumbuhan diatasnya. Selain itu, daya serapnya yang tinggi membuat tanah tersebut memiliki kapasitas air yang melimpah sebagai suplai tumbuhan/

3. Pengganti Pupuk

Biasanya tanah humus digunakan sebagai pengganti pupuk karena didalamnya terkandung zat hara yang melimpah. Tanah humus juga menyerupai pupuk kompos dengan struktur serta kandungan yang hampir mirip. Biasnya jika tidak menggunakan kompos, maka tanah humus sudah cukup untuk membuat tanaman tumbuh maksimal.

4. Termasuk Bahan Pupuk Organik

Selain menjadi pengganti pupuk, tanah ini juga sering dimanfaatkan sebagai bahan tambahan dalam pupuk organik. Bahan pembuatan pupuk organik adalah sisa-sisa bahan organik, kotoran heran, serta campuran tanah yang sudah menjadi humus. Hal ini memungkinkan proses pembentukan pupuk lebih cepat dan maksimal.

5. Menjaga Struktur Tanah

Terlepas dari manfaat yang berkaitan dengan pertumbuhan tanaman, tanah ini juga bermanfaat dalam menjaga struktur tanah. Humus membuat tanah menjadi lebih gembur, tidak mudah terkikis, hingga tingkat pH yang cenderung stabil.

6. Mampu Mengikat Unsur Hara Makro Dan Mikro

Pemberian pupuk pada media tanam memang mampu menyuplai unsur hara yang melimpah bagi tanaman, Tapi unsur hara tersebut tidak terikat kuat tanpa adanya tanah humus. Jadi biasanya unsur hara menguap, menggerus, dan mudah lepas. Jadi penambahan tanah humus berguna untuk menjaga zat hara supaya tidak muda lepas.

7. Menjaga Pupuk Anorganik

Kandungan pupuk kima seperti kalium, nitrogen, dan mangan akan sangat mudah terbawa gerusan air. Nah untuk menjaga zat kimia tersebut, penambahan tanah humus sangat berguna, terlebih lagi ketika sedang musim hujan.

Kekurangan Tanah Humus

Dari tadi kita sudah membahas kelebihan, manfaat, hingga semua hal yang spesial dari tanah humus. Lantas apakah tidak ada kekurangannya?, sebenarnya tanah jenis ini juga masih memiliki kekurangan. Berikut beberapa diantaranya:

  • Ciri khas bau yang tidak sedap – tanah ini memang menimbulkan bau yang cukup menyengat. Itu disebabkan karena unsur atau bahan pembentuknya seperti sisa-sisa organik, hewan mati, dan kotoran.
  • Sifat mudah terbakar – tanah jenis ini memang lebih mudah terbakar sehingga ketika musim kemarau sering terjadi kebakaran lahan. Bahkan di Indonesia, hutan hutan tropisnya lebih mudah terbakar dan lebih sulit dipadamkan.
  • Tidak dapat digunakan terus-menerus – karena tanah ini bersifat seperti kompos, maka penggunaannya tidak bisa selamanya. Dibutuhkan tanah humus baru setelah jangka waktu tertentu karena kandungan didalamnya semakin lama semakin berkurang.
  • Sifat licin – tanah ini juga bersifat licin karena kemampuannya menyerap air secara maksimal. Tanah humus yang tergenang air hujan akan lebih becek dan berbentuk seperti lumpur.

Kesimpulan

Mungkin itu saja yang saya bahas seputar tanah humus mulai dari pengertian, manfaat, proses pembentukan, hingga ciri-cirinya. Jika dirasa artikel kali ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman dan jika ada kekurangan, silahkan berkomentar dibawah, Sekian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here