Ekonomi Makro : Pengertian, Ruang Lingkup, Kajian, Kebijakan,

Ekonomi Makro, Teori Ekonomi Makro, Contoh Ekonomi Makro, Pengertian Ekonomi Makro
Ekonomi Makro

Teori Ekonomi Makro – Dalam Pembahasan ilmu ekonomi, pasti anda tidak asing lagi dengan yang namanya teori ekonomi makro dan mikro, kedua jenis tersebut memiliki pandangan yang berbeda dalam pengertian dan kajian ruag lingkupnya.

Untuk ekonomi makro kali ini akan saya bahas secara lengkap mengenai pengertian hingga contoh dan hubungan antar ekonomi. Teori ekonomi ini memang harus dipelajari jika memiliki tingkat penargetan ekonomi yang lebih luas, artinya menyeluruh dalam berbagai aspek ekonomi mulai dari penyebab ekonomi hingga apa yang menjadikan ekonomi lebih maju dalam ruang lingkup besar seperti eknomi dalam negara.

Pengertian teori ekonomi makro adalah jenis teori yang memiliki pembahasan mengenai suatu tindakan atau peristiwa yang ada kaitanya dengan ekonomi secara luas dan keseluruhan.

Secara Umum Ekonomi makro atau makroekonomi adalah studi tentang ekonomi secara keseluruhan. Makroekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak masyakarakat, perusahaan, dan pasar.

Ekonomi makro memiliki pembahasan yang sangat luas dan mencakup mekanisme dalam aspek yang bermacam-macam. Dalam pembelajaran tentang ekonomi makro pasti tidak terlepas dengan yang namanya hubungan antar variabel. Teori ekonomi makro mencakup berbagai hubungan antar variabel yang agregatif diantaranya :

  • Tingkat konsumsi ruang lingkup warga
  • Tingakatan penabungan dana
  • Pendapatan nasional atau negara
  • Investasi nasional milik negara
  • Investasi nasional milik swasta
  • APBN dan APBD
  • Jumlah uang yang diedarkan diberbagai daerah
  • Jumlah dan tingkap lapangan pekerjaan
  • Tingkat ekspor
  • Tingkat Impor
  • Harga bunga yang ditetapkan
  • Tingkatan neraca pembayaran

Hubungan antar variabel yang dibahas oleh ekonomi makro memang merujuk pada pembahasan yang lebih luas. Dalam ekonomi makro lebih menekankan bagaimana pemecahan masalah yang lebih besar dalam jangkauan ekonomi dalam berbagai masalah ekonomi. Untuk ruang lingkup yang dibahas dalam ekonomi makro memiliki beberapa perbedaan, untuk ruang lingkupnya sebagai berikut :

  • Permintaan dan Penawaran dalam kegiatan yang menyangkut perekonomian
  • Masalah yang kerap menjadi penghalang manjunya ekonomi suatu negara atau cakupan luas
  • Peran, Kebijakan dan aturan yang telah ditetapkan oleh pihak pemerintah dalam mengendalikan tingkat ekonomi

Berbagai aspek terkandung dan memiliki nilai utama dalam ekonomi makro. Berikut berbagai kajian yan difokuskan dalam ekonomi makro :

1. Pertumbuhan Ekonomi

Masalah yang kerap dihadapi dalam menumbuhkan atau meningkatkan ekonomi biasanya menyangkut berbagai hal yang ada sebagai penghalangnya. Jika dalam suatu lokalitas ada pertumbuhan ekonomi, maka itu menyangkut bahwa perekonomian dalam ruang lingkup tersebut tergolong baik. Pertumbuhan ekonomi biasanya menjadi titik pembahasan yang meluas, karena pertumbuhan ekonomi memiliki pengaruh yang besar melalu berbagai jalur yang berbeda. Dampak dari pertumbuan ekonomi juga cukup luas dan tidak sempit.

2. Kenaikan Harga

Mengapa naikan harga termasuk kajian yang dibahas dalam ekonomi makro ? contoh dalam penaikan harga seperti bensin bisa mempengaruhi kenaikan harga bahan yang lebih luas diberbagai daerah. Dalam pengartian tersebutlah pengaruh dari kenaikan harga sangat fokus untuk dibahas dalam ekonomi makro. Kenaikan harga yang dimaksud bertujuan lebih luas bukan dalam bidang sempit seperti kenaikan harga produk sebuah rumah produksi, cv atau pt. Analisis ekonomi makro merujuk pada dampak yang ditimbulkan oleh ekonomi ini secara terus menerus dengan dampak jangka panjang.

3. Tingkat Pengangguran

Tingkat pengangguran juga bisa dijadikan kajian mengenai teori makro, teori ini memiliki analisis yang bisa dirujukkan pada dampak pengangguran bagi ekonomi secara luas. Contoh dalam pembahasan ini adalah hal yang terjadi jika pengangguran yang memiliki tingkat tinggi, maka itu bisa mempengaruhi pendapatan perrumah tangga. Ya, memang pengangguran bisa dijadikan bahasan karena tingkat pengangguran yang tinggi diberbagai daerah bisa memunculkan bibit kemiskinan. Lalu pokok masalahnya harus dicari misalnya bagaiamana membuat lapangan kerja atau meningkatkan fungsi pendidikan.

4. Siklus Ekonomi

Siklus ekonomi memiliki fukus pembahasan yang penting dan perlu dikaji dalam ekonomi makro, siklus ekonomi memiliki artian yang membahas tentang bagaimana ekonomi suatu negara yang naik atau turun dalam jangka yang panjang. Siklus ekonomi yang satu ini memiliki pengertian yang penting untuk dibahas dalam ekonomi negara. Siklus ini tercipta sangat tidak beraturan karena misal ada kenaikan harga atau inflasi yang bisa menurunkan atau menaikkan ekonomi suatu negara. Tapi yang terpenting ialah analisis tentang naik atau turunnya perekonomian suatu negara setiap tahunnya.

5. Kerjasama Negara

Kerja sama antar negara menjadi kajian yang bisa difokuskan untuk dianalisis dalam teori ekonomi makro. Memang sudah jelas karena kerja sama antar negara memiliki dampak ekonomi yang besar bahkan paling luas di dunia. Dengan terciptanya kerjasama antar negara bisa memiliki dampak yang besar contohnya : pengurangan tingkat pengangguran akibat terbukannya lapangan pekerjaan.

Kebijakan dalam teori ini memiliki fungis yang sangat penting dalam pemecaran masalah ekonomi. Karena permasalahan ekonomi yang begitu besar tentunya memiliki kebijakan yang kompeten untuk menstabilkannya, berikut kebijakannya.

  • Kebijakan Fiskal (mengatur pemasukan dan pengelurana pemerintah)
  • Kebijakan Moneter (bertujuan untuk memenuhi penyebaran uang oleh bank indonesia secara meluas)
  • Kebijakan Penawaran (meningkatkan efisiensi penawaran suatu barang)

Tentunya kebijakan yang dibuat memiliki berbagai tujuan yang berbeda. Contohnya : menstabilkan harga, memaksimalkan SDM, menciptakan pertumbuhan ekonomi, menguatkan neraca pembayaran, meningkatkan produksi, mendistribusikan pendapatan. Itulah mengapa dalam pembuatan kebijakan sangat penting bagi kelangsungan ekonomi suatu negara.

Nah, itulah pembahasan tentang seluk beluk teori ekonomi makro. Intinya dalam ekonomi makro adalah jenis ekonomi yang memiliki artian bahwa pembahasannya meliputi ekonomi yang besar. Ekonomi makro berbeda dengan mikro yang hanya membahas masalah lebih kecil. Nah, demikian yang bisa saya sampaikan pada postingan kali ini, jangan lupa untuk simak bahasan tentang bisnis lainnya.

Baca juga : Pengertian citra dalam perusahaan atau organisasi

Tuliskan Komentar Anda