5 Tips Sebelum Membuka Usaha Rumah Makan

0

PLUIT KULINER PILIHAN RESTORAN DENGAN PEMANDANG.original - 5 Tips Sebelum Membuka Usaha Rumah Makan

Usaha Rumah Makan | Usaha kuliner saat ini sudah menjadi pilihan cerdas dalam membuat bisnis mandiri bisa sukses. Memang saat ini marak penjualan makanan dengan jenis yang sering berubah dan juga sangat unik untuk menarik minat konsumen. Sayangnya jika belum mengetahui bagaimana cara mendapatkan peluang bisnis rumah makan atau kuliner bisa rugi besar. Pasalnya untuk membuat bisnis ini, kita dituntut untuk kreatif dan produktif agar bisa menciptakan kuliner baru yang belum ada didaerah anda.

Sebab lebih mudah untuk sukses maka pemilihan usaha rumah makan dijadikan cotoh saat anda mau memulai bisnis mandiri. Pembuatan warung makan atau restoran ini memang terbilang menguntungkan jika memiliki strategi yang bagus dalam pengembangannya. Yang paling penting ialah kuliner apa yang akan anda buat dan bagaimana cara agar lebih laku. Tentunya harus punya teknik dasar sebelum mencoba bisnis yang satu ini jika tidak mau resiko rugi maupun tidak laku. Berikut akan saya sampaikan beberapa cara membuka peluang usaha rumah makan.

1. Perencanaan Modal Awal

Yang paling penting pertama kali ialah masalah permodalan, seperti yang kita ketahui bahawa untuk membuat rumah makan diperlukan modal besar. Untuk membuat usaha ini memang permodalan sangat diperlukan apalagi jumlah untuk melengkap semua kebutuhan sangat besar. Mulai dari pembuatan tempat, persiapan menu, tata ruang hingga peralatan masak semuanya bernilai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Sebab itulah untuk mendirikan usaha ini anda perlu memperkirakan pendanaan yang bisa dijadikan untuk mengembangkan usaha rumah makan. Jika memang modal anda masih kurang lebih baik mencari modal usaha, jangan membuka usaha dulu karena bisa berhenti ditengah jalan.

2. Tempat Dan Lokasi

Selanjutnya demi memberikan keuntungan yang cukup besar dalam usaha ini maka anda harus tahu mana lokasi yang strategis. Selain itu, anda perlu tahu mengenai bagaimana pembuatan tempat yang menarik minat konsumen apakah anda mau membuat usaha rumah makan sederhana dengan tempat yang sederhana tapi memuaskan atau usaha warung makan kecil. Untuk mencari lokasi yang bagus maka anda bisa mencoba dipinggir jalan, pusat kota, daerah pariwisata dan lainnya. Disamping itu, anda perlu tahu desain dan tata ruang yang bagus dan bisa menarik minat konsumen anda.

3. Cari Karyawan Handal

Yang menjadi bagian penting selanjutnya dalam bisnis rumah makan adalah pemilihan dan analisa karyawan untuk anda jadikan dengan tugas yang sesuai keahlian. Anda disini dituntut untuk ahli dalam pembagian kerja dan pemilihan pegawai yang terpercaya, ulet, produktif dan kreatif. Saran saya, anda boleh memilih teman terdekat yang punya keahlian dan juga sudah anda percayai karena keuletannya. Yang penting jika anda baru memulai usaha rumah makan kecil maka jangan sampai mencari karyawan terlalu banyak.

4. Harus Punya Perizinan

Saat ini berbagai usaha untuk ingin lebih sukses dalam pengembangannya pasti tidak luput dari perizinan. Begitu juga dengan usaha rumah makan yang sangat perlu mamakai izin agar tidak terikat dengan pelanggaran yang mungkin mengintai. Jika usaha yang anda mulai masih kecil-kecilan maka jangan urusi perizinan dulu, jika sudah merangkat naik menjadi rumah makan besar maka sangat perlu mengurusi perizinan. Bisnis rumah makan yang sudah disertai dengan perizinan memiliki kelebihan yang nyata yakni mudah sekali mengurus modal, kerja sama, ketentuan dan lainnya.

5. Pemasok Bahan Makanan

Untuk menciptakan keuntungan yang lebih besar maka sangat perlu menganalisis kebutuhan produksi dengan memilih bahan yang murah tapi berkualitas. Karena itulah saat anda mengembangkan usaha ini lebih baik cari secara teliti pemasok bahan pembuatan makanan yang bagus. Jika anda mendapatkan harga murah maka keuntungan yang bisa diperleh juga cukup besar. Sayangnya jika makanan anda terancam dengan sesuatu yang buruk maka bisa saja usaha rumah makan anda sepi konsumen bahkan tidak ada yang beli. Sebab itulah mulai dari bahan pemasok harus berkualitas dan tidak mahal.

Penutup

Dari berbagai teknik yang bisa dilakukan oleh calon pengusaha rumah makan memang tidak selamanya sama dengan cara lain. Artinya menyesuaikan saja dengan usaha rumah makan jenis apa milik anda, namun urusan pengembangannya bisa dimulai dari strategi diatas.

Kesimpulannya dalam pembuatan usaha kuliner ini anda tidak boleh memberikan kualitas makanan buruk. Jagala kehalalan dan juga kualitas yang perlu diketahui oleh konsumen. Jika ingin lebih aman maka perizinan yang anda miliki juga harus mencakup kualitas makanan dan halalnya. Jadi simpel saja menjadi pebisnis kuliner, yang sulit ialah bagaimana bermain usaha jujur yang bisa lebih sukses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here